Tempat Wisata

Pulau Merak Kecil, tempat terbaik menikmati panorama matahari terbenam di Cilegon

Pulau Merak Kecil adalah sebuah pulau kecil menawan di Cilegon, Banten. Karena keindahan pantainya yang mempesona, pulau ini bisa dijadikan destinasi wisata bahari yang menarik.

Biaya tur: Mulai dari Rp 10.000, Jam beroperasi: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon, Banten; Map: Periksa lokasinya

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk berlibur. Salah satu tempat wisata dengan pemandangan yang indah dan menyegarkan adalah mengunjungi pulau ini. Salah satunya Pulau Merak Kecil di Kota Cilegon, Banten. Dalam tur ini Anda akan menemukan berbagai tempat menarik yang menambah rasa penyembuhan.

Di pulau cantik ini wisatawan bisa menikmati keindahan pantai menarik dengan pasir putih dan laut biru yang tenang. Wisatawan bisa menghilangkan rasa bosannya dengan pemandangan indah ini. Di dalamnya juga terdapat berbagai wahana dan fasilitas.

Bagi yang bosan dengan hiruk pikuk perkotaan, cocok sekali mengunjungi tempat ini. Lalu apa saja atraksi, harga tiket, dan lokasinya? Daripada menunggu terlalu lama, simak penjelasannya di bawah ini.

Hotel murah di Cilegon

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Merak Kecil

Daya Tarik Pulau Merak KecilFoto: Google Maps/Robita Annisa

Ada banyak tempat wisata di sini yang layak untuk dipertimbangkan, antara lain sebagai berikut:

✦ Manfaat pasir putih yang indah

Hal pertama yang dirasakan wisatawan saat memasuki pulau ini adalah bisa merasakan indahnya pasir putih. Pasirnya yang putih memiliki tekstur yang halus sehingga terlihat nyaman saat diinjak. Selain pasir putihnya, juga terdapat pepohonan rimbun yang melengkapi keindahan pulau ini.

Keindahan pulau ini juga bisa dikagumi dari Pantai Mabak yang terletak di dekat pulau. Pulau Merak Kecil merupakan pulau yang tidak berpenghuni sehingga hanya dijadikan sebagai objek wisata saja. Namun banyak orang yang tertarik mengunjungi tempat ini karena pemandangannya yang indah.

Belum lagi diiringi pohon kelapa, ketapang, dan semak belukar yang membuat pemandangan semakin indah.

✦ Udara bersih

Meski tidak ada penduduknya, wisatawan juga bisa bersenang-senang berkemah di pulau ini. Namun, Anda tentunya perlu membawa perlengkapan sendiri untuk merasakan sensasi berkemah di alam. Wisatawan juga akan merasa lebih nyaman karena udaranya yang sejuk dan bersih.

Tiket Trans Studio Mini Cilegon

✦ Ada penyelam koin yang unik

Sebelum menyeberang ke Pulau Merak Kecil, wisatawan biasanya menunggu perahu. Saat ini para wisatawan dihibur oleh para penyelam koin. Penyelam koin adalah anak kecil yang pandai berenang mencari uang. Mereka biasanya menggunakan peralatan seadanya sambil menunggu wisatawan melempar koin ke laut.

Menariknya, anak-anak ini kemudian menyelam dan mengambil uang tersebut tanpa alat khusus sehingga terlihat lebih menarik. Pemandangan budaya unik ini menjadi suatu kesenangan tersendiri bagi wisatawan.

✦ Jam operasional fleksibel

Meski merupakan objek wisata alam yang tersedia 24 jam sehari, namun tempat ini tidak bisa dikunjungi wisatawan pada waktu-waktu tertentu. Pembatasan wisatawan di Pulau Merak Kecil berlaku hingga pukul 17.00 atau 17.00. Hal ini mengingat perahu sebagai dermaga perjalanan menuju pulau tersebut hanya berhenti ketika waktu operasional telah habis.

Oleh karena itu, pengunjung harus menyesuaikan jam buka tersebut untuk sampai ke sana. Namun lain halnya ketika wisatawan sebenarnya ingin berkemah: mereka tidak perlu khawatir dengan jam buka untuk datang ke pulau ini. Sebab, wisatawan bisa menggunakan perahu tersebut keesokan harinya.

Tur Pulau Sangiang 2D1N dari Anyer

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau Merak KecilFoto: Google Maps/Djell Achmad

Bagi yang penasaran dengan keberadaan Pulau Merak Kecil, sebenarnya terletak di perairan Selat Sunda, Cilegon, Banten. Di tempat ini wisatawan bisa merasakan keindahan laut dan melakukan aktivitas pantai. Contohnya mulai dari menyelam, berenang hingga snorkeling.

Untuk mencapai tempat ini Anda perlu menggunakan perahu sewaan dari dermaga. Letaknya di belakang Polsek Pulomerak.

Biaya Tour ke Pulau Merak

Sebelum berwisata ke pulau ini, ada baiknya mempersiapkan biayanya agar tidak ketinggalan. Bagi yang ingin ke sana, diperlukan pembayaran tiket. Tiket ini dibuat dengan tujuan untuk menjaga lingkungan. Harga tiket yang dibayarkan wisatawan nantinya akan digunakan untuk pemeliharaan kawasan pulau ini.

Selain biaya masuk, wisatawan juga mengenakan biaya tambahan untuk mengakses pulau ini yaitu membayar biaya perahu. Namun tidak perlu khawatir karena tiket masuknya cukup murah dan terdiri dari beberapa kualifikasi untuk tiket masuk tersebut. Pendaftaran camping pelajar dikenakan biaya Rp 10.000 dan pendaftaran camping umum dikenakan biaya Rp 20.000.

Kemudian biaya perahu sebesar Rp 30.000 dan biaya perahu dari keberangkatan hingga kepulangan sebesar Rp 15.000. Setelah melihat harga tiket masuknya, tentu Anda akan mengira bahwa harganya relatif murah, sehingga wisatawan dapat dengan mudah mempersiapkan biaya tersebut jika berencana ke sana.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Merak KecilFoto: Google Maps/Dinda Radita

Lalu apa saja yang bisa ditemukan wisatawan saat berkunjung ke tempat ini? Jangan salah, ada banyak kegiatan menyenangkan. Berikut ringkasannya:

1. Jalan-jalan seru ke Pulau Merak Kecil

Sesuai dengan namanya, pulau ini tergolong kecil, hanya berukuran sekitar 1 hektar. Artinya wisatawan bisa dengan mudah menjelajahi seluruh pulau dalam waktu kurang dari dua jam. Wisatawan bisa memulainya dengan menjelajahi Pulau Merak Kecil secara baik dan berjalan-jalan di sekitar kawasan berpasir di tepi pantai. Atau jelajahi bagian dalam pulau.

2. Menikmati indahnya pemandangan sore dan matahari terbenam di tepi pantai

Hal menarik berikutnya dari Pulau Merak Kecil adalah pemandangan dramatis di malam hari. Wisatawan juga bisa menikmati matahari terbenam dan mengabadikannya dengan kamera ponsel. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk membagikannya di media sosial sehingga terlihat semakin terlihat.

Pemandangan sore ini juga bisa dinikmati dari banyaknya kapal dan perahu yang melewati pulau ini sehingga terlihat mempesona. Kembalinya perahu nelayan juga menjadi pemandangan yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

3. Serunya camping di pulau

Wisatawan bisa mendirikan tenda ini di pinggir pantai dengan pemandangan pepohonan yang indah. Dengan melakukan perkemahan di tempat ini, wisatawan dapat merasakan suasana alam pada pagi, siang, dan malam hari. Deburan ombak dan suara alam di pulau ini akan menambah rasa ketenangan yang damai. Namun jika ingin bermalam di pulau ini, wisatawan perlu menyiapkan penerangan yang cukup dan air bersih karena minimnya penerangan di pulau ini.

4. Berenang di sekitar pantai

Aktivitas lain yang bisa Anda nikmati adalah berenang di pantai. Perlu diketahui bahwa ombak di sini tidak terlalu tinggi sehingga wisatawan dapat menikmati wisata air di sekitar pantai. Misalnya saja berenang atau sekedar bermain air di pinggir pantai.

Airnya yang jernih dan ombaknya yang tidak terlalu besar membuat tempat ini sangat cocok dijadikan tempat wisata tepi laut. Namun jika Anda berencana untuk berenang, demi keamanan ada baiknya Anda menyiapkan jaket pelampung sendiri dan menghindari berenang di dekat dermaga karena dapat mengganggu perahu yang lewat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau Merak KecilFoto: Google Maps/Van Fanibha

Terdapat berbagai akomodasi di pulau ini yang bisa dijadikan tempat menginap wisatawan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin berlibur ke Pulau Merak Kecil.

Terdapat tenda dan homestay untuk menginap, serta wisatawan dapat menemukan berbagai warung makan yang lezat. Warung ini menjual makanan laut segar sehingga tampilannya semakin menarik.

Pulau Merak Kecil dapat dijadikan objek wisata yang menarik meski tidak memiliki fasilitas yang lengkap. Namun wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan terawat sehingga terkesan lebih menyatu dengan alam.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button