Tempat Wisata

Pulau Onrust di Jakarta: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Warga Jakarta mungkin sudah tidak asing lagi dengan rahasia salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini. Pulau Onrust bukan sekadar tempat wisata alam. Agar liburan tidak monoton, pengunjung juga bisa belajar sejarah di dalamnya. Di balik keindahannya, tempat wisata ini menyimpan sejarah yang menarik.

Pulau ini memiliki suasana yang sangat berbeda dibandingkan dengan suasana lainnya. Tempatnya tidak jauh dari pusat kota, sehingga bisa menjadi tujuan liburan dalam waktu singkat. Pada akhir pekan, tempat wisata ini menjadi sangat ramai dengan pengunjung baik lokal maupun mancanegara.

Lokasi Pulau Onrust

Pulau OnrustPulau Onrust Sumber: instagram.com/errrynnn/

Salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini memiliki daya tarik yang cukup tinggi dibandingkan dengan pulau lainnya. Pulau Onrust terletak di Desa Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Lokasinya tidak jauh dari objek wisata pulau lainnya yaitu Pulau Bidadari.

Jam operasional di Pulau Onrust

Pulau eksotis di ibu kota ini buka setiap hari, jadi kamu bisa merencanakan waktu liburan dengan fleksibel. Sedangkan jam buka objek wisata sejarah dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Disarankan untuk berangkat pukul 08.00 pagi dan kembali dengan perahu nelayan pada sore hari. Ini karena biasanya ada ombak yang cukup besar setelah jam tersebut.

Biaya masuk ke Pulau Onrust

Biaya yang dibutuhkan untuk berkeliling kawasan ini cukup terjangkau. Berikut daftar harganya:

  1. Mahasiswa: Rp 3.000
  2. Anak/Pelajar: Rp 2.250

(Diperbarui Maret 2023)

Sementara itu, Anda juga membutuhkan biaya transportasi dari Dermaga Marina Ancol menuju objek wisata dengan harga sebagai berikut:

  1. Biaya transportasi berkisar antara Rp100.000 hingga Rp300.000

Itinerary ke Pulau Onrust

Pada dasarnya letak pulau ini cukup dekat dengan pulau Bidadari, Cipir dan Kelor. Untuk mencapai lokasi pulau, disarankan menggunakan perahu nelayan atau speedboat. Anda bisa menggunakannya melalui Dermaga Marina Ancol atau Pelabuhan Muara Kamal. Jika Anda memiliki budget yang lebih besar, disarankan untuk menggunakan perahu motor agar lebih cepat sampai.

Peta lokasi Pulau Onrust

Tempat menarik di Pulau Onrust

Foto dari Pulau OnrustFoto dari Pulau Onrust Sumber: instagram.com/wandaepi15/

Masih di kawasan Kepulauan Seribu, pulau ini bisa menjadi destinasi wisata yang unik. Terutama sejarah dan misteri yang menarik perhatian pengunjung lokal dan mancanegara. Beberapa tempat menarik yang bisa ditemukan di pulau ini adalah sebagai berikut.

1. Bangunan bersejarah

Berlibur di pulau ini terasa berbeda karena Anda bisa melihat bangunan bersejarah peninggalan Belanda. Bangunan-bangunan tersebut masih cukup kokoh, misalnya berupa benteng-benteng dan pelabuhan-pelabuhan tua.

2. Makam tokoh sejarah

Selain itu, terdapat sebuah makam yang konon merupakan tempat peristirahatan terakhir SM Kartosoewirjo. Ia adalah pemimpin pemberontakan DI/TII di masa lalu.

Meskipun merupakan pulau tak berpenghuni, namun telah dikunjungi oleh banyak tokoh besar di masa lalu. Misalnya tokoh dari Australia yaitu James Cook yang berlayar ke sini kemudian memperbaiki kapalnya. Pada tahun 1911-1933 pulau ini sempat menjadi persinggahan sementara para calon peziarah.

3. Museum Pulau Onrust

Salah satu daya tarik yang tak terbantahkan dari pulau ini adalah Museum Pulau Onrust. Di dalam museum terdapat banyak peninggalan arkeologi dari masa penjajahan Belanda. Museum ini awalnya berupa rumah utuh.

Gubernur DKI Jakarta telah menetapkan beberapa kawasan di Kepulauan Seribu sebagai situs cagar budaya. Per 16 Oktober 2015, tepatnya di Pulau Onrust, Pulau Kelor, dan Pulau Bidadari.

Mitos Pulau Onrust

Karena salah satu pulaunya memiliki banyak sejarah, tidak heran jika ada beberapa mitos yang beredar tentang pulau ini. Salah satu mitos yang paling populer di sini adalah lokasi emas peninggalan VOC. Cukup banyak sumber yang mengatakan bahwa ada terowongan rahasia di pulau ini. Menariknya, terowongan itu dibangun tanpa diketahui banyak orang.

Karena sifatnya yang tertutup, banyak orang percaya bahwa harta karun itu tertinggal di zaman VOC. Selain itu, sejarah panjang semakin mendukung klaim ini. Organisasi tersebut memiliki catatan buruk selama masa kolonial, dengan banyak pejabat puncaknya melakukan korupsi.

Seperti diketahui, perdagangan rempah-rempah berhasil membuat VOC menjadi organisasi yang makmur. Tak heran, VOC mampu meraup jutaan gulden kala itu. Harta karun ini memikat pejabat tinggi untuk mengambil sebagian dari kekayaan yang dihasilkan dari mereka. Bahkan VOC perlahan tapi pasti bangkrut. Namun mitos tentang keberadaan emas VOC hingga kini belum terbukti.

Keindahan Pulau Onrust

Keindahan Pulau OnrustPulau Onrust Sumber: instagram.com/widya.kusumaaa/

Tak hanya memiliki nilai sejarah, tentu saja keindahan alam Pulau Onrust tak terbantahkan. Tempat ini dikelilingi kesan mistis dan seram. Namun keindahan alam juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Salah satunya keindahan bawah laut yang airnya masih cukup jernih.

Snorkeling memungkinkan Anda untuk mengamati kelimpahan tumbuhan dan biota laut di tempat ini. Pulau ini juga memiliki keunikan lain yang tidak banyak dimiliki pulau lain di Kepulauan Seribu. Keunikannya adalah pulau ini merupakan mata air tawar.

Mata air ini telah digunakan selama berabad-abad. Meski berada di tengah laut, airnya tetap terasa segar. Perairan di Pulau Onrust umumnya tidak seperti air laut. Selain itu, di pulau ini juga terdapat berbagai jenis burung dengan kicauannya yang merdu. Sehingga Anda dapat menikmati suasana yang lebih santai dan damai.

Berwisata ke Pulau Onrust bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang merencanakan perjalanan ke Kepulauan Seribu. Di pulau ini pengunjung merasa nyaman bukan hanya karena suasana alamnya. Tapi juga dengan tempat-tempat bersejarah yang tidak boleh dilewatkan.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button