Berita Wisata

Pulau Onrust, situs fenomena Fish Rise to Land yang kaya akan sejarah

Jakarta, CNNIIndonesia

Pulau Onrust menjadi perhatian publik setelah viralnya video di media sosial yang memperlihatkan banyak ikan berhenti dan melompat di dermaga di salah satu pulau di Indonesia. pulau seribu itu.

Fenomena ribuan ikan terdampar juga terjadi di sekitar Pantai Mutiara, dekat Apartemen Regatta, Jakarta Utara. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (29/11/2022).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan kejadian tersebut. Menurut Endra dalam keterangannya, fenomena banyaknya ikan yang terdampar akibat perubahan iklim di laut.

IKLAN

GULIR UNTUK MEMBATASI KONTEN

Nama Pulau Onrust mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Namun, pulau ini sebenarnya merupakan pulau bersejarah karena pernah digunakan untuk berbagai kegiatan pada masa penjajahan Belanda.

Dalam bahasa Belanda, Onrust artinya tidak pernah beristirahat. Pulau yang kini luasnya hanya sekitar 3,5 kilometer persegi ini ternyata memiliki banyak fungsi, baik pada masa pra kemerdekaan maupun pasca kemerdekaan.

Pada tahun 1972, Pulau Onrust tidak lagi diizinkan untuk digunakan, karena Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin, menetapkan pulau itu sebagai pulau cagar budaya dan sejarah. Pulau Onrust kini dikhususkan untuk wisata sejarah.





Replika Kincir Angin Pulau Onrust menjadi daya tarik wisatawan saat berkunjung ke Pulau OnrustReplika kincir angin di Pulau Onrust. (Foto: CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Sejumlah bangunan tua dan bersejarah juga bisa dilihat di Pulau Onrust diantaranya Menara Keket, Museum Square dan Pemakaman Belanda.

Menara Keket dapat digunakan untuk mengagumi keindahan pemandangan laut di sekitar pulau. Museum Plaza adalah sebuah rumah yang masih digunakan untuk menyimpan artefak sejarah berbingkai. Museum ini sudah ada sejak tahun 1939.

Lalu ada kuburan Belanda, salah satunya makam Cornellis Vogel, mantan penguasa Onrust, yang dimakamkan pada tahun 1738. Yang menarik, di kuburan tersebut terdapat sajak-sajak berbahasa Belanda.

Anda yang menyukai fotografi pasti akan senang menjelajahi Pulau Onrust. Pemandangan di sekitar pulau ini sangat memukau, sehingga banyak spot foto untuk mengabadikan momen tersebut.





Sisa-sisa reruntuhan bangunan Onrust.  Ada juga tembok tikus untuk menangkap tikus yang endemik pada masa kolonial.Sisa reruntuhan bangunan di Pulau Onrust. (Foto: CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Jalur menuju Pulau Onrust tidak terlalu sulit. Anda bisa menyeberang dari Pantai Muara Kecil, Dermaga Marina Ancol atau Pelabuhan Tanjung Pasir menggunakan speedboat yang memakan waktu 15-25 menit. Ongkos naik speedboat ke Pulau Onrust sekitar Rp 75.000 hingga Rp 100.000 per orang.

Pulau Onrust dibuka pada pukul 08:00 untuk tur dan tutup pada pukul 17:00. Pada sore hari, ombak di sekitar Pulau Onrust semakin kuat, sehingga tidak jarang wisatawan diminta meninggalkan Pulau Onrust pada pukul 15.00. Tarif masuk pulau ini adalah Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 1.500 untuk anak-anak.

(ya ya)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button