Tak Berkategori

Pulau Maspari, pulau tempat hidup berbagai satwa langka di Ogan Komering Ilir

Pulau Maspari di Ogan Komering Ilir merupakan pulau eksotik yang menjadi habitat alami berbagai satwa langka seperti penyu tempayan dan menawarkan keindahan alam yang mempesona.

Biaya tur: Mulai dari Rp 25.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Simpang Tiga Jaya, Kecamatan. Tulung Selapan, Kab.Ogan Komring Ilir, Sumatera Selatan; Map: Periksa lokasinya

Pulau Maspari di Sumatera Selatan menawarkan keindahan alam dan daya tarik tersendiri. Keberadaannya menambah panjang daftar tempat wisata alam yang ada di provinsi tersebut.

Karena letak geografisnya, pulau ini merupakan pulau terluar di Sumatera Selatan. Kondisi pulau dan beragam daya tarik unik yang ada di dalamnya membuat pemerintah setempat fokus mengembangkannya menjadi destinasi wisata bahari yang membanggakan.

Pengunjung mempunyai kebebasan untuk melakukan berbagai aktivitas di sana. Perpaduan semua hal menarik yang ada menjadikan pulau ini pilihan destinasi wisata Anda selanjutnya.

Objek wisata dan penawaran di Pulau Maspari

Daya tarik Pulau MaspariFoto: Google Maps/Naufal Kalinga

Beragamnya pesona dan keunikan pulau ini kerap membuatnya dijuluki sebagai “…” Permata tersembunyi dari Provinsi Sumatera Selatan. Pesona datang dalam berbagai bentuk:

1. Habitat penyu langka

Siapa sangka Pulau Maspari Ogan Komering Ilir merupakan habitat hewan langka berupa penyu? Habitat ini secara resmi berada di bawah perlindungan negara.

Pada waktu-waktu tertentu, penyu menggali pasir pantai dan menggunakannya sebagai tempat menyimpan telurnya.

Penyu hijau dan penyu tempayan merupakan contoh penyu yang terlihat di kawasan ini, dimana kedua spesies tersebut diketahui langka.

2. Pulau unik yang berekor

Bentuk pulaunya sendiri unik karena dari udara terlihat memiliki ekor yang panjang. Bentuk ekornya bisa berubah-ubah tergantung kondisi air laut. Terkadang terlihat lurus, namun terkadang terpelintir.

3. Aneka binatang langka

Selain keberadaan penyu langka di sekitar Pulau Maspari, terdapat juga hewan lain yang jarang ditemukan di tempat lain. Salah satunya adalah ikan pari memar yang dianggap sebagai hewan mahal.

4. Air mancur air tawar

Pulau Maspari sebenarnya cukup kecil dan tidak berpenghuni. Meski terletak di kawasan yang dikelilingi lautan luas, pulau mungil ini ternyata memiliki beberapa sumber air tawar yang bisa dimanfaatkan untuk aktivitas sehari-hari.

5. Keajaiban terumbu karang

Sebagian besar permukaan pulau ini terdiri dari karang dan dikelilingi hutan bakau. Keberadaan kedua hal tersebut menciptakan kekayaan biota laut yang luar biasa karena banyak ikan yang tertarik dengan lingkungan untuk hidup dan berkembang biak.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau MaspariFoto: Google Maps/Naufal Kalinga

Kawasan wisata Pulau Maspari terletak di Kab.Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Lebih tepatnya yakni di Simpang 3 Sakti, Sungai Lumpur, Kec. Tulung Selapan. Ada dua rute yang bisa dipilih untuk menuju lokasi.

Pada rute pertama, Anda melakukan perjalanan secara eksklusif dengan transportasi air. Perjalanan dimulai di dermaga dekat Jembatan Musi.

Kemudian lanjutkan perahu cepat untuk transportasi menyusuri Sungai Musi dan langsung menuju Jalan Bangka sebelum sampai di tujuan. Seluruh perjalanan memakan waktu kurang lebih 6 jam.

Pada rute kedua Anda menggunakan darat dan air. Perjalanan dari pusat kota Palembang diawali dengan menyusuri Sungai Lumpur hingga tiba di kawasan Tulung Selapan yang memakan waktu dua jam. Kemudian terus gunakan perahu cepat sampai tujuan kurang lebih 3 jam.

Biaya Tour ke Pulau Maspari

Ada beberapa hal terkait biaya yang perlu Anda persiapkan sebelum mengunjungi pulau ini. Anda perlu menyiapkan biaya transportasi dan juga biaya masuk.

Harga tiket masuk ke pulau ini masih cukup terjangkau. Tiket masuknya dibanderol Rp 25.000 per orang. Namun, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya transportasi.

Biaya satu perahu motor untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan adalah antara 2 hingga 2,5 juta sekali perjalanan, dengan satu perahu mampu menampung sekitar 10 orang dewasa.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pulau MaspariFoto: Google Maps/Faisal Hadi

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan di tempat wisata ini.

Di jalur pulau

Kaki Pulau Maspari di Ogan Komering Ilir sebenarnya merupakan daratan berpasir yang menjorok ke lautan. Daratan yang sempit dan panjang tampak membentuk ekor binatang dari atas pulau.

Perubahan pasang surut dan arus mempengaruhi bentuk atau penampilan ekor. Anda bisa mencoba berjalan langsung di daratan berbentuk ekor sambil ombak pecah di kedua sisi Anda. Jangan lupa untuk mengabadikannya dengan kamera Drone.

Melihat penyu di kawasan Pulau Maspari

Rencanakan perjalanan Anda dengan baik dan pastikan kedatangan Anda bertepatan dengan musim penangkaran penyu. Jika beruntung, Anda mungkin melihat penyu berjalan santai di sepanjang pantai setelah bertelur.

Snorkeling Dan Menyelam

Keajaiban bawah laut di sekitar Pulau Maspari Ogan Komering Ilir tidak boleh Anda lewatkan. Kegiatan seperti Snorkeling Dan Menyelam menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menjelajahi lebih jauh kehidupan bawah laut yang penuh dengan terumbu karang dan air laut yang jernih.

penangkapan ikan

Bersantai dan memancing adalah aktivitas ideal di pulau ini. Kehadiran terumbu karang yang luas menjamin Anda bisa menangkap banyak ikan.

berkemah

Jika suatu saat Anda merasa belum cukup menjelajahi semua keindahan tempat ini. Anda juga bisa berkemah dan bermalam di area tersebut.

Selain akomodasi, Anda juga bisa membawa perlengkapan berkemah sendiri dan jangan lupa untuk mengambil foto matahari terbit Dan matahari terbenam Di sana.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas Pulau MaspariFoto: Google Maps/Faisal Hadi

Untuk menambah kenyamanan pengunjung, pemerintah setempat telah menyediakan berbagai fasilitas.

Fasilitas umum antara lain tempat perkemahan, penginapan, toilet dan beberapa warung makan.

Meski pulau ini tidak berpenghuni, namun pemerintah menyediakan rumah dan pos penjagaan sebagai sumber informasi bagi pengunjung.

Keunikan Pulau Maspari yang beragam menjadikannya layak untuk disebutkan Permata tersembunyi.

Kehadiran fasilitas yang memadai dan potensi aktivitas wisata yang luar biasa menjadikannya destinasi liburan berharga pilihan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button