Tempat Wisata

Pulau Ndaa, pulau cantik dan spot favorit para snorkeler di Wakatobi

Biaya Tur: Mulai dari Rp 850.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Ndaa, Kab.Wakatobi, Sulawesi Tenggara; map: Cek lokasi

Di Sulawesi Tenggara, jangan lupa mampir ke Pulau Ndaa di Wakatobi. Letak pulau ini tidak terlalu jauh dari Pulau Tomia, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Jadi Anda bisa menggunakan transportasi laut atau udara untuk menuju ke sana.

Memang pulau ini sangat terkenal dengan eksotismenya yang tidak bisa dibandingkan dengan pulau-pulau lain di sana. Bahkan keindahan alam pulau ini menyerupai keindahan alam pantai-pantai di Karibia. Ukuran pulau ini lebih kecil dibandingkan pulau-pulau lain di wilayah perairan.

Meski merupakan pulau terkecil, Pulau Ndaa memiliki keindahan yang menyaingi pulau-pulau lainnya. Tidak hanya keindahan di darat, tetapi juga keindahan bawah air yang tidak kalah indahnya. Bahkan bagi pecinta snorkeling, pulau ini disebut sebagai surga snorkeling.

Pemandangan pulau Ndaa

Pemandangan Pulau NdaaSumber gambar: Google Maps Domenico Troian

Sangat tepat jika Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi Pulau Ndaa. Banyak sekali keindahan alam yang tersimpan disana yang tentunya jarang ditemukan di daerah lain. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa daya tariknya:

1. Pemandangan pulau yang indah

Disini kita menemukan keindahan alam yang sangat indah. Air lautnya berwarna biru jernih sehingga Anda bisa melihat dasarnya. Untuk keindahan pasir putih yang terbentang jauh, ditambah beberapa pohon yang menambah kesejukan pantai. Keindahannya memukau semua orang yang ada di sana.

2. Keindahan bawah laut

Tidak hanya tanahnya yang indah, tetapi juga interior laut Pulau Ndaa yang indah. Karena ada berbagai jenis biota laut yang bisa memanjakan mata kita. Jadi kita bisa menyelam atau berenang sambil menikmati pemandangan alam di laut.

Mulai dari ikan kecil berwarna-warni, terumbu karang, penyu hingga biota laut lainnya seperti scorpionfish dan masih banyak lagi. Jadi jika Anda memutuskan untuk pergi ke sana, jangan lupa membawa kamera bawah air agar bisa mengabadikan keindahan alam laut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pulau NdaaSumber gambar: Google Maps Domenico Troian

Pulau Ndaa masih dalam wilayah Taman Nasional Wakatobi. Letaknya tidak jauh dari Pulau Tomia. Untuk mencapai lokasi juga sangat mudah, karena wisatawan yang datang dari ibu kota Jakarta dapat menggunakan penerbangan langsung ke Bau-Bau atau ke Pulau Wakatobi di tenggara Sulawesi.

Sesampainya di Bau-Bau, perjalanan selanjutnya dapat dilanjutkan langsung melalui jalur laut menuju Pulau Tomia. Setibanya di Pulau Tomia, perjalanan dilanjutkan dengan speedboat menuju Pulau Ndaa. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi hanya sekitar 1 jam, kadang bisa lebih atau kurang tergantung kondisi cuaca.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau NdaaSumber gambar: Twitter BVoice radio

Untuk biaya transportasi menuju kawasan Pulau Ndaa, kita perlu menyiapkan anggaran biaya yang paling murah sekitar Rp 850.000 hingga Rp 1.700.000,- untuk transportasi laut, itupun tergantung jenis dan kelas transportasi yang dipilih.

Jika kita pergi ke sana dengan pesawat, kita perlu merogoh kocek sekitar Rp 2.500.000 hingga Rp 3.500.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Ndaa

Aktivitas di Pulau Ndaa PulauKredit foto: Instagram La Ode Ahmad Mardin

1. Snorkeling dan Menyelam

Aktivitas yang paling ingin dilakukan wisatawan di sini adalah snorkeling dan diving. Bagaimana tidak, bagi pecinta snorkeling, Pulau Ndaa Wakatobi adalah surganya snorkeling. Banyak keindahan alam yang tersimpan di laut. Seperti keindahan terumbu karang, berbagai spesies biota laut yang mempesona dapat memanjakan mata kita ketika kita snorkeling dan menyelam.

2. Berenang

Tidak jauh berbeda dengan snorkeling dan diving, berenang juga merupakan hal yang paling banyak dilakukan wisatawan saat mengunjungi pulau yang indah. Bagi yang tidak terlalu jago snorkeling dan diving, namun tetap ingin menikmati sejuknya air laut, bisa juga berenang dengan menggunakan pelampung. Atau sekedar bermain air di pantai.

3. Ambil foto

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung adalah mengabadikan momen di kamera. Kita tidak hanya harus mengabadikan keindahan di pantai, tetapi juga keindahan alam di laut. Jadi jika kita ke sana jangan lupa membawa kamera bawah air karena sayang jika tidak mengabadikan keindahan alam lautnya.

4. Joging

Suasana Pulau Ndaa yang asri, sejuk dan tenang juga bisa kita manfaatkan untuk jogging. Mengelilingi pantai sambil menikmati pemandangan alam, ditambah suara deburan ombak dan angin sepoi-sepoi yang mengiringi langkah kita sungguh mengharukan.

permainan ke-5

Selain beberapa kegiatan tersebut, ada juga kegiatan yang tidak kalah seru yaitu bermain game. Pasir pantai yang lembut, pantai yang luas, alami cocok untuk bermain. Berbagai permainan bisa dimainkan di sana, seperti futsal, voli pantai, bermain layang-layang, bermain kerang atau sekedar mengejar ombak di pantai.

6. Berjemur

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Ndaa PulauSumber Gambar: Google Maps Aldwin Edbert

Berjemur sepertinya sudah menjadi hal wajib bagi sebagian wisatawan saat mengunjungi sebuah pulau atau pantai. Karena sebagian besar wisatawan menyukai suasana pantai untuk berjemur. Lingkungannya sejuk, asri dan sinar matahari yang langsung mengarah ke pantai sepertinya cocok digunakan untuk berjemur.

7. Berselancar

Pasti hilang bagi pecinta olahraga air kecuali Anda mencoba ombak pantai. Surfing adalah pilihan terbaik ketika kita pergi ke pulau atau pantai. Dengan menggunakan papan selancar, wisatawan bisa merasakan serunya bermain deburan ombak yang berkelok-kelok. Namun karena keterbatasan fasilitas yang tersedia, wisatawan yang ingin berselancar harus membawa peralatan sendiri.

8. Yoga atau meditasi

Aktivitas seru selanjutnya yang bisa kita lakukan di Pulau Ndaa adalah yoga atau meditasi. Karena pulaunya kecil dan jarang dikunjungi wisatawan, sangat cocok untuk yoga atau sekedar bersantai. Ditambah dengan suasana alam yang tenang, angin sepoi-sepoi, deburan ombak dan kicauan burung kecil, merupakan kombinasi yang sempurna.

9. Bersantai

Pulau atau pantai memang menjadi tempat yang paling tepat untuk bersantai. Suasananya yang tenang, damai dan asri serta pemandangan alam yang menyejukkan mata, cocok untuk bersantai atau sekedar bersantai setelah seharian bekerja.

Akomodasi murah terdekat dari pulau

Akomodasi terdekat di pulau NdaaKredit foto: Google Maps Hotel Sinar Harapan Tomia

1. Tinggal kerja

Ada banyak penginapan yang bisa kita pilih saat ingin berlibur di Pulau Ndaa Wakatobi. Salah satunya adalah Labore Stay yang letaknya tidak jauh dari Taman Nasional Wakatobi. Dengan harga mulai dari Rp 500.000, para tamu mendapatkan pelayanan terbaik. Fasilitas yang disediakan di sana juga beragam, antara lain akses Wi-Fi, kamar mandi, tempat parkir mobil yang luas, dan layanan kamar 24 jam.

2. Hotel Sinar Harapan Tomia

Hotel Sinar Harapan Tomia adalah hotel paling terkenal di kawasan Wakatobi. Maka tak heran jika hotel ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 250.000 saja. Fasilitas yang ditawarkan juga beragam, seperti layanan kamar 24 jam, akses WiFi, kamar mandi, restoran dan masih banyak lagi.

3. Tetembatu Hijau

Setelah menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke Pulau Wakatobi, kita pasti lelah. Hal pertama yang Anda cari adalah tempat untuk beristirahat. Tetembatu Hijau bisa menjadi pilihan yang tepat karena banyak fasilitas yang disediakan disana seperti tempat tidur yang empuk dan bersih, kamar mandi, akses internet, restoran dan masih banyak lagi. Semua fasilitas tersebut bisa kita nikmati hanya dengan membayar Rp 300.000,-.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau NdaaKredit foto: Instagram Aris Koswara

Meskipun Pulau Ndaa dianggap sebagai tempat wisata yang menakjubkan, itu adalah pulau terkecil di Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Sehingga jarang para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini.

Dengan demikian, fasilitas yang disediakan di sini masih sangat minim. Mungkin yang ada hanya fasilitas umum seperti toilet dan beberapa tempat duduk dan bersantai. Belum adanya fasilitas penunjang yang dapat menunjang aktivitas wisatawan.

Tidak ada warung makan atau rumah makan di sana, jika kita lapar dan ingin makan sesuatu, kita bisa mencari makanan di rumah makan atau rumah makan di sekitar Pulau Tomia. Sementara itu, jika kita ingin snorkeling atau menyelam di perairan pulau, kita bisa membawa peralatan sendiri dari rumah. Karena peralatan tidak disediakan disana atau kita juga bisa menghubungi Balai Konservasi Taman Nasional Wakatobi.

Itulah sedikit gambaran tentang pesona pulau Ndaa di Wakatobi. Meski pulau ini paling kecil dibandingkan pulau-pulau lain, bisa dipastikan kita tidak akan pernah menyesal berkunjung ke sana. Karena semuanya terbayar dengan indahnya pemandangan alam di sana, baik di darat maupun dengan keindahan alam di lautnya. Jangan lupa untuk mengabadikannya di kamera juga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button