Tempat Wisata

Pulau Nyamuk: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Wisatawan Indonesia pastinya mengenal Pulau Nyamuk di Karimun Jawa. Pasalnya, Pulau Nyamuk di Karimun Jawa terkenal dengan keindahannya. Namun tahukah Anda kalau ada juga pulau bernama Nyamuk di Kepulauan Riau?

Ya, Pulau Nyamuk Inilah salah satu pulau tak berpenghuni di Kepulauan Riau, tepatnya di kabupaten Kepulauan Anambas. Kepulauan Anambas merupakan kabupaten yang baru diresmikan pada tahun 2008. Dan siapa sangka Anambas mempunyai potensi wisata yang luar biasa.

Keindahan Pulau Nyamuk yang mempesona

Pulau Nyamuk memiliki berbagai keindahan yang bisa Anda nikmati saat berwisata ke sana. Pulau ini merupakan salah satu kawasan konservatif di kawasan wisata Kepulauan Anambas. Pasalnya, Pulau Nyamuk dikelilingi oleh hutan bakau yang merupakan rumah bagi ekosistem bakau indah yang menjadi tempat berkembang biaknya biota laut.

Di sana, di bawah laut sekitarnya, itu saja tidak cukup Pulau Nyamuk Ternyata di sana juga menyimpan keindahan terumbu karang yang menakjubkan. Ada banyak jenis terumbu karang yang menjadi rumah bagi biota laut seperti ikan karang.

Saat anda menuju Pulau Nyamuk dengan menggunakan perahu, anda akan disuguhi keindahan alam bawah laut yang bisa anda lihat dari atas permukaan laut karena air laut di Kepulauan Anambas sangat jernih. Anda dapat menyaksikan gerombolan ikan berenang di sekitar perahu Anda.

Sesampainya di Pulau Nyamuk anda akan disuguhkan dengan keindahan hamparan pasir putih di pinggir pantai. Pasir ini masih bersih karena belum banyak terjamah pengunjung. Anda bisa bersenang-senang bermain dan mengambil foto di pantai.

Baca juga:

Fasilitas Pulau Nyamuk

Pulau Nyamuk merupakan kawasan perlindungan laut nasional yang tentunya dikelola oleh pemerintah. Karena pulau ini merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni, maka fasilitasnya masih terbilang buruk.

Sejarah Pulau Nyamuk

Sejarah pulau ini tidak lepas dari sejarah Tarempa yang telah diceritakan banyak orang. Saat itu, Raja Brunei mengetahui putranya telah menetap bersama bajak laut di Laut Cina Selatan. Raja memerintahkan panglima yang didukung oleh bajak laut dari Sulu untuk membebaskan putranya.

Selama pencarian mereka pertama kali mendarat di sebuah pulau tak berpenghuni. Dan akhirnya mereka menamakan pulau tersebut Pulau Bajau atau yang sekarang dikenal dengan Pulau Nyamuk.

Berburu foto di Pulau Nyamuk

Pulau Nyamuk mempunyai potensi hutan bakau yang dapat menjadi habitat biota laut. Anda juga bisa menggunakannya sebagai tempat berfoto bersama teman-teman Anda. Pulau Nyamuk juga dikelilingi hamparan pasir putih yang sangat cocok untuk berburu foto.

Selain itu, Anda juga bisa memotret ratusan terumbu karang yang ada di laut. Jika tidak menyelam, Anda tetap bisa berfoto bersama ikan-ikan yang berenang di dekat permukaan laut. Ikan ini terlihat sangat jelas karena air laut disekitarnya. Pulau Nyamuk masih sangat jelas.

Akses jalan menuju Pulau Nyamuk

Untuk menuju Pulau Nyamuk, naik dulu kapal feri dari Tanjung Pinang ke Tarempa. Perjalanan menuju Tarempa memakan waktu sekitar 10 jam. Setelah itu perlu naik speedboat lagi dari Tarempa menuju Pulau Nyamuk, waktu tempuh sekitar 1 hingga 1,5 jam. Perahu ini mampu menampung 6-8 orang.

Biaya masuk Pulau Nyamuk

  • Biaya masuk: Rp 10.000-20.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Pulau Nyamuk

Tips berlibur di Pulau Nyamuk

Pada kunjungan tersebut Pulau Nyamuk, sebaiknya anda mempersiapkan beberapa perlengkapan yang dapat menunjang wisata anda. Anda memerlukan perbekalan karena perjalanan anda akan memakan waktu yang cukup lama. Jangan lupa untuk mengalokasikan budget yang cukup karena perjalanan ke Pulau Nyamuk membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Selain itu, Anda juga memerlukan peralatan snorkeling karena memungkinkan Anda untuk snorkeling di laut dan mengagumi keindahan terumbu karang di sekitar Pulau Nyamuk. Jangan lupa membawa kamera karena anda akan menyesal jika tidak mengabadikan keindahan Pulau Nyamuk. Demikian penjelasan mengenai Pulau Nyamuk yang dapat anda jadikan referensi sebelum memulai tour Kepulauan Anambas anda. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber informasi dan memperkaya destinasi wisata Anda bersama teman dan keluarga.

Galeri foto Pulau Nyamuk

Potret Pulau Nyamuk dari udara
Keindahan Perairan Pulau Nyamuk
Dermaga di Pulau Nyamuk
Pohon kelapa di pantai Pulau Nyamuk
Matahari terbenam di Pulau Nyamuk

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button