Tempat Wisata

Pulau Mansinam Manokwari – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

Biaya Tur: Mulai dari Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Mansinam, Kec. Manokwari Timur, Kab.Manokwari, Papua Barat; map: Cek lokasi

Pulau Mansinam merupakan salah satu tempat wisata di Papua Barat yang sarat akan nuansa religi. Pulau ini tidak hanya menjadi tujuan wisata spiritual bagi pemeluk agama Kristen Protestan, tetapi juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Keindahan pulau cantik di ujung pulau Indonesia ini berasal dari pantai dan deretan pepohonan yang masih hijau. Meski terkenal sebagai tempat diperkenalkannya ajaran Alkitab ke Papua, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati pesona alamnya.

Selain itu, pulau ini juga memiliki nilai sejarah yang cukup kental. Pesona alam yang ditawarkan juga tidak kalah dengan pulau-pulau terkenal di Papua lainnya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Pulau Mansinam, baca ulasan singkatnya di bawah ini.

Pemandangan pulau Mansinam

Atraksi Pulau MansinamKredit foto: Instagram Yustiadi

1. Patung Yesus

Patung Yesus pemberkatan yang berdiri megah dan juga cukup besar menjadi ikon pulau ini. Patung ini sengaja didirikan oleh pemerintah setempat sebagai tanda penyebaran Injil di Papua. Didominasi warna putih bersih, patung ini terlihat semakin megah dengan ketinggian sekitar 30 meter.

2. Pemakaman Misi

Sebagai objek wisata religi, pengunjung Pulau Mansinam akan menemukan sejumlah makam misionaris milik Carel Willemottow. Makam orang-orang yang menyebarkan Injil dirawat dengan baik hingga hari ini. Hal yang menarik dari makam para misionaris adalah gaya arsitekturnya yang menyerupai rumah adat suku Biak.

3. Pantai pasir putih

Daya tarik lain dari pulau ini adalah pantainya yang menakjubkan. Beberapa pantai tersebut adalah Pantai Bakaro, Pantai Maruni, Pantai Yen Bebay dan Pantai Amban. Seluruh pantai ini memiliki pasir putih yang masih terjaga kebersihannya dan dikatakan sangat lembut jika berjalan tanpa alas kaki.

4. Udara sejuk

Objek wisata yang dimiliki oleh Pulau MansinamKredit foto: Instagram PERJALANAN RAJA AMPAT

Semua tempat wisata di pulau papua masih alami, termasuk pulau cantik ini. Udara di pulau ini sangat segar karena jauh dari pusat Kota Manokwari dan belum banyak turis asing atau luar Papua yang mengenal pulau ini.

5. Air jernih

Selain pasirnya yang putih, pantai di Pulau Mansinam tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai lain di Papua. Air lautnya sangat bersih dan begitu bersih sehingga berbagai jenis ikan kecil dan terumbu karang mudah terlihat dari atas permukaan air.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau MansiamKredit foto: Google Maps I Gusti Ayu Azarine Kyla Arinta

Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui pulau ini, apalagi lokasinya. Objek wisata spiritual Pulau Mansinam terletak di kota Manokwari provinsi Papua Barat. Jarak pantai berpasir putih di kawasan Manokwari Putih sekitar 4 kilometer.

Untuk mengunjungi pulau ini, pengunjung dapat menaiki perahu motor berkapasitas 10 hingga 12 orang dewasa dari Pelabuhan Manokwari. Perjalanan dengan perahu ke pulau ini hanya memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit dengan biaya sekitar 5.000 rupiah untuk satu orang.

Meski terjangkau, pengunjung harus membayar untuk mendapatkan tempat duduk di kapal yang kosong. Pengunjung tidak hanya bisa menggunakan perahu, tapi juga menunggang kuda perahu cepat dengan harga yang tentunya jauh lebih mahal mengingat 10-15 menit berkendara dari Hotel Mansinam Beach.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya perjalanan ke Pulau MansiamKredit Foto: Google Maps I Gusti Ayu Azarine Kyla Arinta

Pulau Mansinam dianggap sebagai pusat peradaban di negara Papua. Di pulau kecil ini, para misionaris mulai menyebarkan ajaran Injil. Maka tak heran jika pulau ini dikunjungi umat Kristiani setiap tanggal 5 Februari untuk wisata spiritual.

Tentunya bagi Anda yang berasal dari luar Papua dan berencana mengunjungi pulau eksotis ini perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang terutama untuk akomodasi. Biaya tiket pesawat ke Bandara Manokwari tentu saja akan bervariasi tergantung di mana dan kapan Anda akan terbang keluar.

Untuk bisa mengunjungi pulau ini anda bisa menuju ke pelabuhan Manokwari. Dari sana Anda bisa berangkat dalam waktu maksimal 15 menit dengan menggunakan perahu motor berkapasitas maksimal 12 orang dewasa. Biaya perjalanan dengan kapal ini hanya sekitar 5.000 rupiah. Namun, pastikan semua kursi sudah terisi atau Anda harus membayar kursi gratis juga.

Jika Anda menginap di kawasan Manokwari Beach Hotel, Anda hanya tinggal berkendara perahu cepat dengan kapasitas yang jauh lebih besar. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan moda transportasi ini, Anda harus siap dengan biaya sekitar 1.000.000 rupiah. Anda dapat mencapai lokasi pulau dalam waktu 10 menit atau maksimal 15 menit.

Aktivitas seru di Pulau Mansinam

Aktivitas seru di Pulau MansiamanSumber gambar: Google Maps Faisal Rauf

1. Ziarah ke Makam Misionaris

Sebagian besar pengunjung ke pulau itu berziarah ke makam misionaris. Di pantai, pengunjung akan menemukan tempat pendaratan dua misionaris Jerman yang pertama menyebarkan ajaran Injil. Di belakang patung Yesus terdapat relief yang menceritakan kedatangannya yang disambut hangat oleh warga sekitar.

2. Menyelam

Keindahan laut Pulau Mansinam membuat pengunjung tidak melewatkan aktivitas menarik di pantai ini dengan air yang jernih. Bahkan tak jarang pengunjung sengaja membawa peralatan snorkeling untuk menikmati keindahan flora dan fauna bawah laut yang masih terjaga kelestariannya melalui kealamian biota lautnya.

3. Bermain pasir

Kegiatan seru selanjutnya yang bisa dilakukan tentu saja bermain pasir. Apalagi jika Anda membawa anak kecil, mereka pasti akan merasa sangat nyaman bermain di pasir pantai yang putih dan lembut. Jangan khawatir, ombak di pantai pulau ini tidak begitu besar, jadi aman jika Anda ingin bermain di pantai.

4. Nikmati pemandangan matahari terbenam

Aktivitas di Pulau MansinamSumber gambar: Twitter Iskandar Shah

Saat-saat ketika matahari terbenam di ufuk barat adalah yang paling dinantikan oleh para pelancong di pulau ini. Dalam cuaca cerah, pengunjung dapat menikmati indahnya matahari terbenam di pesisir pantai. Hal seperti ini biasanya agak jarang ditemui di wisata bahari lainnya di Indonesia.

5. Abadikan momen

Fotografi merupakan salah satu aktivitas menarik yang sayang untuk dilewatkan saat mengunjungi pulau ini. Ada banyak tempat menarik yang bisa dijadikan latar untuk mengabadikan momen liburan tak terlupakan, seperti sunset atau pemandangan bawah laut.

6. Berburu tangan

Membeli oleh-oleh sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang yang berlibur di suatu destinasi wisata, begitu juga saat berkunjung ke Pulau Mansinam. Penduduk setempat menjual berbagai jenis kerajinan khas Manokwari yang bisa menjadi pilihan bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi di dekat Pulau MansinamSumber gambar: Google Maps Claudio C.

1. Teluk Oriestom

Wisatawan dari luar Papua yang ingin berkunjung ke Pulau Mansinam tentunya membutuhkan akomodasi. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah Oriestom Bay. Hotel ini sangat ideal bagi mereka yang membawa anak-anak. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup memadai seperti sarapan pagi, akses wifi, AC, parkir, penjemputan di bandara dan tentunya akses ke pulau yang jaraknya sangat dekat.

2. Resor Pantai Mansinam

Didirikan pada tahun 2007, hotel ini bisa menjadi tempat menginap berikutnya. Hotel ini memiliki sekitar 45 kamar dengan fasilitas lengkap. Dengan menginap di hotel, pengunjung mendapatkan fasilitas seperti TV, AC, room service, WiFi dan masih banyak lagi. Yang menarik pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan pantai pulau cantik ini.

3. Keluarga Inang Quattrick Dee

Properti ini juga sangat dekat dengan sejumlah tempat wisata di Manokwari, termasuk Pulau Mansinam. Penginapan ini berada di kawasan Reremi Permai dan menawarkan fasilitas umum yang cukup lengkap. Selain itu, tuan rumah penginapan menawarkan jasa pemandu wisata yang siap mengantar pengunjung ke tempat-tempat wisata yang diinginkan.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau Mansiam PulauSumber gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

Pulau Mansiman menawarkan sejumlah fasilitas pengunjung yang lengkap, salah satunya adalah dermaga. Jadi, saat berkunjung dengan langit jet, perahu cepat, atau sarana transportasi air lainnya, pengunjung tidak perlu bingung hendak meninggalkannya. Pasalnya, pulau ini menawarkan dermaga pinggir laut yang menjamin keamanan kendaraan pengunjung.

Selain dermaga, juga terdapat fasilitas penunjang seperti fasilitas sanitasi yang terjaga kebersihannya. Pengelola kawasan wisata ini juga menyediakan gazebo mengingat panasnya matahari di kawasan pantai. Pengunjung bisa beristirahat di sejumlah paviliun sambil makan dan menikmati pemandangan pantai.

Ingin mencicipi masakan khas Manokwari? Pengunjung juga bisa mencicipinya di sejumlah restoran yang berjejer di kawasan pulau ini. Menu yang ditawarkan sangat beragam dan terjangkau, sehingga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Demikian informasi tentang Pulau Mansinam di Manokwari. Apakah Anda ingin merasakan sendiri bagaimana rasanya berlibur di negeri Injil ini? Rencanakan liburan Anda sekarang juga dan jangan lupa jadikan informasi di atas sebagai referensi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button