Tempat Wisata

Pulau Monyet, surga laut tersembunyi dan eksotik di Kupang

Pulau Kera, surga laut eksotis Kupang, menawarkan pengalaman snorkeling tak terlupakan di perairannya yang mempesona.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Desa Uiasa, Kecamatan. Semau, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasinya

Pulau Kera merupakan salah satu tempat rekreasi alam di Kupang yang memanjakan mata. Wisatawan yang menikmati liburan akhir pekan dapat memanfaatkan pulau ini sebagai tempat bertemunya kerabat.

Selain itu, Anda akan disuguhi sejumlah pantai indah selama berada di pulau ini. Hal ini menarik para tamu untuk berkunjung ke kawasan tersebut.

Berbagai aktivitas bisa dilakukan pengunjung, terutama saat mencoba menikmati kesegaran air. Laut di kawasan pulau masih alami karena tidak tercemar sampah.

Faktanya, pulau ini masih belum banyak menarik perhatian masyarakat luar daerah. Anda yang datang ke sini pasti akan merasa seperti berada di pulau pribadi, apalagi karena warna pasir dan airnya yang begitu bersih.

Kebersihan tempat selalu menjamin para tamu merasa nyaman di Pulau Monyet. Apalagi suasana di sekitar pulau terasa sejuk karena banyak terdapat tanaman seperti bakau, kelapa, dan perbukitan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Destinasi alam yang satu ini memang cocok bagi Anda yang ingin mengajak rombongan keluarga. Tempatnya yang luas dan jauh dari keramaian membuat semua orang betah.

Daya tarik Pulau Monyet

Alamat Pulau MonyetFoto oleh Carine di Google Maps

Pariwisata yang bagus

Pulau Monyet memiliki berbagai jenis tanaman yang terlihat cukup subur. Tanaman hijau ini mampu membuat suasana menjadi lebih sejuk dan asri.

Saat cuaca panas, wisatawan bahkan bisa duduk-duduk di bawah pohon untuk berteduh. Angin dan suara deburan ombak membuat wisata istirahat semakin lengkap.

Perbukitan yang terlihat hijau bisa dinikmati karena berhadapan langsung dengan pulau. Keberagaman keindahan ini akan terkuak dari pagi hingga sore hari. Bukit tersebut tidak terlihat jelas pada malam hari karena matahari perlahan terbenam. Anda bisa mengajak keluarga untuk berfoto di tengah keindahan alam.

Pantai yang eksotis

Pantai-pantai di Pulau Monyet menawarkan keindahan tersendiri yang menambah daya tarik destinasi ini. Hamparan pasir putih pantainya yang luas terasa sangat halus dan sering dijadikan tempat duduk santai. Bagi sebagian orang yang ingin melihat matahari terbenam di pulau ini, pantai berpasir ini adalah tempat terbaik.

Birunya air laut yang terlihat dengan mata telanjang membuat Anda ingin berenang dan snorkeling. Biota lautnya sangat terjaga dan sering muncul di permukaan laut yang rendah.

Pantai eksotik ini masih jauh dari sampah karena belum banyak terjamah wisatawan. Sehingga kejernihan airnya tidak akan mengecewakan Anda jika dilihat dari dekat.

Kebersihan Pulau Monyet

Diketahui, masih ada kawasan di pulau indah dan alami ini yang masih bersih. Lahan yang luas selalu dijaga dengan baik agar tidak ada sampah yang berserakan. Air laut, pasir, dan joknya terlihat bersih.

Wisatawan diharapkan merasa nyaman saat berkunjung karena setiap sudutnya menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata. Bahkan panorama alam pun bisa Anda nikmati dengan mata telanjang karena destinasinya dijamin bersih.

Alamat dan rute menuju lokasi

Biaya tur ke Pulau MonyetFoto oleh Carine di Google Maps

Pulau Monyet terletak tepat di Desa Uiasa, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Lokasi destinasi alam ini diapit oleh Pulau Semau dan Timor.

Seluruh tamu yang ingin datang ke pulau ini tidak perlu khawatir karena tempat wisatanya cukup mudah untuk dijangkau. Penyewaan perahu atau speedboat tersedia di sana untuk mengantarkan Anda ke objek wisata unik ini.

Pelabuhan perikanan Oeba menjadi jalur pertama yang harus dilalui pengunjung. Bagi anda yang datang dari kota Kupang, perkiraan waktu tempuhnya adalah 2 jam.

Biasanya pusat kota menyediakan akses dan angkutan umum ke pelabuhan. Wisatawan juga bisa melakukan perjalanan dengan mobil atau sepeda motor saat berwisata ke pelabuhan ini.

Jika Anda sudah menyewa perahu di pelabuhan, Anda akan didampingi oleh petugas. Hanya dalam beberapa menit, para tamu dapat mencapai pulau dan menjelajahi beberapa pantai.

Laut lepas yang Anda seberangi menawarkan keindahan yang memikat hati. Jika sudah selesai berkunjung, wisatawan juga dapat kembali ke pelabuhan dengan menggunakan kapal umum atau pribadi.

Biaya masuk dan jam buka

Pulau Monyet Kupang menjadi tempat wisata hits dan sering dijadikan tempat rekreasi para wisatawan. Perkiraan biayanya tidak terlalu mahal karena sebanding dengan keindahan pantai di pulau tersebut.

Jika bepergian dengan kapal laut, Anda perlu mengeluarkan budget sebesar Rp 200.000 hingga 300.000 tergantung jenis yang disewa tamu. Beberapa pantai di Pulau Monyet disediakan gratis oleh pihak pengelola. Namun ada juga pantai yang berbayar mulai dari Rp 5.000.

Wisatawan yang membawa kendaraan ke pelabuhan juga akan dikenakan tarif mulai dari Rp5.000 tergantung lama penyimpanan. Sepeda motor dan mobil dapat diparkir di tempat parkir pelabuhan.

Saat berlibur ke destinasi wisata, masih jarang kita jumpai warung makan yang menjual kuliner khas. Wisatawan juga harus menyiapkan makanan sendiri untuk menghemat uang.

Penyewaan peralatan bermain air juga masih terbatas di setiap pantai. Sehingga bujet yang dibutuhkan untuk berlibur tidak menguras kantong dan traveler bisa bertemu dengan sanak saudaranya.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pulau MonyetFoto oleh Viancho Koko di Google Maps

1. Temukan

Pulau Monyet yang memiliki sejumlah destinasi pantai indah pastinya patut untuk dikunjungi. Wisatawan bisa menjelajahi setiap pantai dengan perahu sewaan.

Sesampainya di pulau ini Anda bahkan bisa menjelajahi pantai dengan berjalan kaki. Kegiatan ini sering dilakukan karena kurang lengkap rasanya jika tidak melihat seluruh pantai yang ada di sana.

2. Abadikan momen tersebut

Anda bisa mengabadikan momen liburan Anda di pulau ini dengan foto. Ada banyak lokasi unik yang bisa dimanfaatkan pengunjung saat berlibur.

Bahkan hamparan air laut dan pasir putih yang luas menjadi tempat yang tak pernah sepi karena dijadikan sebagai latar belakang. Wisatawan dapat mempersiapkan ponselnya untuk mengabadikan momen indah.

3. Memancing

Pulau mempesona ini terkenal kaya akan biota laut, khususnya ikan. Wisatawan kerap membawa peralatan memancing untuk menangkap ikan.

Terdapat tempat khusus jika ingin melakukan aktivitas ini dengan duduk-duduk di tepi pantai. Ikan hasil tangkapan di sana bisa Anda bakar untuk dinikmati bersama keluarga karena biota yang masih segar.

4. Snorkeling di Pulau Monyet

Pulau Monyet Kupang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Bagi wisatawan yang sudah memiliki pengetahuan menyelam dapat menyiapkan perlengkapan untuk snorkeling.

Berbagai spesies ikan, karang, dan makhluk lainnya memastikan Anda merasa betah saat menyelam. Selain itu, ombaknya juga tidak cukup besar untuk mendukung aktivitas tersebut.

5. Berenang

Wisatawan yang suka berlibur bisa merasakan kesegaran air laut sambil berenang. Ombaknya yang tenang tidak akan merugikan Anda saat bermain air.

Para tamu dapat membawa pakaian ganti dan jaket pelampung untuk memudahkan berenang. Nikmati kesegaran air sambil memandangi indahnya panorama pulau yang dikelilingi perbukitan dan pepohonan.

6. Piknik

Di sekitar pulau terdapat rumah-rumah rakyat yang menjual makanan dan minuman khas. Namun jika traveler ingin membawa bekal, diperbolehkan.

Biasanya sebagian orang menyiapkan oven dan bahan makanan mentah untuk dimasak di area tersebut. Selain itu, ada juga yang membawa tikar karena ingin piknik di pulau bersama keluarga.

7. Bermain dengan pasir

Pulau Monyet Murni menawarkan pantai berpasir di setiap pantainya. Pasirnya yang bersih membuat wisatawan ingin menghabiskan waktu dengan bermain bola voli.

Selain itu, bagi anda yang mengajak anak-anak bisa membawa cetakan pasir. Jadi jangan lewatkan bermain di pasir halus ini selama berkunjung agar tidak bosan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau MonyetFoto oleh Kiki Irianto di Google Maps

Pulau Monyet masih minim fasilitas karena wisatanya belum terlalu banyak dikunjungi orang. Ada banyak persewaan perahu di pelabuhan yang akan membawa Anda ke pulau itu.

Tempat parkir juga disediakan oleh pihak pengelola untuk memudahkan para tamu menemukannya. Lahan yang luas tentunya bisa dijadikan tempat parkir segala jenis kendaraan.

Terdapat mushola di beberapa pantai yang bisa digunakan semua wisatawan. Tempat ibadahnya tidak terlalu besar, tapi bersih.

Terdapat toilet umum lengkap dengan ruang ganti di setiap area pulau. Bahkan, kebersihannya terjamin dan air yang mengalir di toilet cukup jernih sehingga membantu para pemudik.

Ada banyak kursi yang menghadap ke air laut untuk bersantai. Di beberapa rumah warga, makanan dijual meski tidak dalam jumlah banyak.

Penyewaan fitur perairan di kawasan pulau ini belum terlalu lengkap. Jadi Anda bisa membawa perlengkapan sendiri dari rumah, mulai dari rakit atau permainan voli pantai.

Itulah beberapa informasi mengenai Pulau Monyet di Kupang yang bisa dijadikan pilihan tempat untuk dikunjungi. Anda bisa datang bersama kerabat dekat karena pulau indah ini bisa digunakan untuk aktivitas seru.

Pengunjung juga harus menjelajahi beberapa pantai yang tersebar luas di kawasan tersebut. Hal ini membuat liburan Anda tak terlupakan, apalagi jika tertangkap kamera.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button