Tempat Wisata

Pulau Konawe Bokori – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya

Biaya Tur: Mulai dari Rp15.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tapulaga, Kec. Soropia, Kab.Konawe, Sulawesi Tenggara; map: Cek lokasi

Pulau Bokori adalah sebuah pulau kecil di Sulawesi Tenggara yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Tentu saja masih asri dan tentunya juga didukung dengan lingkungan yang bersih dan terawat. Tidak hanya menjadi tujuan wisata populer bagi wisatawan lokal tetapi juga bagi wisatawan asing yang mencari pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Sebenarnya pulau ini merupakan kawasan perkampungan para nelayan suku Bajo. Mereka mulai menetap di pantai pulau pada pertengahan 80-an. Dengan potensi tersebut, banyak wisatawan yang kemudian datang untuk menikmati suasana khas pantai. Saat ini mulai dikelola tempat-tempat wisata di pulau ini untuk meningkatkan daya tarik bagi pengunjung.

Padahal, Pulau Bokori sudah lama dikenal memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata andalan. Oleh karena itu, pembangunan didorong. Berbeda dengan pulau-pulau lainnya, pulau ini ditata dengan pepohonan kecil dan dipelihara oleh pemerintah Sulawesi Tenggara. Keberadaan pepohonan tersebut membuatnya tampak seperti sebuah pulau di tengah lautan yang terlihat rindang.

Pemandangan pulau Bokori

Pemandangan pulau BokoriKredit foto: Google Maps Saldy Flahara

1. Pulau Eksotis

Pulau ini memiliki pesona yang tidak kalah dengan pulau dewata Bali. Dengan air laut yang terus bertiup dan membuat udara segar, khas suasana pantai. Pulau Bokori juga dikelilingi pasir putih, sedangkan air laut yang mengelilinginya berwarna biru jernih di bibir Teluk Kendari. Dengan upaya pemerintah, keindahan pulau ini semakin mempesona.

Pepohonan berjajar di sekitar pulau membuat pulau ini terlihat teduh. Padahal, pohon-pohon ini didesain sedemikian rupa karena membuatnya terlihat lebih indah. Pulau dengan pasir putih dan air laut biru ini terlihat lebih indah karena pepohonan ini dan terasa seperti pantai tropis.

2. Pemandangan bawah laut

Berbagai terumbu karang dan kehidupan lainnya seperti ikan berwarna-warni hidup di perairan pulau ini, yang menjadi daya tarik pulau ini. Dengan berbagai macam spesies laut yang hidup di perairan ini, banyak wisatawan datang dan menyelam untuk melihat sendiri pemandangan laut yang indah.

3. Tempat menarik

Daya tarik paling populer di Pulau Bokori adalah kawasan sabana. Banyak pengunjung yang datang untuk menjelajah atau sebagai kesempatan berfoto. Padang sabana terlihat sangat indah dan unik, sehingga sayang untuk dilewatkan oleh wisatawan. Selain itu, ada juga tempat menarik lainnya seperti bukit yang bisa didaki.

Begitu sampai di puncak bukit, wisatawan disuguhkan dengan pemandangan yang tak kalah indahnya. Air laut yang biru jernih dan desa Bajo akan terbentang di depan mata Anda. Bungalo dan pepohonan yang tersebar luas semakin mempercantik lanskap. Dipadukan dengan pasir putih yang mengelilingi pantai, semakin sempurna.

4. Hutan mangrove

Objek wisata yang dimiliki oleh Pulau BokoriKredit foto: Instagram Endang Kurniati

Di sekitar pantai terdapat hutan mangrove. Wisatawan dapat menikmati kesegaran hutan mangrove ini dengan menyeberangi jembatan yang terhubung dengan gazebo di antara pepohonan mangrove. Daya tarik karena tempat ini bisa menjadi spot foto atau sekedar menikmati udara segar sambil merenungkan pemandangan.

5. Matahari terbenam

Tips terbaik untuk datang ke Pulau Bokori adalah pada siang hari dan cuaca cerah, sehingga wisatawan dapat menikmati sunset yang sejuk. Tempat ini sangat strategis untuk melihat sunset. Keindahan sunset menjadi daya tarik tersendiri, karena pemandangan pantai dan laut yang berpadu dengan langit sore sangat mengesankan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau BokoriKredit foto: Google Maps Rynaldo T

Pulau Bokori terpisah dari daratan namun masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Jika Anda datang dari Kota Kendari, Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau taksi.

Jaraknya sekitar 30 km dengan waktu tempuh 1 jam melalui Jl. RE Martadinata. Ketika Anda tiba di Soropia Anda dapat menyeberang dengan perahu lokal.

Untuk penyeberangan ke Bokori, perjalanan yang ditawarkan memakan waktu sekitar 5 hingga 10 menit. Akan banyak warga dari desa sekitar Bokori yang menawarkan jasa penyeberangan, jadi anda tidak akan kesulitan. Begitu sampai di pulau, Anda sudah memasuki kawasan wisata dan bisa berkeliling dan menyusuri pulau.

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau Bokori

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau BokoriSumber gambar: Google Maps Diah Fitriani

Mereka yang ingin berwisata ke Pulau Bokori tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Buka 24 jam sehari, Anda tidak perlu membayar tiket masuk, Anda hanya perlu membayar ongkosnya saja. Kapal lokal yang mengantar Anda ke pulau ini hanya perlu membayar ongkos Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Jika Anda membawa rombongan, Anda bisa menyewa perahu dengan harga Rp100.000.

Daerah pulau ini juga merupakan rumah bagi resor dan penginapan. Jika ingin bermalam bisa menyewa kamar. Harga sewanya sendiri bervariasi. Anda bisa menyewa rumah dengan banyak kamar dengan harga Rp 1.500.000 dan jika menyewa resort bisa sampai Rp 2.000.000 per malam namun tentunya didukung dengan fasilitas dan fasilitas yang akan memanjakan Anda.

Aktivitas seru di Pulau Bokori

Kegiatan rekreasi di Pulau BokoriKredit foto: Instagram Seorang wanita

Anda tidak akan bosan di Pulau Bokori. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan. Tak heran jika banyak wisatawan yang menginap di pulau ini berhari-hari karena cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan. Jadi jika Anda ingin melakukan banyak aktivitas di pulau ini, pastikan Anda memiliki waktu liburan yang cukup.

1. Snorkeling

Snorkeling merupakan kegiatan yang banyak dilakukan pengunjung. Dengan air laut yang jernih serta pemandangan bawah laut yang indah, tempat ini menjadi tempat yang menyenangkan untuk kegiatan ini. Anda juga bisa mencobanya saat berada di pulau ini untuk mendapatkan liburan yang lebih seru.

2. Pengejaran Matahari Terbenam

Aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung adalah mengejar sunset. kegiatan murah tapi sangat efektif. Pemandangan matahari terbenam yang indah akan membuat Anda betah berlama-lama duduk di rumah menyaksikan pemandangan ditemani matahari terbenam. Jika Anda menyukai fotografi, latar belakang matahari terbenam menciptakan gambar siluet yang indah.

3. Tempat tidur gantung multi-level

Kegiatan menyenangkan di pulau BokoriSumber gambar: Google Maps Sampai jumpa Rukmini

Kegiatan ini akan lebih seru jika Anda datang dengan rombongan. Anda bisa mengatur hammock bersama teman atau keluarga untuk bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan pantai. Kegiatan ini akan membuat liburan Anda semakin seru dan menghangatkan suasana bersama rombongan.

4. Coba berbagai wahana

Ada berbagai wahana seru untuk dicoba di pulau ini. Jika Anda menyukai aktivitas yang memacu adrenalin, Anda bisa mencoba banana boat atau jet ski. Ada juga kano jika Anda ingin merasakan naik perahu dan menikmati laut dari dekat.

5. Jelajahi pulau

Ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi di Pulau Bokori. Anda bisa berkeliling dan menemukan tempat-tempat yang memiliki pemandangan berbeda. Sabana adalah salah satu tempat favorit Anda. Anda juga bisa mendaki bukit untuk melihat desa dan laut dari atas.

Akomodasi murah terdekat

Zahra Syariah Hotel KendariKredit foto: Google Maps A Irdiansyah

1. Zahra Syariah Hotel Kendari

Hotel ini merupakan penginapan dengan kamar yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Setiap kamar dilengkapi dengan AC, minibar, dan kulkas. Wi-Fi gratis juga tersedia. Resepsionis juga buka 24 jam dan ada juga layanan kamar. Hotel ini juga menawarkan pusat kebugaran dan juga menawarkan sarapan untuk para tamu.

2. Claro Kendari

Hotel ini menawarkan kenyamanan bagi Anda dengan fasilitas yang disediakan. Setiap kamar dilengkapi dengan TV, minibar, dan AC. Selain itu, tersedia juga WiFi gratis. Hotel ini tidak hanya menawarkan resepsionis 24 jam, layanan kamar dan concierge, tetapi juga kolam renang dan sarapan untuk pengunjung.

3. Hotel Athaya

Hotel ini menawarkan layanan seperti rumah. Dengan fasilitas yang masuk akal membuat Anda merasa lebih nyaman. Setiap kamar memiliki minibar, AC, WiFi gratis, dan meja. Ada juga pusat kebugaran dan sarapan gratis. Hotel ini juga strategis karena dekat dengan tempat umum.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Bokori

Fasilitas Pulau BokoriKredit foto: Google Maps Gasa Bahar Putra

Pulau Bokori sudah memiliki fasilitas yang memadai. Ada MCK bersih, serta kamar mandi untuk membersihkan diri. Ada juga paviliun yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Ada juga kafe dan restoran serta toko suvenir di daerah tersebut.

Selain spot foto alam, kawasan ini juga sudah menyediakan spot foto buatan. Dibangun oleh Departemen Permukiman, tempat ini sangat unik dan menarik perhatian. Tak heran jika banyak pengunjung yang antre untuk berfoto.

Beragam wahana juga disiapkan untuk membuat liburan Anda semakin seru. Jika Anda ingin bermalam, vila dan cottage juga tersedia. Anda bisa memilih penginapan dengan harga yang berbeda-beda.

Pulau Bokori tidak luas tapi sangat indah. Pemandangan alam yang disajikan akan membuat Anda betah berada di sana. Tak hanya itu, ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan. Berbagai aktivitas seru juga bisa Anda nikmati dengan fasilitas dan wahana yang disediakan. Anda akan merasakan liburan yang seru dan tak terlupakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button