Tempat Wisata

Pulau Menjangan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Pulau Menjangan adalah salah satu bukti kekayaan alam negeri ini. Tak heran jika tempat wisata ini tidak hanya mengundang wisatawan lokal saja. Turis dari luar negeri juga datang dalam jumlah besar. Di tempat ini terdapat banyak tempat menarik yang tidak boleh dilewatkan. Saat anda berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mampir ke pulau ini.

Pulau ini menawarkan panorama pasir putih yang bersih. Pemandangan menakjubkan ditawarkan saat matahari terbit dan terbenam. Banyak yang mengabadikan momen tersebut dengan kamera yang mereka bawa.

Lokasi Pulau Menjangan

Pulau MenjanganPulau Menjangan Sumber: instagram.com/balichannel/

Lokasi tempat ini berada di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Berada tepat di Taman Nasional Bali Barat sehingga tempat ini perlu dilestarikan. Pulau yang berjarak 60 kilometer dari Lovina ini sebenarnya cukup mudah ditemukan.

Jika Anda berangkat dari pusat Kuta, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 3 jam. Jika Anda berangkat dari Denpasar, perjalanan memakan waktu sekitar empat jam.

Biaya masuk ke Pulau Menjangan

Harga tiket yang harus dikeluarkan untuk menikmati keindahan pulau ini relatif murah. Berikut daftar harganya:

  1. Biaya masuk untuk penduduk: Rp 15.000/orang
  2. Biaya masuk untuk orang asing: Rp 200.000/orang

(Diperbarui Maret 2023)

Jam Operasional Pulau Menjangan

Tidak jauh berbeda dengan wisata pulau lainnya, pengunjung juga bisa berkunjung ke pulau ini dengan waktu yang fleksibel. Tak disangka pulau ini sebenarnya buka 24 jam sehari.

Peta lokasi pulau Menjangan

Fasilitas Pulau Menjangan

Sebagai bagian dari kekayaan alam nusantara, fasilitas yang tersedia di pulau ini sangat memadai. Fasilitas yang dapat ditemukan antara lain akomodasi, restoran, bar, dll.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa peralatan scuba yang bisa dipilih sesuai budget. Layanan tambahan sudah termasuk dalam harga paket menyelam ini. Ini termasuk penyewaan perahu, asuransi, pemandu dan peralatan snorkeling.

Tempat menarik di pulau Menjangan

Foto Pulau MenjanganFoto Pulau Menjangan Sumber: instagram.com/iamandyna/

Pulau ini merupakan salah satu pulau dengan panorama bawah laut terbaik di Indonesia. Selain itu, pantai berpasir putih di pulau ini masih begitu alami. Begitu juga keanekaragaman biodiversitas laut yang begitu luas.

Nama pulau ini sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti kijang atau rusa jantan. Nama itu diberikan karena pada waktu tertentu kawanan rusa akan datang ke tempat ini. Sayangnya, jumlah rusa liar di pulau itu semakin lama semakin berkurang.

Hal ini pula yang menjadi alasan pemerintah daerah menetapkannya sebagai Taman Nasional Bali Barat. Upaya konservasi ini dilakukan agar keberadaan rusa liar dan kekayaan laut tidak punah di pulau ini.

Aktivitas Menarik di Pulau Menjangan

Jika Anda sudah berencana mengunjungi pulau ini, jangan lupakan berbagai aktivitas menarik. Dengan begitu, pengunjung tidak akan bosan. Kegiatan yang direkomendasikan termasuk menyelam dan snorkeling.

Selain itu, pulau ini terkenal dengan wall divingnya. Wall diving sendiri merupakan kegiatan menyelam di kedalaman bawah laut. Kedalamannya berkisar antara 20 hingga 60 meter, bahkan seringkali lebih.

Menariknya, pulau ini juga kaya akan berbagai jenis terumbu karang. Pengunjung dapat melihatnya di kedalaman 10 meter. Ada berbagai spesies ikan layar gorgonian di tempat ini. Selain itu didukung dengan kondisi air yang tenang membuat pengunjung dapat melihat keindahan bawah laut dengan lebih jelas.

Keindahan Pulau Menjangan

Keindahan Pulau MenjanganPulau Menjangan Sumber: instagram.com/hildaayudya/

Pulau ini terkenal dengan keunikan terumbu karangnya, baik dari segi bentuk maupun formasinya. Formasi terumbu karang di pulau ini memiliki kedalaman sekitar 60 meter. Cetakannya berupa goa kecil dan goa besar.

Terumbu karang eksotis ini menjadi habitat bagi ikan kerapu besar, belut moray, karang lunak dan spesies lainnya. Bahkan ada kakap kecil dan batfish yang berenang di dekat gua-gua kecil ini. Spons barel dan kipas laut juga dapat ditemukan di dasar pulau ini. Ukurannya yang cukup besar, sehingga menjadi habitat bagi hewan laut lainnya.

Spesies lain yang ditemukan di sini termasuk angelfish, mackerel, tuna, penyu, hiu dan sebagainya. Keindahan lain di Pulau Mnejangan adalah bangunan pura, khususnya Pura Segara Gili Dharma Kencana. Kuil ini adalah salah satu simbol pulau eksotis ini dan karenanya wajib dikunjungi.

Itinerary ke Pulau Menjangan

Akses ke pulau ini sebenarnya cukup mudah. Anda bisa menempuh rute dari Kota Denpasar – Tabanan – Selemadeng – Pupuan – Seririt – Menjangan. Waktu tempuh untuk rute ini kurang lebih empat jam.

Di perjalanan Anda bisa melihat pemandangan hijau persawahan khas Bali. Air laut juga tampak berwarna biru cerah. Untuk perjalanan ini disarankan untuk menyewa mobil dengan supir. Jadi para pengunjung bersenang-senang untuk waktu yang lama.

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, Anda bisa mengambil rute dari Gilimanuk. Untuk menuju Pulau Menjangan, Anda perlu menyeberang dengan perahu dari Pelabuhan Lalang. Waktu tempuh untuk rute ini kurang lebih 30-45 menit. Selama perjalanan, mata Anda akan terkagum-kagum dengan pemandangan gunung berapi yang ada di Jawa Timur.

Pulau ini bisa menjadi tujuan yang tepat untuk mengunjungi Bali. Apalagi bagi mereka yang senang melihat panorama bawah laut. Liburan di Pulau Menjangan ini dijamin akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Gambar dan foto di Pulau Menjangan, Bali

Biota laut di Pulau MenjanganFasilitas lengkap di Pulau MenjanganAir laut yang tenang di pulau Menjangan, BaliTempat ikonik di pulau MenjanganSnorkling di Pulau Menjangan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button