Tempat Wisata

Pulau Oar di Banten: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Obyek wisata di Banten yang menarik tidak hanya Pantai Anyer. Ada destinasi wisata lain yang memanjakan mata yaitu Pulau Oar. Pulau ini berada di seberang Ujung Kulon. Keindahan pulau ini merupakan potensi wisata baru di provinsi yang lepas dari Jawa Barat ini. Bagi yang berencana liburan ke tempat ini, yuk simak dulu ulasannya di bawah ini.

Lokasi Pulau Oar

pulau dayungPulau Oar Sumber: instagram.com/ujungkulon_adventure/

Pulau eksotis ini terletak di desa Sumur, Pandeglang, Banten. Disebutkan bahwa pulau ini masih menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Jadwal perjalanan menuju Pulau Oar

Itinerary ke Pulau Oar bisa dimulai dari kota Jakarta. Waktu yang dibutuhkan sekitar enam hingga tujuh jam. Jarak tempuh 71 kilometer dan dapat ditempuh melalui jalur Jakarta-Anyer. Setelah itu, Anda bisa mengikuti rambu jalan hingga tiba di Labuan.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju desa Sumur. Jika membawa kendaraan bermotor, harap diparkir terlebih dahulu di sekitar rumah warga. Kalau bisa juga di tempat parkir pelelangan ikan. Untuk menghemat biaya, ada baiknya memarkir kendaraan bersama warga. Ini karena biaya parkir yang dikenakan biasanya jujur.

Biaya masuk ke Pulau Oar

  1. Biaya masuk: Rp 140.000/orang

(Diperbarui Maret 2023)

Jam buka Pulau Oar

Oar Beach sendiri merupakan pantai dengan jam kerja yang fleksibel. Artinya pengunjung bisa datang kapan saja karena pulau ini buka 24 jam sehari.

Peta lokasi Pulau Oar

Fasilitas Pulau Oar

Foto Pulau OarFoto dari Pulau Oar Sumber : instagram.com/syifamusfipah/

Perlu diketahui bahwa Pulau Oar merupakan pulau tak berpenghuni. Jadi jangan heran jika fasilitas yang disediakan terbatas. Apalagi untuk akomodasi yang hampir tidak ada. Namun bagaimana jika pengunjung ingin menghabiskan lebih banyak waktu di tempat ini? Tak perlu khawatir, Anda bisa menyatu dengan alam yang masih asri.

Pengunjung bisa bermalam di pulau ini dengan mendirikan tenda di bumi perkemahan. Jika tidak ingin memasangnya, sebaiknya tidur di sekitar gubuk. Biaya menginap di saung ini adalah Rp 100.000 per malam.

Meski fasilitasnya belum memadai, masih banyak yang bisa dilihat di tempat wisata ini. Bahkan tidak sedikit yang menghabiskan waktu dengan berkemah di tempat ini. Bagi yang berencana untuk segera berkunjung, pastikan untuk menyiapkan semua perbekalan yang dibutuhkan.

Misalnya, jika Anda berencana pergi berkemah, kenakan pakaian yang pantas dan tidak mencolok. Di pulau ini Anda bisa berkemah di sekitar pantai. Namun untuk alasan kenyamanan dan keamanan, tidak disarankan untuk berenang di perairan laut pulau ini.

Akomodasi di dekat Pulau Oar

Jika Anda masih ragu apakah ingin tinggal di tenda atau kabin, ada solusi lain. Pengunjung dapat mencari pulau lain untuk akomodasi terdekat. Salah satunya adalah Pulau Umang Resort yang bisa menjadi akomodasi pilihan bagi Anda yang ingin berlibur lebih lama.

Fasilitas yang disediakan resort cukup memadai, antara lain layanan spa, taman, kolam renang outdoor, billiard, tempat parkir yang luas, restoran, ruang pertemuan, dll.

Berapa harga menginap di resor terdekat ini? Pada dasarnya pengunjung bisa membayar harga antara Rp750.000 hingga Rp3.000.000 per malam. Disarankan untuk melakukan pemesanan pada malam hari untuk menghindari mengisi slot.

Pilihan lain untuk dipilih adalah akomodasi di Bunar Tunggal Villa & Resto. Jaraknya sekitar 12 mil dari Pulau Oar. Terletak tepat di Jl. Raya Tanjung Baca No. 22, Tanjung Jaya, Padeglang, Banten.

Biaya menginap di tempat ini relatif lebih murah, mulai dari Rp350.000 hingga Rp1.600.000 per malam.

Keindahan Pulau Oar

Keindahan Pulau OarPulau Dayung Sumber : instagram.com/widahamidah_wida/

Pulau ini merupakan pulau kecil dengan luas 5,2 hektar. Alhasil, pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 45-60 menit untuk menjelajahinya. Pulau ini terdiri dari hutan, semak belukar dan beberapa bagian dengan mangrove. Pengunjung dapat melakukan pendakian di sepanjang area pulau ini.

Pulau ini memiliki kondisi perairan yang cukup baik. Kehidupan bawah laut di dalamnya masih terjaga dengan sangat baik. Bahkan, Anda bisa mengamati banyak biota laut yang menghuni perairan pulau ini. Termasuk terumbu karang yang menjadi tempat hidup beberapa jenis ikan. Selain itu, spot snorkeling di dekat pulau ini juga menambah daya tariknya. Tak heran jika snorkeling menjadi salah satu aktivitas yang paling direkomendasikan.

Di sekitar pulau ini juga terdapat kolam ikan yang bisa dijadikan tempat bermain. Pengunjung akan terkagum-kagum saat mengamati kehidupan biota bawah air. Selain itu, berbagai spesies ikan berwarna-warni memanjakan mata.

Setelah lelah bermain air, Anda bisa menikmati suasana pantai. Jika Anda sedang beristirahat, Anda juga bisa melakukannya sambil menunggu matahari terbenam. Sambil duduk di pinggir pantai, pengunjung bisa merasakan destinasi wisata terbaik di Banten. Pulau ini menampilkan semua keindahan yang diciptakan dengan sempurna.

Tips berlibur di Pulau Oar

Meski belum seterkenal pulau lain, pulau ini bisa kamu masukkan ke daftar liburan berikutnya. Tetapi sebelum Anda pergi ke sana, pertimbangkan beberapa tips yang tercantum di bawah ini.

  • Kami menyarankan Anda untuk menjadi sangat cerdas ketika menyewa perahu yang ditawarkan oleh penduduk setempat. Anda bisa bernegosiasi terlebih dahulu untuk mendapatkan harga terbaik.
  • Persiapkan perlengkapan dan perbekalan yang cukup jika berencana untuk berkemah di lokasi ini.
  • Jika Anda sudah menyiapkan perbekalan, simpanlah di tempat yang aman. Jangan tinggalkan tenda karena banyak biawak di dekat pulau.

Pemandangan alam yang ditawarkan pulau ini memang menakjubkan. Tak heran jika Anda akan terkagum-kagum setiap kali melihat pemandangan pulau ini. Pulau ini merupakan salah satu surga tersembunyi di Banten. Jadi jangan lupa untuk menambahkan tempat ini ke daftar liburan Anda.

Gambar dan foto Pulau Dayung di Banten

Suasana pantai di Pulau OarKebersihan pantai di Pulau OarLaut biru jernih di Pulau OarBarisan kandang ikanPesona Pulau Dayung di BantenPulau dayung yang eksotis

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button