Tempat Wisata

Pulau Mengkudu: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

p;Sekilas, nama pulau ini memang terlihat unik karena menggunakan nama buah. Pulau Mengkudu merupakan destinasi yang banyak diminati para pecinta wisata alam. Pulau di Provinsi Lampung ini memiliki wisata bahari yang mengesankan. Jadi jangan lewatkan pulau ini jika anda berkunjung ke kota Lampung di ujung timur.

Pulau Mengkudu banyak menarik perhatian para pecinta wisata bahari. Pulau ini bisa menjadi pereda stres yang efektif saat Anda lelah dengan rutinitas. Pulau ini juga memiliki akses jalan yang relatif mudah dari ibu kota.

Lokasi Pulau Mengkudu

Pulau NoniSumber Pulau Mengkudu : instagram.com/eloknindasari/

Pulau dengan banyak terumbu karangnya yang indah ini terletak tepat di Desa Batu Balak, Kecamatan Raabasa, Lampung Selatan. Kabupaten ini juga dikenal sebagai pintu gerbang Provinsi Lampung.

Ada pelabuhan Bakauheni, tempat kapal penumpang dari pulau Jawa berlabuh. Khususnya bagi yang berangkat dari titik awal Pelabuhan Merak di Pulau Jawa. Oleh karena itu, tidak heran jika lokasi pulau ini cukup mudah dijangkau.

Biaya masuk ke pulau Noni

Jika anda sedang mencari tempat wisata murah di lampung berikut harganya :

  1. Biaya masuk: Rp 10.000
  2. Penjemputan atau pengiriman dengan kapal: Rp35.000
  3. Penjemputan atau pengiriman dengan kapal: Rp 25.000

(Diperbarui Maret 2023)

Jam Operasional di Pulau Noni

Tak jauh berbeda dengan pulau eksotik lainnya, jam operasional pulau ini juga cukup fleksibel. Artinya pengunjung bisa datang kapan saja karena pulau ini buka 24 jam.

Peta lokasi pulau Mengkudu

Fasilitas Pulau Mengkudu

Meski perlengkapannya tidak selengkap objek wisata lainnya, pengunjung tetap akan merasa nyaman. Beberapa fasilitas yang ada di pulau ini adalah sebagai berikut.

1. Toilet umum

Pengunjung dapat menggunakan toilet yang cukup bersih di lokasi ini. Hal ini tentu saja penting untuk diperhatikan karena toilet merupakan salah satu fasilitas dasar yang dibutuhkan di setiap lokasi. Tak terkecuali jika berbicara tentang tempat wisata pulau ini.

2. Masjid

Pengunjung yang ingin beribadah dapat melakukannya di musala yang terletak di seberang pulau. Tempatnya cukup bersih dan tidak terlalu sempit. Jadi kegiatan liburan dengan tempat ibadah lebih tenang.

3. Paviliun

Kehadiran gazebo akan membuat waktu luang Anda semakin sempurna. Anda dapat bersantai di sekitar pulau sambil merenungkan pemandangan yang menakjubkan di sekitar. Paviliun ini sering menjadi tempat favorit pengunjung yang ingin menghabiskan waktu luangnya dengan santai.

Tempat-tempat menarik di pulau Noni

Foto Pulau MengkuduFoto Pulau Mengkudu Sumber : instagram.com/nindaoj.oje/

Sebagai salah satu tempat wisata eksotis di Lampung, tempat ini memiliki daya tarik tersendiri. Tidak hanya airnya yang mempesona, lingkungan sekitarnya juga memanjakan mata.

Pulau ini sendiri berdekatan dengan objek wisata menarik lainnya yaitu Pantai Batu Lapis. Pantai ini memiliki pantai berpasir putih yang luas dan indah. Maka jangan heran jika tempat ini akan mengingatkan pengunjung pada wisata Tanah Lot di pulau Bali.

Keunikan lain dari tempat ini adalah adanya jembatan pasir yang menghubungkan Pulau Mengkudu dengan Pulau Sumatera. Uniknya, jembatan ini hanya muncul saat air laut surut. Saat air laut tinggi, jembatan perlahan menghilang.

Aktivitas menarik di Pulau Noni

Keindahan Pulau MengkuduSumber Pulau Mengkudu : instagram.com/eloknindasari/

Berbagai aktivitas bisa dinikmati pengunjung di pulau ini. Berkat hal tersebut, momen liburan yang dilakukan tidak akan menjadi monoton. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Naik kano

Menjelajahi pulau-pulau eksotis bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi jika menggunakan kano sehingga bisa melihat panorama pulau lebih leluasa. Nah, itulah sensasi yang akan Anda dapatkan saat bersampan mengelilingi Pulau Mengkudu. Kegiatan ini tidak terlalu ekstrim sehingga bisa dicoba oleh berbagai kalangan.

2. Snorkling

Pecinta snorkling akan dibuat takjub dengan kekayaan laut di pulau ini. Mau bagaimana lagi, jernihnya air laut bisa memikat siapa saja. Di air jernih Anda dapat mengamati berbagai spesies ikan dan terumbu karang.

3. Mendayung di Papan Dayung

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan di pulau ini adalah paddle boarding. Memang sangat menarik untuk mencoba alat tersebut di pulau ini. Pengunjung juga bisa mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Bagi yang ingin berkunjung ke Lampung, tidak ada salahnya mampir ke tempat ini. Eksotisme pulau ini memanjakan mata dan bisa menjadi wish list Anda berikutnya.

Akomodasi di dekat pulau Noni

Pengunjung yang berencana untuk tinggal di Pulau Mengkudu untuk jangka waktu yang lebih lama tidak dapat tinggal dengan homestay. Dengan asumsi pengelola belum menyediakannya. Tak perlu khawatir, Anda bisa menginap dengan nyaman di hotel terdekat di pulau ini. Salah satunya adalah hotel di kawasan Pantai Krakatau Kahai. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pulau sehingga bisa menjadi pilihan tempat menginap.

Itinerary ke Pulau Mengkudu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk mencapai pulau ini cukup mudah. Selain itu, terdapat dua pilihan rute yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Pengunjung dapat memilih antara jalur darat dan laut, mana yang paling efektif.

1. Jalur darat

Meninggalkan Jakarta, Anda hanya perlu menyeberang melalui Pelabuhan Merak hingga tiba di Pelabuhan Bakauheni. Perjalanan dilanjutkan dengan kendaraan umum dan pribadi menuju Pulau Mengkudu. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 45 menit.

Berasal dari Kota Kalianda, medannya sebenarnya lebih berat dari jalur sebelumnya. Namun, waktu tempuhnya lebih singkat karena jaraknya hanya 30 km.

2. Jalur laut

Jalur kedua yang bisa dipilih adalah jalur laut. Rute ini relatif lebih mudah dan kondisi jalan tidak terlalu terpengaruh. Ada beberapa tempat di mana Anda bisa menyewa perahu di pantai Lampung Selatan. Anda bisa menyewanya agar bisa segera ke Pulau Mengkudu. Pelayaran ini hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

Sekilas dan Foto Pulau Mengkudu di Selatan Lampung

Pantai berbatu di Pulau NoniSuasana di Pantai Pulau MengkuduMatahari terbenam di Pulau NoniIkon pulau MengkuduPesona Pulau Mengkudu di selatan Lampung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button