Tempat Wisata

Pulau Lanjukang, pulau eksotik di Makassar yang kaya akan terumbu karang yang memukau

Pulau Lanjukang di Makassar merupakan pulau eksotik yang mempesona dengan kekayaan terumbu karangnya yang mempesona, menjadikannya surga bagi para penyelam dan pecinta alam.

Biaya tur: Bebas, Jam beroperasi: 06.00-18.00 WIB, Alamat: J L. Ujung Pandang No. 4, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasinya

Pulau Lanjukang merupakan salah satu destinasi wisata di wilayah Makassar. Belum banyak orang yang mengetahui pulau ini karena terletak di wilayah perbatasan Makassar.

Jika anda mencari wisata yang jauh dari hiruk pikuk dan belum terjamah orang. Pulau di Makassar adalah pilihan yang tepat. Mengunjungi pulau yang tenang menawarkan keindahan yang benar-benar berbeda.

Anda bahkan bisa menikmati keindahan pulau tanpa diganggu orang lain. Pulau akan terasa tenang dan bersih. Lalu apa saja daya tarik pulau ini? Baca lebih lanjut di bawah ini!

Atraksi yang ditawarkan Pulau Lanjukang

Objek Wisata Pulau Lanjukang MakassarFoto: Google Maps/Hidayat

1. Pulau yang masih dilestarikan

Dari kejauhan terlihat Pulau Lanjukang di Makassar yang berpasir putih. Pantai berpasir putih inilah yang menjadi salah satu keunggulan wisata bahari ini.

Lembutnya pasir bisa Anda rasakan saat melangkah ke pulau setelah turun dari perahu. Di pinggir pantai ini terdapat bekas dermaga dimana Anda bisa mengagumi keindahan pasir putihnya.

Sebenarnya karena airnya sangat jernih. Dari dermaga Anda bisa menyaksikan keindahan pasir dan terumbu karang.

Pulau tak berpenghuni ini sangat cocok bagi Anda yang ingin liburan santai. Di sana Anda bisa menikmati keindahan alam bersama keluarga atau teman.

2. Pesona laut biru dan pasir putih

Kawasan wisata Pulau Lanjukang mempunyai keindahan alam. Sebab, objek wisata ini tidak berpenghuni.

Dengan cara ini Anda mendapatkan keindahan alam yang belum terjamah manusia. Selain pemandangannya yang indah, pantai-pantai di pulau ini juga bebas sampah.

3. Kaya akan terumbu karang

Daya tarik lain yang bisa Anda nikmati di Pulau Lanjukang adalah keindahan wisata bawah lautnya. Kekayaan alam disana sangat banyak sekali, salah satunya adalah terumbu karang putih yang ada di pinggir pantai.

Jadi jika anda berwisata ke tempat ini anda bisa melihat terumbu karang dan berbagai jenis ikan. Anda juga bisa berhenti dan memancing di sepanjang jalan. Karena disana terdapat ikan-ikan besar yang bisa anda tangkap.

4. Jembatan cinta populer

Jika Anda mencari destinasi yang jauh dari keramaian, Anda bisa memilih pulau ini. Di pulau ini Anda bisa berkemah bersama teman atau keluarga.

Jika ingin berkemah di sana, Anda masih bisa menyewa perahu lokal. Anda dapat memberi tahu pemilik kapal kapan harus menjemput Anda. Dengan cara ini Anda bisa pulang tepat waktu setelah berkemah.

5. Ada wahana jet ski

Jika Anda mencari destinasi yang jauh dari keramaian, Anda bisa memilih pulau ini. Di pulau ini Anda bisa berkemah bersama teman atau keluarga.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau Lanjukang, MakassarFoto: Google Maps/Saluran Muhammad Khuldi

Wisata Pulau Lanjukang terletak di luar Pulau Makassar, tepat di dekat Desa Popsa di Sulawesi Selatan. Untuk menuju pulau ini, Anda bisa datang ke dermaga di Putere, Kayu Bangkoang, Desa Popsa.

Untuk mengunjungi objek wisata bahari ini anda bisa menyewa perahu kayu bermesin dengan biaya sekitar Rp 1000. 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 dengan jumlah penumpang sebanyak 20 orang per kunjungan.

Biaya tur ke Pulau Lanjukang

Untuk menikmati keindahan pulau ini Anda tidak perlu membayar biaya masuk. Namun Anda juga bisa membayar warga di sana secara sukarela. Jadi tidak ada harga panduan untuk mengikuti wisata bahari ini.

Jika tidak, tidak ada jam buka jika ingin mengunjungi tempat ini. Namun, akan lebih baik jika Anda datang pada pukul 6 pagi hingga 6 sore.

Saat itu adalah waktu yang tepat. Anda dapat menikmati pemandangan pulau yang indah.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pulau Lanjukang MakassarFoto: Google Maps/Riska Febrianti Rizal

Bersantailah di paviliun

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di Pulau Lanjukang Makassar adalah menikmati panorama alam. Selama tur Anda dapat menikmati keindahan laut.

Kemudian Anda akan disambut dengan pulau yang tampak hijau karena rimbunnya pepohonan. Sesampainya di sana Anda bisa bersantai di bawah pepohonan dan mengagumi keindahan pantai.

Sebaiknya Anda datang pada siang hari karena cuaca di sana cukup panas. Anda bisa datang sore atau dini hari.

Lihatlah pemandangan bawah laut Pulau Lanjangan

Pulau Lanjukang mempunyai pesona pulau yang indah dan masih alami. Oleh karena itu, Anda juga bisa menjelajahi keindahan bawah lautnya.

Bahkan di pinggir pantai pun Anda bisa melihat terumbu karang putih yang menghiasinya. Terumbu karang ini sesekali terlihat dari bekas dermaga di pinggir pantai.

Abadikan momen di pulau itu

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah mengabadikan momen di Pulau Lanjukang. Pertama, Anda bisa mengambil foto saat menuju ke suatu objek wisata. Anda bisa mengambil foto di antara perahu-perahu warga yang sibuk.

Sayangnya pengambilan foto selama perjalanan akan cukup sulit karena ombak di laut cukup besar. Kemudian anda bisa mengambil foto-foto di pulau tersebut, walaupun belum ada kesempatan untuk berfoto, anda bisa mengambil foto di momen-momen terbaik, misalnya saat senja tiba.

Mainkan wahana

Aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan adalah berkemah. Pulau ini jauh dari hiruk pikuk dan terpisah dari penduduk setempat. Jadi jika Anda mencari tempat yang tenang maka ini adalah pilihan yang tepat.

Untuk camping di pulau ini, belum ada informasi biaya dan informasi penyewaan peralatan. Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan sendiri perlengkapan dan aksesoris berkemah. Anda juga bisa meminta warga untuk menjemput Anda keesokan paginya.

Berkemah bersama teman

Aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan adalah berkemah di objek wisata Pulau Lanjukang ini. Pulau ini jauh dari hiruk pikuk dan terpisah dari penduduk setempat. Jadi jika Anda mencari tempat yang tenang maka ini adalah pilihan yang tepat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas di Pulau Lanjukang MakassarFoto: Google Maps/Riska Febrianti Rizal

Fasilitas yang ada di pulau eksotik ini cukup lengkap. Meski banyak yang belum mengetahui wisata bahari ini, namun fasilitas yang ada di sana cukup lengkap. Usai berenang di pantai, Anda bisa mandi atau berganti pakaian di toilet.

Setelah berganti pakaian, Anda bisa merayakan ibadah di musala yang telah disediakan. Anda juga tidak perlu khawatir tentang makanan, karena terdapat stand makanan ringan di sana. Namun, Anda juga bisa membawa bekal makanan sendiri jika ingin piknik bersama keluarga.

Jika Anda membutuhkan tempat yang teduh untuk beristirahat, Anda bisa duduk di pendopo yang telah disediakan. Sambil duduk bersama teman atau keluarga anda bisa menikmati keindahan pulau ini.

Nah itulah beberapa tempat wisata dan fasilitas yang ada di Pulau Lanjukang Makassar. Setelah membaca penjelasan di atas, Anda pasti tahu keindahan yang ditawarkan pulau ini.

Apalagi bagi Anda yang sedang mencari tempat liburan menyenangkan. Kapan Anda akan mengunjungi pulau ini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button