Tak Berkategori

PULAU LEMUKUTAN: 14 kegiatan wisata menarik Januari 2024

Pulau Lemukutan

  • Biaya masuk: Gratis – Rp 209.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : -, Kepulauan Sungai Raya, Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia, –

lemukutan merupakan destinasi wisata pulau yang diharapkan menjadi yang terbaik di Kalimantan Barat. Pulau Lemukutan Singkawang terkenal di kalangan wisatawan karena keindahan bawah lautnya yang menakjubkan.

Letaknya yang tidak jauh dari kota Pontianak menjadikannya objek wisata populer. Pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Bengkayang dengan luas sekitar 12.520 hektar.

Biaya masuk dan biaya

Tidak ada biaya tiket bagi wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. Hanya biaya tambahan seperti sewa perahu dan biaya kegiatan seperti snorkeling, kano dll.

Jenis biaya Harga
Tiket masuk Bebas
Paket wisata Lemukutan Rp 209.000

Biaya ke Pulau Lemukutan

Baca : Tiket Masuk PANTAI SAMUDRA Bengkayang dan Aktivitasnya

Jam buka Pulau Lemukutan

Durasi jam buka
Sehari-hari 24 jam

Jam buka Pulau Lemukutan

Berbagai aktivitas wisata di Pulau Lemukutan

Nama pulau ini diambil dari nama desa Lemukutan. Konon katanya bentuknya menyerupai lembu. Kondisi hutan tropis yang masih terjaga menjadikannya tempat yang indah alami. Wilayah ini memiliki banyak tanjung dan teluk yang menawarkan kesempatan kepada wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas menarik.

Baca: Tempat Wisata Menarik di Singkawang

Naik perahu ke Pulau Lemukutan, Bengkayang, Kalimantan Barat – hevi_putriNaik perahu ke Pulau Lemukutan, Bengkayang, Kalimantan Barat – hevi_putriMenikmati perjalanan perahu melintasi nusantara menuju Pulau Lemukutan – Foto: Instagram/hevi_putri

Keindahan panorama mulai terlihat saat wisatawan memulai perjalanan laut menuju pulau tersebut. Saat melintasi ombak, wisatawan melewati gugusan pulau dengan pemandangan yang sangat menarik. Kicau burung yang bersahabat, terik matahari dan udara sejuk yang masih bersih dan segar.

Warna airnya yang biru kehijauan menciptakan panorama yang memanjakan wisatawan. Deburan ombak menghantam bebatuan di sepanjang pantai pulau-pulau tersebut. Tidak jarang lumba-lumba muncul di permukaan air selama perjalanan dengan perahu.

Semakin dekat ke daratan, semakin jernih air lautnya. Aneka ikan dan terumbu karang terlihat di balik permukaan air. Selepas bersandar di dermaga, wisatawan bisa menyaksikan pantai berpasir putih dengan latar perbukitan hutan tropis.

Baca : Tiket Masuk MIMI LAND Bengkayang dan Berbagai Kegiatannya

Panorama pesisir pulau Lemukutan

Menikmati panorama alam Pulau Lemukutan, Bengkayang, Kalimantan Barat – JoniharvandMenikmati panorama alam Pulau Lemukutan, Bengkayang, Kalimantan Barat – JoniharvandMenikmati indahnya panorama alam Pulau Lemukutan yang dibingkai oleh perbukitan hijau – Foto: Instagram/joniharvand

Sesampainya di pulau ini, air laut yang jernih dan berwarna kebiruan menyambut Anda. Pesona pantai yang dibingkai hijaunya perbukitan hutan tropis menjadi daya tarik alam. Pulau ini memiliki udara alami yang segar dan bersih. Suasananya yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota menjadi nilai tambah. Pulau Lemukutan menyimpan surga yang begitu indah.

Keajaiban bawah laut Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang mempesona. Wisatawan yang tidak bisa berenang dengan baik bisa menikmati keindahan di atas permukaan air.

Selama ini kondisi alamnya masih sangat terjaga sehingga air laut disekitarnya sangat jernih. Hal ini memudahkan wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan bawah laut.

Dari atas perahu, wisatawan bisa melihat dengan jelas keindahan alam bawah laut. Karena kejernihannya, wisatawan seolah-olah melihat akuarium yang sangat besar, meski permukaan airnya cukup dalam. Di dalam lautnya Anda bisa melihat berbagai hewan laut seperti ikan warna-warni, penyu, dan kepiting.

Piknik santai

Wisatawan bersantai di pantai dan piknikWisatawan bersantai di pantai dan piknikPiknik santai bersama teman-teman di Pulau Lemukutan – Foto: Instagram/eska_ayunda

Pulau Lemukutan merupakan tempat yang ramah untuk berlibur bersama keluarga dan teman. Kegiatan wisata seperti piknik santai dan makan bersama keluarga cocok dilakukan di tempat ini.

Wisatawan juga dapat menyelenggarakan acara bersama seperti reuni keluarga, arisan atau pertemuan. Saat liburan panjang seperti akhir tahun, tempat ini menjadi destinasi wisata populer.

Berenang

Kejernihan air di luar perairan pulau ini selalu menjadi daya tarik wisatawan. Berenang dan bermain air menjadi aktivitas pilihan untuk merasakan langsung kesegaran air. Wisatawan bisa berenang bebas di sekitar dermaga kayu dan di perairan dangkal sekitar pulau.

Snorkeling di Pulau Lemukutan

Spot Bungaron merupakan titik terbaik untuk menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Lemukutan. Tempat ini menawarkan panorama bawah laut paling mengesankan dengan keindahan terumbu karangnya. Tempat terpercaya lainnya adalah Pantai Teluk Melanau dan Pantai Teluk Cina.

Di tempat-tempat tersebut, wisatawan bisa melakukan snorkeling untuk merasakan langsung kekayaan laut. Deretan terumbu karang dan ratusan ikan warna-warni menemani wisatawan saat snorkeling. Selain itu, wisatawan juga bisa menemukan teripang, bulu babi, dan kerang kima yang dilindungi di sini.

Menyelam

Banyak orang mengunjungi Pulau Lemukutan dan melakukan aktivitas menyelam. Wisatawan bisa menyelam ke laut sekitar pulau dan menjelajahi kedalaman perairannya.

Keindahan keajaiban bawah laut di sekitar pulau merupakan surga yang memanjakan. Air lautnya sangat jernih dan jumbai karang warna-warni di dasar laut terlihat jelas.

Berkano

Berkano di perairan sekitar pulauBerkano di perairan sekitar pulauBerkano di perairan sekitar Pulau Lemukutan – Foto: Instagram/yovinta_eti

Di sini wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan alam bawah laut saja, tapi juga bermain kano. Selain melatih kekuatan fisik, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan sekitar sambil bermain kano. Wisatawan bisa menikmati panorama laut yang indah sambil menjelajahi pulau.

Bersepeda keliling pulau

Untuk menikmati waktu liburan, wisatawan bisa menjelajahi pulau dengan menggunakan sepeda. Mengendarai sepeda di sepanjang pantai memungkinkan wisatawan merasakan langsung kondisi alam pulau tersebut. Selain itu, wisatawan dapat menyaksikan langsung aktivitas sehari-hari masyarakat setempat.

Nikmati masakan makanan laut

Kuliner tepi pantai menjadi ciri khas kuliner pulau ini. Wisatawan dapat menikmati pilihan makanan laut pilihan di restoran-restoran sekitar pantai. Ikan segar menambah cita rasa menu makanan laut rasanya semakin nikmat.

Perjalanan budaya

Pulau Lemukutan juga terkesan dengan keramahan dan hangatnya sambutan penduduk setempat. Saat memasuki kawasan pulau, wisatawan bisa melihat rumah-rumah penduduk yang ada di sana. Bentuk rumahnya sederhana dengan tanaman, bunga dan berbagai jenis pohon.

Wisatawan dapat menikmati kearifan lokal penduduk setempat seperti mencari dan memancing. Menjemur ikan asin dan berjalan-jalan keliling desa menjadi daya tarik utama pantai ini.

Sunset dan Sunrise di Pulau Lemukutan

Di pagi hari Anda sudah bisa mengagumi keindahan kawasan pulau dengan pemandangannya matahari terbit. Suasana hangat menyambut wisatawan yang menyaksikan indahnya matahari terbit di pagi hari di pulau ini.

Pada sore hari, wisatawan dapat duduk santai di dermaga sembari mentari kembali ke pantainya. Pemandangan laut lepas dengan langit senja berwarna jingga menjadi momen yang ditunggu-tunggu wisatawan. Dengan angin sepoi-sepoi dan deburan ombak, wisatawan bisa menikmati romantisme senja sambil meminum kelapa muda.

Berfoto dengan pemandangan pulau

Area dermaga menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto. Pemandangan matahari terbenam menjadi latar yang sempurna bagi wisatawan untuk mengabadikan momen liburan. Hijaunya perbukitan di darat dan laut lepas pun menjadi latar khas pemandangan pulau ini.

Menginaplah di homestay

Bermalam di pulau ini menawarkan pengalaman wisata dan waktu luang lebih banyak bagi wisatawan. Di tempat wisata ini hampir seluruh warga mempunyai akomodasi berupa keluarga angkat serta vila. Berbagai akomodasi di pulau ini dirancang untuk mencerminkan adat atau budaya khas Kalimantan Barat.

Saat malam tiba, wisatawan bisa duduk-duduk di teras vila sambil mendengarkan suara deburan ombak laut. Suasana liburan terasa begitu damai dan tenang. Wisatawan diajak menikmati malam hari dengan memanggang ikan di tepi laut. Menyalakan api unggun dan bermain musik bersama teman dan keluarga menambah kemeriahan malam itu.

Wisatawan juga mempunyai kesempatan unik untuk berbaur dengan masyarakat setempat. Wisatawan bisa merasakan momen makan bersama, ngobrol, dan berbagi cerita dengan warga sekitar. Hal ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan.

Perabot

Meski belum ada hotel atau restoran, Pulau Lemukutan memiliki fasilitas wisata yang cukup memadai. Bagi wisatawan yang ingin snorkeling, disarankan untuk menyiapkan peralatan di titik keberangkatan.

Agar lebih mudah, wisatawan bisa menggunakan jasa tersebut Operator tur yang biasanya menawarkan paket perjalanan. Di kawasan pulau juga terdapat stand tempat dijualnya oleh-oleh khas pulau.

Lokasi dan akses wisata di Pulau Lemukutan

Wisata Pulau Lemukutan terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Dari kota Pontianak, tempat ini berjarak sekitar 115 km atau sekitar tiga jam perjalanan. Dari Teluk Suak dibutuhkan waktu sekitar satu jam. Untuk mencapai pulau ini, wisatawan harus menaiki perahu di Dermaga Teluk Suak di Karimuntung. Perjalanan laut memakan waktu sekitar satu jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button