Tempat Wisata

Pulau Kenawa : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Sebuah pulau unik di Sumbawa dengan keindahan dan ketenangannya, tempat yang sepi karena tidak ada yang tahu apa namanya Surga Tersembunyi. Pulau Kanawa, adalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni dengan luas sekitar 35 hektar milik Kepulauan Komodo.

Lokasi Pulau Kanawa, biaya dan jam operasi

Pulau KenawaPulau Kenawa Sumber: instagram.com/pulaukewa

Lokasi: di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kabupaten Sumbawa Barat. Berdekatan dengan Pulau Komodo, sekitar 10 km dari Labuan Bajo.

Tiket : dengan tiket murah yaitu 50.000 rupiah. Ini hanya berlaku untuk tiket, sedangkan untuk penyeberangan bisa menggunakan kapal nelayan atau kapal motor dengan harga 200.000 sampai 250.000. Selain itu, jika ingin snorkeling atau menginap, perlu menambah biaya lagi sekitar 500.000 hingga satu juta rupiah.

Biayanya masih terjangkau. Kecuali transportasi tambahan anda di pulau wisata NTB.

Jam operasional: tergantung penjemputan dari Labuan Bajo jam 12 siang. Dan kembali dari Kanawa ke Labuan Bajo jam 8 pagi.

Itinerary ke Pulau Kenawa

Itinerary ke Pulau KenawaPulau Kenawa Sumber: instagram.com/fala.tanarara

Karena Pulau Kanawa merupakan pulau tersembunyi, tentu tidak mudah untuk sampai ke sana.

Jika Anda berangkat dari Lombok Timur, Anda perlu menyeberang dengan feri selama sekitar 2 jam. Dan akan sampai di pelabuhan Poto Tano. Dan tarif yang ditawarkan pun berbeda, yaitu:

mengangkut

Harga

pejalan kaki

20.000 Rp

pengendara sepeda

26.000 Rp

Mesin >500cc – <500cc

55.000 hingga 88.000 Rp

mobil

465.000 hingga 440.000 Rp

bis

715.000 hingga 1.145.000 Rp

Setibanya di pelabuhan Poto Tono, nelayan setempat akan mengarahkan Anda untuk menuju ke dermaga yang jaraknya relatif dekat dari pelabuhan. Begitu sampai di dermaga, Anda perlu menyewa perahu lagi dengan biaya tertentu, yang dijelaskan dalam biaya tersebut

Fasilitas di Pulau Kenawa

Karena semakin banyak orang yang mengenal pulau tersembunyi ini. Fasilitas mulai cukup memadai, mulai dari kamar kecil, mushola, toilet umum, paviliun dan warung kecil hingga persewaan peralatan aktivitas air. Dan sudah ada beberapa penginapan di dekat pulau ini.

Keindahan alam yang memanjakan mata di Pulau Kenawa

Keindahan Pulau KenawaPulau Kenawa Sumber: instagram.com/ervan_dimu

Pulau Kenawa, wisata dan atraksi kelas dunia di Sumbawa dengan dataran rendah, laut biru luas mengelilingi pulau dan perbukitan coklat seperti savana. Karena tempatnya sepi dan jauh dari keramaian, jadi bisa bersantai seperti di private island. Saat Anda tiba, mata Anda akan terbelalak melihat kondisi pulau dan pesisir yang menyenangkan. Ketika perahu tiba di pantai, ketenangan menyelimuti.

Keindahan yang memanjakan di pulau ini antara lain:

1. pantai yang indah

Gradasi warna biru dan hijau laut juga terlihat jelas, semua orang betah di sini. Karena lautnya cukup dangkal, Anda bisa mengagumi keindahan alam bawah laut sambil snorkeling. Ikan dan terumbu karang berwarna-warni yang unik dan mempesona. Karena dasar lautnya yang begitu jernih, Anda tidak boleh melewatkan berswafoto di arus airnya.

Dan sesekali, saat ingin menikmati pantai, berjalan-jalan di sepanjang pantai pasir halus akan membuat Anda merasa tenang dan mencium angin sepoi-sepoi. Jangan lupa, jika Anda ingin melihat aksi olahraga air dan tidak ahli dalam scuba diving, Anda bisa duduk dan menikmati di trotoar dan menyaksikan satwa liar di perairan yang jernih.

2. Bersantai di gazebo

Beberapa gazebo dipasang bagi Anda yang ingin beristirahat dan berteduh sambil menikmati pemandangan pantai, perbukitan dan pulau-pulau hijau yang asri. Dengan tempat yang nyaman dan fasilitas yang terjaga dengan baik, Anda tidak perlu khawatir dengan segala ketidaknyamanan.

3. Mendaki bukit dan melihat matahari terbenam dan matahari terbit

Ada bukit-bukit yang cukup landai namun terjal, namun hal itu tidak menjadi masalah bagi anda yang ingin berkemah dan menyaksikan sunrise atau sunset. Namun, berhati-hatilah saat hujan. Sebaiknya menunggu terlebih dahulu karena akses jalan terjal dan licin.

Namun, jika cuaca mendukung, Anda tetap bisa berkemah di atas bukit yang dikelilingi hamparan laut yang indah ini. Dan ketika senja mulai, Anda akan melihat matahari terbenam yang indah dengan warna keemasan di antara deretan bukit. Habiskan malam sambil memandang hamparan panorama yang mengesankan.

Dan tentunya jika anda bermalam anda bisa menunggu untuk menikmati indahnya matahari terbit. Matahari terbit sangat jelas di wilayah ini. Dan jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen.

Semua liburan Anda sangat penting. Jika ingin menghemat anggaran, Anda bisa menginap di gazebo bertirai agar lebih privasi. Atau Anda bisa membawa peralatan camping sendiri untuk berkemah di atas bukit dan dekat dengan alam. Namun, jika Anda tidak membawa perlengkapan, Anda bisa menyewanya mulai dari 50.000 hingga 75.000.

Karena fasilitas yang memadai, terdapat beberapa resort di sekitar Pulau Kenawa. Jika Anda juga ingin menikmati fasilitas modern dan santai.

Salah satunya Soloz-sollo Homestay dengan harga yang sangat murah namun fasilitas tidak murahan. Dengan tarif per malam 150.000 Anda akan menikmati layanan sederhana dan ramah.

Liburan menjadi salah satu alternatif ketika penat dan ingin menyatu dengan alam. Pilihan yang tepat untuk pulau di Sumbawa ini yang sangat tenang dan damai, jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota yang penuh polusi.

Meski rutenya sangat melelahkan, semuanya akan terbayar dengan pesona pulau Kenawa yang akan membuat kita tenang.

Gambar dan foto pulau Kenawa di Sumbawa

Pemandangan Pulau Kenawa dari atasDermaga di Pulau KenawaKeindahan Pantai Pulau KenawaBukit kecil di Pulau KenawaPesona Pulau Kenawa di sore hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button