Tempat Wisata

Pulau Ora: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Meski belum banyak diketahui, eksotisme Pulau Ora mampu memikat siapa saja yang melihatnya. Pulau ini memiliki air yang jernih, udara yang sejuk dan suasana alam yang menenangkan. Semua itu hanyalah sebagian kecil dari gambaran keindahan pulau ini. Tentunya akan lebih menakjubkan lagi jika Anda bisa berlibur langsung ke tempat ini.

Menariknya, cukup banyak yang membandingkan pulau ini dengan keindahan pulau Maladewa. Sebenarnya hal itu tidak terlalu mengherankan mengingat keindahan pulau-pulau di Indonesia memang tidak bisa dipungkiri.

Lokasi pulau Ora

Pulau OraPulau Ora Sumber: instagram.com/hajra_mayanthy/

Tentunya jika anda ingin mengunjungi tempat wisata ini anda harus mengetahui tempat tersebut. Keberadaan pulau eksotik ini sendiri berada di tepi hutan Taman Nasional Manusela, Pulau Seram. Tepatnya di Kabupaten Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Jam operasional pulau Ora

Pengunjung bisa datang ke pulau ini tidak hanya saat musim liburan. Hal ini dikarenakan Pulau Ora buka 24 jam setiap hari, Senin hingga Minggu.

Tiket masuk Pulau Ora

Jika ingin menikmati keindahan dan kekayaan alam pulau ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Namun, pengunjung tetap perlu menyiapkan anggaran untuk transportasi dan akomodasi. Jika ingin menginap di pulau ini, Anda harus memperhitungkan biaya yang tidak sedikit. Namun, ini sebanding dengan menikmati liburan yang tak terlupakan.

Peta lokasi Pulau Ora

Fasilitas Pulau Ora

Padahal jika dibandingkan dengan tempat wisata modern, fasilitas di Pulau Ora tidak terlalu lengkap. Namun, pengunjung setidaknya bisa merasakan perlengkapan standar yang cukup baik. Resor di dalamnya tidak terkecuali.

Kegiatan menarik di pulau Ora

Foto dari Pulau OraFoto Pulau Ora Sumber: instagram.com/devaradiadema/

Siapapun yang melihat pulau ini pasti akan terpesona. Eksotismenya menciptakan suasana tenang yang romantis. Tak heran jika pulau ini sering dijadikan referensi tempat bulan madu bersama pasangan. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di pulau ini adalah sebagai berikut.

1. Snorkling

Pecinta olahraga air ini akan dibuat takjub dengan jernihnya air. Pengunjung bahkan bisa melihat dengan jelas kekayaan terumbu karang di dalamnya. Selain itu, perairan di pulau ini cukup tenang. Tak heran jika aktivitas diving dan snorkeling bisa dilakukan dengan nyaman.

2. Bersantai di pantai pasir putih

Bagi yang tidak berani snorkeling bisa bersantai di pasir putih pulau ini. Pasir putih di Pulau Ora masih terlihat bersih, putih dan lembut. Anda juga bisa bersantai di ayunan yang ada di pantai.

3. Menikmati keindahan bintang di malam hari

Di malam hari, pengunjung akan terkagum-kagum dengan bintang-bintang yang menghiasi langit. Selain itu, udara malam di sekitar pulau bebas dari polutan. Tak heran jika gugusan bintang bisa terlihat dengan cukup jelas.

4. Mengunjungi Tebing Hatupia

Terdapat tebing bebatuan yang menjulang tinggi di pulau ini yaitu Tebing Hatupia. Jika Anda meninggalkan resor, Anda dapat menggunakan perahu. Di sekitar tebing ini juga banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Diantaranya snorkeling, berfoto selfie dengan backdrop eksotis, hingga bersantai di dermaga.

5. Menjelajahi lautan Goa

Kegiatan lain yang menarik untuk dilakukan di Pulau Ora adalah menjelajahi gua-gua laut. Guanya sendiri tidak jauh dari Tebing Hatupia. Di tempat ini pengunjung bisa menjelajahi keindahan gua sambil berenang. Namun, pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati. Hal ini dikarenakan letak goa yang sempit dan air yang cukup dalam.

6. Bermain di Air Balanda

Air Balanda adalah salah satu tempat paling menarik di pulau ini. Sumber airnya sendiri berasal dari dalam tanah. Ada mitos bahwa air di tempat ini menjadi lebih sejuk jika terkena panas matahari. Nah, kamu bisa bersantai dan melepas penat di tengah rimbunnya pepohonan di pulau ini.

Tempat menarik lainnya di Pulau Ora

Keindahan Pulau OraKeindahan Pulau Ora Sumber : instagram.com/christy_esra/

Di sekeliling pulau ini terdapat objek wisata pulau lain yang sangat dekat. Diantaranya adalah Pulau Raja, Pulau Sawai, Pulau Kelalawar, Pulau Tengah, Pulau Sapalewa dan Pulau Tujuh. Tempat-tempat ini akan memberi Anda perasaan liburan yang berbeda. Selain itu, banyak terdapat budaya lokal dan adat istiadat masyarakat setempat yang menjadi daya tarik tersendiri.

Akomodasi di dekat pulau Ora

Tak cukup hanya dengan menikmati eksotisme Pulau Ora sesaat. Setidaknya Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi tempat ini. Mengingat Pulau Ora memiliki potensi alam yang tak terbantahkan.

Tak jauh dari pulau tersebut terdapat resort yang memiliki konsep ala Maladewa. Pengunjung dapat menemukan kamar yang menghadap ke laut. Resor eksotis itu bernama Ora Beach Resort. Walaupun harga per malam yang harus Anda keluarkan cukup tinggi, namun dengan segala fasilitas yang didapatkan, sudah pasti worth it.

Beberapa fasilitas ini diambil dari bandara. Baik saat mudik maupun saat berjalan kaki, agar pengunjung tidak mengalami kerepotan. Selain itu, Anda bisa menikmati snorkeling dan mengunjungi berbagai tempat menarik di Pulau Ora.

Jadwal perjalanan ke Pulau Ora

Bisa dikatakan jalan menuju Pulau Ora tidaklah mudah. Perjalanan yang harus ditempuh cukup berat.

Jika Anda berangkat dari Jakarta, ambil penerbangan terjadwal dengan jurusan utama Jakarta-Ambon. Begitu sampai, lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Tulehu. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 45 menit. Kemudian menempuh jalur laut untuk mencapai pelabuhan Amahai selama kurang lebih dua jam.

Perjalanan masih harus dilanjutkan melalui jalur darat. Di sana Anda harus pergi ke Desa Saleman lalu naik perahu ke Pantai Ora.

Meski itinerary-nya cukup rumit, keindahan yang ditawarkan pulau ini sudah pasti worth it. Selain itu, ada banyak kegiatan menarik yang akan membuat momen liburan tidak membosankan.

Koleksi foto di Pulau Ora, Maluku

Keindahan pantai di Pulau OraPulau Ora, seperti pecahan surga yang jatuh ke bumiPilihan akomodasi di pulau OraTebing Hutapia di Pulau OraKejernihan air laut di Pantai Pulau OraSpot foto terbaik di pulau Ora

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button