Tempat Wisata

Pulau Mablack, surga laut tersembunyi dengan pesona berbagai terumbu karang indah di Pesawaran

Jelajahi Pulau Matinggi di Pesawaran, surga laut tersembunyi dengan pesona berbagai keindahan terumbu karang menghiasi laut.

Biaya tur: Mulai dari Rp 30.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Ketapang, Kecamatan Gebang. Padang Cermin, Kab.Pesawaran, Lampung; Map: Periksa lokasinya

Pulau Mateman merupakan salah satu pulau di Provinsi Lampung yang disebut sebagai “surga tersembunyi”. Pulau ini sangat menarik perhatian pengunjung karena memiliki pesona dan keindahan alam yang tiada duanya.

Pulau Mahitape Pesawaran menawarkan air laut yang sangat jernih sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menyelaminya. Di atas perahu Anda bisa menyaksikan ikan-ikan kecil berenang-renang dengan lucu dan menggemaskan.

Pulau ini tidak hanya dapat dicapai melalui jalur air tetapi juga jalur darat. Keindahan pantai di Indonesia terkenal dengan keanekaragaman dan keunikannya. Mengunjungi pulau ini menjanjikan pengalaman liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Di sini Anda tidak hanya akan menemukan berbagai jenis ikan, tetapi juga terumbu karang indah dan mempesona yang menghiasi perairan pulau.

Atraksi yang ditawarkan Pulau Mateman

Daya Tarik Pulau MatinggiFoto: Google Maps/Tunas Muda Fc

Pesona Pulau Matinggi di Pesawaran sungguh menakjubkan, banyak terdapat ikan-ikan yang menawan dan anda juga bisa merasakan pemandangan alam bawah laut yang tak kalah indahnya. Ketika Anda mengunjungi tempat ini, menyelam adalah suatu keharusan yang mutlak dan tidak boleh Anda lewatkan.

Sayang jika melewatkan kunjungan wisata bawah laut karena keindahan lautnya sungguh mempesona dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Masyarakat di pulau ini selalu ramah dan tersenyum hangat kepada wisatawan yang datang. Mereka sepertinya sadar dan mengetahui bahwa pendapatan terbesar dari pariwisata adalah untuk menghidupi mereka.

Penduduk pulau ini sangat mementingkan kebersihan karena jika menjaga kebersihan pulau maka pengunjung akan merasa nyaman dan betah. Selain itu, menjaga kebersihan dapat memastikan Anda dan wisatawan lain yang mengunjungi kami lebih sehat dan mendapatkan udara segar dan bersih.

Masyarakat Pulau Mateman pandai bergaul, penuh canda dan tawa, peduli dan memberikan pelayanan yang tulus dan sepenuh hati. Cara mereka menyambut tamu sungguh patut dicontoh.

Namun perlu diingat bahwa udara di sini panas dan pengap. Jadi jangan kaget dengan kondisi udara di sini.

Penanaman pohon kelapa merupakan salah satu cara yang dilakukan penduduk setempat untuk meredam panas dan menciptakan pemandangan indah pulau ini.

Pohon yang ditanam warga sekitar bisa bermanfaat untuk perlindungan dari terik matahari. Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Mahitape Pesawaran, Anda harus melewati beberapa pulau dan pantai sebelum sampai.

Pulau ini masih belum banyak pengunjungnya karena belum setenar pulau lainnya, meski pemandangannya sangat indah.

Pengunjung diharapkan menyiapkan biaya tambahan untuk berjaga-jaga karena ada beberapa biaya yang harus dibayarkan minimal tiga kali lipat, yaitu saat memasuki kawasan pantai Ketapang, membayar tiket masuk, dan menyewa perahu.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau MatinggiFoto: Google Maps/Eko Susanto

Pulau Matinggi terletak di Provinsi Lampung tepatnya di Kecamatan Padang Cermin dan terletak di Kabupaten Pesawaran.

Perjalanan dari kota Bandar Lampung menuju pantai ini memakan waktu kurang lebih 1 hingga 1,5 jam dengan kendaraan roda dua.

Apalagi menjelang akhir pekan dan perjalanan bisa memakan waktu hingga 2 hingga 3 jam. Pantai yang wajib Anda lewati jika ingin berkunjung ke pulau ini antara lain pantai Pahawang dan Ketapang.

Untuk menuju pulau eksotik ini melalui jalur darat, Anda bisa memulainya dari kota Bandar Lampung dan berkendara menuju Dermaga 4 Ketapang dalam waktu sekitar satu jam.

Dan untuk menyeberangi laut bisa menggunakan perahu sewaan. Hal unik terjadi selama penyeberangan. Jika ingin menyeberang, Anda juga bisa berjalan menyusuri pasir yang meninggi.

Harga sewa perahu sekitar Rp 300.000 dengan kapasitas 25 orang. Perjalanan menuju lokasi pulau bila menyebrang hanya memakan waktu sekitar 10 menit saja.

Suara air laut terdengar samar-samar dan terkadang jelas di kapal pesiar. Angin sepoi-sepoi turut menyumbang suasana unik dan sejuk. Hingga hangatnya sinar matahari menyentuh kulitmu.

Anda pasti akan terkejut ketika air laut sedang surut. Karena daratan dapat terlihat dan dapat melintasinya tanpa menggunakan kapal yaitu melalui jalur darat.

Anda akan terkesima saat memasuki objek wisata bahari ini karena jernihnya air laut membuat pantai ini sungguh menakjubkan.

Biaya masuk wisata bahari

Setelah sampai di Dermaga Pulau Matinggi, pengunjung disambut oleh satpam yang membayar tiket masuk. Biaya masuk yang ditawarkan adalah Rp 30.000 per orang jika tidak ada rencana menginap semalam

Sedangkan untuk biaya akomodasi atau paviliun yang tersedia harus membayar Rp 60.000 per unit. Dan untuk bermalam harga sewa camping sama dengan tiket masuk, dengan sewa tenda per unitnya sebesar Rp 150.000.

Kapasitas maksimalnya adalah 4 orang. Jika Anda berencana menyewa, ada beberapa hal yang perlu diingat. Salah satunya pengunjung bisa membawa tenda sendiri, namun harus menyewa dari produsen pulau eksotis ini.

Tempat tenda juga disiapkan khusus. Pengunjung tidak bisa begitu saja mendirikan tenda saat berkunjung. Hal ini untuk menjamin kenyamanan dan kebersihan seluruh pengunjung.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau MatinggiFoto: Google Maps/Agus Latif

1. Bersantai dan berburu foto

Ada beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pulau Mahitape Pesawaran. Dari pendopo Anda dapat bersantai dan menikmati keindahan alam.

Selain itu, pulau ini juga menjadi tempat ideal untuk berburu foto. Pemandangan alamnya yang indah sangat cocok untuk dijadikan foto selfie, apalagi bagi para wanita yang ingin tampil estetis dan menawan dalam fotonya.

2. Berenang di Pantai Pulau Mahitam

Di pulau ini pengunjung bisa bermain air atau berenang di air laut yang jernih menyegarkan.

Meski fasilitas bermain airnya belum selesai, namun berenang di sini tetap menyenangkan. Kejernihan air dan keaslian hamparan pasir menjadikannya sangat menarik.

3. Cobalah snorkeling

Pulau Matinggi terkenal dengan terumbu karangnya yang mempesona dan segudang biota laut, terutama ikan-ikan lucu.

Menyaksikan keindahan alam bawah laut merupakan pengalaman yang sayang untuk dilewatkan, terutama bagi penggemar snorkeling dan diving.

4. Naiki menara

Pulau Mahitam di Pesawaran tidak hanya menawarkan keindahan pantai berpasir putih, namun juga panorama seluruh pulau yang bisa Anda nikmati. Hal ini bisa dilakukan dengan memanjat menara setinggi 30 meter.

Dari puncak menara, pengunjung dapat menikmati pemandangan pulau yang luas dan pastinya memanjakan mata.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau MahitamFoto: Google Maps/Anggun Widya

Di Pulau Mateman, selain terdapat pendopo untuk beristirahat, Anda juga bisa menikmati menginap di vila yang nyaman.

Untuk kenyamanan para tamu, toilet tersedia di area akomodasi. Tersedia juga musala bagi pengunjung muslim untuk memudahkan pelaksanaan ibadah.

Agar pengalaman liburan Anda semakin seru, pihak pengelola pulau cantik ini menyediakan berbagai wahana seru.

Kamu bisa mencoba Jet Ski seharga Rp 250.000 selama 15 menit, ATV seharga Rp 30.000 per 15 menit, Canoe seharga Rp 30.000 atau Bogi Car seharga Rp 100.000 per menit.

Pulau Mahitam, Lampung memiliki segudang keindahan alam yang ditawarkan dan tak hanya itu, tersedia juga game drive untuk menjajal keseruannya.

Segera sisihkan daftar Anda untuk berlibur ke pulau cantik ini dan rasakan momen spesial bersama orang-orang spesial. Anda pasti tidak akan menyesal karena pemandangannya sungguh mempesona.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button