Tempat Wisata

Pulau Mengkudu, surga laut tersembunyi yang eksotis di Lampung

Biaya Tur: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Totoharjo, Kec. Bakauheni, Kab.Lampung Selatan, Lampung; map: Cek lokasi

Pulau Mengkudu terletak di wilayah Lampung Selatan Provinsi Lampung. Merupakan salah satu destinasi wisata baru dengan luas pulau 2 hektar. Nama pulau ini berasal dari salah satu buah yang dulu banyak tumbuh di daerah tersebut, yaitu buah mengkudu.

Pengunjung yang ingin mengunjungi tempat ini dapat melakukan perjalanan melalui air atau darat. Setelah tiba di pulau, Anda akan melihat sekilas pepohonan bakau yang berjejer di bibir pantai.

Fasilitas di pulau ini membuat Anda merasa nyaman dan betah. Di bawah ini akan kami ulas informasi lengkap tentang Pulau Mengkudu, tempat wisatanya, fasilitasnya, dll.

Pemandangan pulau Noni

Pemandangan pulau NoniKredit foto: Google Maps Faisal Labib Zulfiqar

1. Pohon bakau

Daya tarik pertama yang bisa Anda temukan saat mengunjungi Pulau Mengkudu adalah pohon bakau. Pohon itu tumbuh di atas permukaan air. Hal ini membuat akar pohon menjadi lembab dan juga basah.

Di pohon bakau ini Anda akan menemukan ekosistem yang berbeda dari yang lain. Ikan-ikan yang bisa Anda temukan di kawasan ini cukup unik bentuknya. Anda akan menemukan banyak ikan berjalan di area lumpur.

Tentu Anda tidak akan bisa melihat hewan-hewan tersebut kecuali di kawasan mangrove. Jadi ini adalah pengalaman baru bagi Anda dan keluarga. Apalagi jika Anda datang ke tempat tersebut bersama anak-anak Anda. Jadi pemandangan itu adalah hal yang sangat menarik dan baru baginya.

2. Suasananya begitu tenang

Daya tarik terdekat yang bisa Anda dapatkan dari pulau ini adalah suasananya yang cenderung sepi. Padahal, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini belum terlalu ramai. Sehingga sangat cocok bagi anda yang mencari tempat wisata yang tenang jauh dari keramaian.

Selain itu, Pulau Mengkudu juga didukung dengan jarak yang cukup jauh dari desa. Anda tidak akan menemukan penduduk di pulau itu. Karena itu, keadaan pulau ini agak tenang.

Nanti Anda bisa bersantai di kawasan pantai. Di sana Anda dapat bersantai dan menikmati angin sepoi-sepoi. Suasana semakin indah saat mendengarkan suara deburan ombak laut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau MengkuduKredit Foto: Kebun Kecil Hidroponik Google Maps

Seperti disebutkan di atas, Anda dapat melakukan perjalanan darat atau laut untuk mencapai Noni. Pulau Mengkudu sendiri terletak di Kecamatan Bakauheni. Untuk jaraknya sendiri, tergantung jalur mana yang Anda pilih nantinya.

Jika Anda memilih untuk menyeberang ke sini dengan kapal yang berangkat dari Desa Kunjir, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 35.000 dan perjalanan memakan waktu 15-20 menit.

Tentunya jika menggunakan kapal laut, Anda bisa melihat keindahan pulau-pulau lain di tengah laut. Jika tiba melalui jalur darat, Anda bisa berangkat dari Pelabuhan Merak-Bakauheni yang kemudian menuju ke Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Menggunakan kendaraan pribadi menjadi pilihan yang tepat saat menggunakan jalur darat ini. Namun meski tidak membawa kendaraan sendiri, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum yang disediakan di sana.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau MengkuduSumber gambar: Google Maps Wike Oktafin

Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati keindahan Pulau Mengkudu mulai dari harga tiket Rp 10.000 per orang. Harganya pun sangat terjangkau bagi Anda yang memiliki dana terbatas selama berlibur di tempat ini.

Jika Anda membawa kendaraan sendiri, biaya parkir akan dikenakan kemudian. Biaya parkir mobil adalah Rp 5.000. Setelah memarkir kendaraan, Anda bisa menyeberang untuk menuju kawasan pulau.

Aktivitas menarik di pulau Mengkudu

Aktivitas di Pulau MengkuduKredit foto: Google Maps Wildan Hanief

1. Pasir timbul

Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Pulau Mengkudu ini. Salah satunya adalah menikmati pasir layang yang ada di sana. Tempatnya sendiri berada di ujung pulau dan menghubungkan pulau dengan daratan lain di dekatnya.

Daerah tersebut disebut formasi pasir karena tumpukan pasir melintasi lautan sehingga tampak seolah-olah naik dari permukaan air. Namun, saat air pasang, tempat wisata tersebut dipastikan akan tenggelam karena air mulai naik.

Namun saat air surut, pengunjung yang datang ke pulau cantik ini bisa melewati pasir. Tak sedikit wisatawan yang menabrak pasir hanya untuk berburu foto.

2. Berjemur

Kegiatan selanjutnya yang biasa dilakukan terutama oleh wisatawan mancanegara adalah berjemur. Aktivitas berjemur ini sebenarnya cukup menyehatkan. Karena meningkatkan penyerapan vitamin D dan juga menjaga kesehatan kulit Anda.

Untuk berjemur Anda dapat memilih jam dari jam 8 pagi hingga 11 pagi. Tetapi jika Anda berjamur, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya. Karena menggunakan tabir surya melindungi kulit dari sinar UV yang tidak baik untuk kulit.

3. Berenang dan bermain air

Karena ombak di Pulau Mengkudu, Lampung terbilang tenang, aktivitas bermain air atau berenang pun terasa aman. Kedalamannya juga cukup dangkal sehingga Anda bisa mempraktekkan aktivitas berenang ini dengan leluasa di kawasan pantai.

Jika ingin mencoba berenang di tempat yang lebih dalam di sini, Anda bisa mengarahkan pergerakannya ke area laut yang lebih jauh. Laut ini memang sangat mendukung aktivitas pengunjung untuk berenang di pantai. Bagaimanapun, keselamatan harus didahulukan.

4. Snorkeling

Aktivitas menarik di pulau MengkuduSumber gambar: Google Maps Siti Rusnavati

Contoh aktivitas seru terakhir yang juga bisa kamu lakukan di Pulau Mengkudu adalah snorkeling. Aktivitas yang satu ini wajib dilakukan saat mengunjungi pulau eksotis ini. Di lokasi ini, warga sekitar juga sudah menyediakan persewaan alat snorkeling.

Namun, untuk menyimpannya Anda bisa membawa sendiri dari rumah. Snorkeling di lepas pantai memungkinkan Anda menjelajahi keindahan dunia bawah laut pulau ini. Terumbu karang sangat beragam dengan ikan-ikan kecil berenang yang akan menemani Anda saat snorkeling.

5. Berburu foto

Aktivitas selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Pulau Mengkudu, Lampung adalah hunting foto. Tempat ini menjadi tempat yang menarik bagi anda yang suka mengabadikan momen.

Jadi pastikan Anda membawa kamera saat berkunjung ke tempat tersebut. Area pohon bakau yang eksotis dan pasir yang bermunculan menjadi spot foto yang sayang untuk dilewatkan saat berada di pulau ini.

Apalagi jika Anda datang pada sore hari. Maka Anda akan menemukan pemandangan yang jauh lebih menakjubkan. Panorama sunset menyuguhkan langit berwarna merah jingga yang mampu memukau mata Anda.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi murah dekat Pulau MengkuduKredit foto: Google Maps Econium

1. Wisma Sulphur Resort

Bagi Anda yang ingin menginap di kawasan dekat Pulau Mengkudu Lampung bisa menginap di Wisma Sulphur Resort. Harga sewa kamar penginapan ini cukup terjangkau, mulai dari Rp 150.000. Dengan biaya ini Anda sudah bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan.

2. Pantai Kahai

Penginapan berjarak sekitar 8 km dari kawasan wisata Pulau Mengkudu. Kebersihan kamar di hotel tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, pemandangan yang akan Anda dapatkan selama menginap di tempat ini juga sangat mempesona.

3. Hotel Kalianda

Rekomendasi hotel terakhir untuk Anda menginap adalah Hotel Kalianda. Hotel Kalianda merupakan penginapan bintang 3 dan jarak ke tempat wisata sekitar 25 km. Lokasinya sendiri berada di tengah kota. Hal ini akan memudahkan Anda untuk nantinya menemukan lokasi hotel ini di Kalianda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan Pulau MengkuduKredit foto: Instagram Tempat Wisata di Lampung

Seperti disebutkan di atas, Pulau Mengkudu di Lampung sebenarnya tidak dihuni oleh masyarakat karena luasnya yang terlalu kecil. Meski begitu, fasilitas pulau ini terbilang lengkap. Masyarakat sekitar justru telah memperkuat pulau ini.

Anda tidak akan kesulitan menemukan toilet umum di pulau ini. Selain itu, umat Islam di antara Anda dapat berdoa di mushola yang disediakan. Gazebo yang dibuat di pinggir pantai juga sangat cocok jika Anda ingin beristirahat dan bersantai sambil melihat keindahan laut.

Anda tidak perlu repot membawa bekal karena di tempat ini juga terdapat warung makan. Jadi Anda bisa menikmati makan bersama keluarga sambil menikmati panorama pantai pulau yang eksotis ini.

Ini adalah gambaran lengkap tentang pesona Pulau Mengkudu di Lampung Selatan. Bagi Anda yang berkunjung ke Lampung Selatan, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi pulau ini. Di tempat ini nantinya kamu akan menemukan keindahan pohon bakau dan pasir layang yang bisa kamu abadikan melalui sebuah foto.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button