Tempat Wisata

Pulau Mursala, pulau unik yang dikelilingi pasir putih mempesona di Sibolga

Ternyata lokasi syuting film King Kong berada di salah satu pulau di Indonesia yaitu di pulau Mursala Sibolga. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja keindahan tersebut.

Biaya tur: Dari Rp 1.300.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Banyan City, Kec. Kota Sibolga, Kota Sibolga, Sumatera Utara; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Siapa yang tidak kenal dengan film Hollywood King Kong? Film ini sudah sangat populer dan tentunya sudah dikenal banyak orang. Ternyata salah satu kawasan di tengah Tapanuli dijadikan lokasi syuting film King Kong, yaitu Pulau Mursala. Indonesia memiliki banyak keindahan alam yang sangat dibanggakan.

Tapanuli Tengah memang didominasi oleh batas geografis berupa laut. Bahkan Kabupaten Tapanuli Tengah sendiri memiliki 33 pulau yang tersebar di wilayah laut Samudera Hindia. Oleh karena itu, tidak heran jika kabupaten di Sumatera Utara ini pantas menyandang predikat “destinasi wisata bahari yang sangat indah”.

Sering disebut sebagai Pulau Mansalaar, pulau ini merupakan pulau terbesar di Tapanuli tengah. Luasnya hampir 8.000 hektar dan dikelilingi oleh pantai pasir putih yang indah. Struktur tanah di kawasan pulau yang menakjubkan ini terdiri dari perbukitan dengan dasar lumpur yang kemudian ditumbuhi tanaman bakau.

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Mursala

Objek Wisata Pulau Mursala SibolgaFoto: Twitter/Juferdy

Pulau Mursala terkenal dengan pemandangan panorama laut dan keindahan pantai yang mempesona. Selain itu daya tariknya mampu menarik produser film dari King Kong dan menjadikannya sebagai lokasi syuting.

Sebagai warga negara Indonesia, tentunya kita patut berbangga akan hal tersebut. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki Pulau Mansalaar atau Mursala:

✦ Air terjun jatuh langsung ke laut

Salah satu keunikan yang sangat populer di Pulau Mursala adalah air terjun yang mengalir ke tengah laut. Bentuk air terjun ini sangat jarang ditemukan di tempat lain dan karenanya unik di pulau yang mempesona ini. Banyak wisatawan dari berbagai negara berbondong-bondong untuk melihat fenomena alam yang menakjubkan ini.

Airnya mengalir ke laut dengan panjang sekitar 70 meter dan mengalir di atas bebatuan granit di tebing pulau. Air Terjun Mursala selalu mengalir atau tidak pernah padam sepanjang musim. Hanya saja limpasan air berkurang saat musim kemarau dimulai. Sumber airnya berasal dari puncak tebing Mursala yang dipenuhi pepohonan rindang.

✦ Keindahan bawah laut dan pantainya

Pulau yang berada di tengah Tapanuli ini menyuguhkan pemandangan laut yang sangat eksotik. Sayangnya, pemandangan bawah laut ini hampir tidak diketahui wisatawan. Meski demikian, wisatawan yang belum pernah snorkeling sangat terkesan dengan pemandangan bawah lautnya. Yang tak kalah mempesona adalah keindahan pantai dengan panorama bawah lautnya.

Perpaduan bebatuan granit berwarna merah kecokelatan dan pepohonan hijau yang mengelilinginya merupakan kombinasi yang pas. Bentang alam Pulau Mansalaar cukup misterius untuk menarik banyak wisatawan.

✦ Lokasi film di King Kong

Daya tarik berikutnya adalah dijadikan sebagai lokasi syuting film King Kong tahun 2005. Berkat film ini, banyak orang dari berbagai negara bisa menikmati keindahan Pulau Mursala di layar lebar. Banyak wisatawan yang pertama kali menonton film kemudian ingin datang langsung menikmati keindahan tempat tersebut.

✦ Legenda Putri Runduk

Bukan hanya film King Kong yang membuat banyak orang ingin datang. Di Pulau Mansalaar juga terdapat legenda yang cukup menarik yaitu Putri Runduk. Konon air terjun ini merupakan tempat bermain seorang putri. Putri Runduk adalah permaisuri Raja Jayadana yang memerintah kerajaan Islam, Kerajaan Barus Jaya saat itu.

Sang putri sangat cantik dan diadopsi oleh Raja Janggi dari Sudan. Mursala sendiri menjadi nama pulau yang kemudian menjadi tempat pelarian Putri Runduk.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau Mursala SibolgaFoto: Facebook/Jelajahi Sumatera Utara

Terletak di Kec, Pulau Mursala bisa dikunjungi. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, tepatnya di barat daya Sibolga. Wisatawan yang menggunakan jalur penerbangan dapat menuju ke Dr. Ferdinand Lumban Tobing Tobing turun. Setelah itu perjalanan dapat dilanjutkan dengan kendaraan bermotor menuju pelabuhan Sibolga.

Rute yang bisa Anda tempuh adalah melalui Jalan Lintas Sumatera Barat lalu ke Jalan Horas untuk menuju Pelabuhan Sibolga. Sedangkan jika wisatawan menggunakan jalur darat, bisa dimulai dari Kota Sibolga melalui Jalan Diponegoro. Setibanya di pelabuhan, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju penyeberangan menuju pulau tujuan.

Biaya wisata pulau

Padahal, tidak ada biaya masuk untuk masuk ke tempat wisata tersebut. Namun, wisatawan tetap harus menyediakan uang untuk tiket penyeberangan. Tarif penyeberangan sekitar Rp 1.300.000. Waktu tempuh di penyeberangan sekitar 1 hingga 3 jam.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Kegiatan di Pulau Mursala SibolgaFoto: Twitter/Bepergian

Kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan selama berkunjung antara lain:

1. Snorkling

Snorkeling di pulau Mursala adalah hal yang sangat diinginkan wisatawan. Karena wisata bahari atau pemandangan alam bawah lautnya sangat mengesankan. Air laut di sini masih sangat murni sehingga tidak tercemar sehingga tidak heran jika pemandangan bawah lautnya sangat indah.

2. Berburu foto di Pulau Mursala

Tentunya tidak boleh melewatkan liburan kemanapun, hunting foto tidak boleh dilewatkan. Sayang jika melewatkan sesi hunting foto, apalagi saat berlibur di pulau yang sangat mempesona ini. Keindahan pulau ini memungkinkan banyak spot foto yang mempesona dan instagramable.

Meski judulnya liburan di suatu destinasi, tapi spot fotonya sudah banyak. Beberapa ide spot foto antara lain latar belakang pepohonan atau hutan yang rimbun, pantai berpasir putih, air terjun, dan lainnya.

3. Berpiknik dan nikmati pemandangannya

Oleh karena itu, luas pulau ini cukup luas, sehingga banyak area yang ditemukan dapat digunakan untuk piknik. Kegiatan piknik ini akan sangat menghibur dan cocok untuk bersantai bersama teman atau keluarga. Anda tidak perlu membawa bahan makanan dari rumah, Anda bisa membelinya di warung makan terdekat.

4. Berjemur di pantai

Tentunya destinasi wisata pulau ini memiliki pantai yang bisa digunakan untuk berjemur. Kegiatan yang satu ini banyak dilakukan oleh wisatawan yang datang dari luar negeri. Berjemur sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan.

5. Jelajahi hutan

Di Pulau Mursala terdapat hutan tropis yang masih sangat asri. Wisatawan dapat mendaki di pulau ini untuk menikmati keindahan alam dan mungkin mengamati berbagai spesies flora dan fauna. Berjalan menyusuri hutan, wisatawan akan menjumpai beberapa titik yang karena keindahannya dapat dijadikan titik foto.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau Mursala SibolgaFoto: Twitter/hepatosit

Pulau yang digunakan sebagai lokasi syuting film “King Kong” ini sudah sangat populer di luar negeri. Oleh karena itu, perlu adanya fasilitas yang digunakan untuk menunjang kegiatan wisata berlibur. Berikut beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan:

  • Musholla
  • tempat peristirahatan umum
  • Akomodasi di dekatnya
  • rumah makan atau restoran
  • Penyewaan peralatan snorkling

Alasan Pulau Mursala begitu terkenal di luar negeri karena pernah dijadikan lokasi syuting film Hollywood. Tempat ini layak dikagumi karena pemandangan alamnya yang menakjubkan. Keunikan Air Terjun Mursala juga menjadi fenomena yang ingin disaksikan banyak orang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button