Tempat Wisata

Pulau Nipah di Lombok Utara: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Dengan sejuta keindahannya, Lombok memang salah satu kekayaan alam terbaik Indonesia. Tak terkecuali Pulau Nipah, destinasi eksotik yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Lombok. Pada dasarnya, Lombok dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak tempat wisata. Bahkan keindahannya terdengar sampai ke luar negeri.

Di Lombok Anda bisa menemukan tempat wisata seperti teluk, gunung, air terjun, pulau kecil, wisata sejarah, pantai dan masih banyak lagi. Keindahan Lombok juga bisa dirasakan dengan mengunjungi Pulau Nipah. Bagi yang berencana mengunjungi tempat ini, yuk simak dulu ulasannya di bawah ini.

Lokasi Pulau Nipa

Pulau NipaPulau Nipah Sumber: instagram.com/noraaijaa/

Pulau eksotis ini terletak di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Lombok terletak persisnya di Dusun Nipah, desa Malaka.

Biaya masuk ke Pulau Nipah

Pada dasarnya tidak ada biaya masuk untuk menikmati keindahan pulau ini. Pengunjung cukup membayar tiket parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Meskipun dana ini sebenarnya tidak wajib, Anda dapat membayarnya sebagai dukungan. Secara khusus dengan tujuan untuk lebih mengembangkan objek wisata ini agar menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Jam operasional di Pulau Nipah

Pulau ini memiliki jam buka yang fleksibel, sehingga bisa dikunjungi kapan saja. Hal ini karena pulau ini buka 24/7, jadi kamu bisa berkunjung kapanpun kamu mau.

Peta lokasi pulau Nipah

Itinerary ke Pulau Nipah

Keindahan Pulau NipaPulau Nipah Sumber: instagram.com/juneyadelyn/

Pada dasarnya pulau ini berjarak 26 kilometer dari Mataram, waktu berkendara sekitar 40 menit. Jika Anda berangkat dari Bandara Lombok, prosesi ini panjangnya sekitar 90 kilometer dan memakan waktu 90 menit. Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda ke Desa Malaka untuk sampai ke Pulau Nipah.

Tumbuhan Pulau Nipah

Tempat wisata ini sangat dekat dengan pemukiman penduduk. Tak heran jika pengunjung dapat dengan mudah menemukan fasilitas yang dibutuhkan. Anda melihat banyak penduduk setempat menjual.

Sesampainya di dekat papan nama pulau, pengunjung disambut deretan perahu kecil. Biasanya perahu ini bisa ditemukan di pesisir pantai. Ada beberapa fasilitas seperti tempat peristirahatan dan warung makan.

Kenyamanan fasilitas ini membuat pengunjung tidak perlu khawatir jika lupa membawa perbekalan. Ada banyak warung kecil yang menawarkan makanan mulai dari makanan ringan hingga makanan laut. Ada menu paket kuliner yang cukup terkenal antara lain ikan bakar, nasi dan sate cumi. Harganya cukup terjangkau, sekitar Rp 70.000.

Spot foto menarik di Pulau Nipah

Foto Pulau NipaFoto dari Pulau Nipah Sumber: instagram.com/hungrymeen/

Sebagai salah satu surganya Lombok, tak heran jika Pulau Nipah sarat dengan spot foto. Sehingga Anda bisa mengabadikan momen liburan yang indah di tempat ini. Berikut beberapa spot foto yang bisa dikunjungi sebagai berikut.

1. Hamparan pasir putih dan laut biru

Lombok memang sudah terkenal dengan pantainya yang eksotik. Bahkan beberapa pantai memiliki kualitas yang tidak kalah menarik dari pantai-pantai lain di dunia. Pantai berpasir putih di pantai ini masih bersih dan mulus. Begitu juga dengan luasnya lautan. Pemandangannya memanjakan mata setiap orang yang melihatnya.

Selain lautnya yang biru, pengunjung juga dimanjakan dengan banyaknya pepohonan hijau. Tak heran jika pantai ini memiliki pesona yang tak terbantahkan.

2. Pantai Unik

Salah satu hal yang membedakan pantai Lombok adalah garis pantainya yang unik. Pantai di sini diapit oleh dua bukit, ada yang melengkung dan ada yang lurus. Pantai Nipah sendiri memiliki kelokan yang cukup bagus. Pemandangan dari Bukit Malimbu pun terlihat semakin sempurna.

Bagi yang suka fotografi alam, ini bisa menjadi tempat yang menyenangkan. Apalagi jika dilihat dari jauh Bukit Malimbu yang indah.

3. Pondok Santai

Tempat wisata pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berwisata bersama keluarga. Pantainya cukup dangkal, sehingga relatif aman untuk anak-anak bermain. Selain itu, ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk bermain di laut.

Manajer Pulau Nipah juga menawarkan banyak kabin kecil untuk bersantai. Di sana Anda dapat menikmati makanan ringan dan minuman segar.

4. Snorkeling dan Menyelam

Pulau Nipah bukan hanya tempat wisata yang menarik, tapi juga tempat snorkeling atau diving. Kegiatan snorkeling semakin dipermudah dengan tenangnya perairan laut di pulau ini. Bentang alam bawah lautnya sangat mempesona dengan banyak biota laut dan tumbuhan. Airnya yang jernih membuat kita bisa melihat pemandangan bawah laut dengan sangat jelas.

5. Banyak latar belakang foto Instagram-layak

Kebanyakan orang juga bepergian ke tempat liburan untuk menemukan latar belakang foto yang layak Instagram. Tak heran jika Pulau Nipah sangat cocok bagi mereka yang menyukai fotografi. Ada juga tempat duduk yang cukup untuk bersantai. Pengunjung dapat melihat pemandangan lebih baik dari lokasi yang ditinggikan.

Salah satunya di puncak Bukit Malimbu yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi. Pemandangan di pulau ini benar-benar mencerminkan keindahan Lombok. Tidak hanya pantai yang bisa dijadikan objek foto, tapi juga pohon kelapa. Apalagi jika Anda memotret di sore hari saat matahari terbenam.

Akomodasi di dekat pulau Nipah

Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di tempat ini, akomodasi homestay bisa menjadi pilihan. Namun, ada juga beberapa hotel atau resor berperalatan lengkap di sekitar pulau.

Apakah Anda tertarik untuk menghabiskan liburan Anda di tempat ini? Tidak hanya menikmati pemandangan alam, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya. Namun, ada juga biaya tambahan untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Sekilas dan foto pulau Nipah di Lombok

Matahari terbenam di Pulau NipahTuris di Pantai NipahPemandangan pantai di Pulau NipahAirnya yang jernih menjadi daya tarik Pulau NipahSuasana pantai di Pulau Nipah

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button