Tempat Wisata

Pulau Pagang, pulau cantik di Padang yang menawarkan panorama bawah laut yang eksotis

Jelajahi keajaiban Pulau Pagang di Padang, pulau indah yang menawarkan panorama bawah laut yang eksotis dan pemandangan alam yang mempesona.

Harga tiket: Rp35.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Sungai Pinang. Koto XI Tarusan, Kab.Pesisir Selatan, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasinya

Pulau Pagang merupakan destinasi wisata di pesisir selatan Sumatera Barat yang menawarkan keindahan khas bahari. Kunjungan Anda ke sini akan membuat Anda terpesona dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan menjamin kedamaian.

Dikelilingi laut biru jernih dan pantai berpasir putih, pulau ini menjanjikan pengalaman liburan tak terlupakan.

Keindahan alam pulau ini tidak hanya sampai disitu saja, masih banyak keajaiban alam lainnya yang menjadikannya tempat yang ideal untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Jika Anda sedang mencari alternatif destinasi wisata pantai selain Bali atau Lombok, pulau ini bisa menjadi pilihan Anda. Untuk mempersiapkan liburanmu, yuk simak ulasan kami berikut ini.

Daya Tarik Pulau Pagang

Pemandangan Pulau PagangFoto oleh Kiki A Nurjanah di Google Maps

Dibandingkan beberapa pulau di pesisir selatan, pulau ini lebih kecil, hanya sekitar 10 hektar. Ukurannya yang kecil justru memberi Anda keuntungan karena bisa bereksplorasi tanpa harus khawatir lelah.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Kawasan ini juga didominasi oleh pohon kelapa dan hutan yang masih alami sehingga memberikan kesan teduh. Tak perlu bosan saat datang ke sini karena tempat ini memiliki sejumlah daya tarik yang ditawarkan, antara lain sebagai berikut.

Sejarah pulau

Daya tarik Pulau Pagang Padang yang pertama adalah terkait dengan sejarahnya, meski pohon kelapa di sini bukan sekadar simbol tropis. Namun ternyata juga mempunyai nilai sejarah.

Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, pulau ini digunakan untuk melatih narapidana di Penjara Muaro Padang. Para narapidana dilatih dengan menanam pohon kelapa di kawasan tersebut.

Harapannya, setelah kembali ke masyarakat, para narapidana mempunyai keterampilan yang bisa mereka terapkan dan kembangkan dalam kehidupan. Namun, beberapa tahun kemudian tempat ini tidak lagi dijadikan sebagai lembaga pembinaan.

Ada legenda yang menarik

Anda pasti bertanya-tanya kenapa kawasan ini dinamakan Pulau Pagang. Menurut legenda, dahulu kala ada sekelompok orang yang tinggal di Tarusan.

Namun konflik internal muncul di antara orang-orang tersebut sehingga beberapa keluarga harus berpisah. Sebagian besar keluarga justru berwisata ke Pulau Pasumpahan dan pulau-pulau sekitarnya.

Setelah konflik mereda, mereka memutuskan untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul di sebuah pulau tak jauh dari Pulau Pasumpahan. Pulau itu bernama Pagang yang artinya “berkumpul” atau “bertemu”.

Keindahan alam bawah laut

Keindahan alam bawah laut pulau ini tidak perlu diragukan lagi, apalagi airnya terlihat jernih. Jadi aktivitas Snorkeling Menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut.

Bagi yang berminat dengan aktivitas SnorkelingMaka peralatannya tidak perlu dibawa dari rumah, bisa disewa. Ada juga paket bawah air untuk mengabadikan setiap momen.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau PagangFoto oleh Aroel di Google Maps

Lokasi pulau ini adalah Nagari Sungai Pinang pada abad XI. Kabupaten Torotan, Sumatera Barat. Jaraknya sekitar 13 km dari pusat kota Padang, sehingga dapat ditempuh dengan mobil dalam waktu sekitar 20 menit.

Jika ingin kesini disarankan untuk meninggalkan kota Padang dan menuju Pelabuhan Muaro. Perjalanan dilanjutkan dengan menyewa perahu untuk menuju objek wisata Pulau Pagang. Perjalanan melintasi laut memakan waktu sekitar 40 menit.

Biaya masuk dan jam buka

Jika Anda ingin memasuki kawasan wisata ini, Anda perlu membayar tiket masuk dan beberapa biaya lainnya. Namun tarif tersebut sebenarnya tidak terlalu mahal. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pernyataan berikut ini.

  • Tiket masuk: Rp 35.000
  • Sewa perahu: Rp 150.000 per orang
  • Sewa perlengkapan snorkeling : Rp 100.000 – Rp 300.000
  • Wahana air : Rp50.000 – Rp200.000

Jika ingin biaya yang jauh lebih murah, disarankan menggunakan jasa travel dan tour. Dengan begitu, wisatawan hanya perlu membayar tiket wisata dan bisa lebih berhemat.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pulau PagangFoto oleh Kiki A Nurjanah di Google Maps

Saat Anda datang kesini, Anda tidak perlu khawatir dengan aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan. Karena ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan baik bersama-sama maupun sendiri, antara lain:

1. Menikmati keindahan pantai

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan adalah menikmati indahnya pantai Pulau Pagang Padang. Dengan pasir putih yang bersih dan air yang biru jernih membuat mata Anda tidak akan pernah bosan.

2. Snorkeling di Pulau Pagang

Jika Anda ingin melihat keindahan laut di kedalaman yang relatif dangkal maka Snorkeling adalah pilihannya. Aktivitas ini memungkinkan Anda merasakan keindahan alam bawah laut dengan ombak yang tenang, sehingga cocok bahkan untuk pemula.

3. Menyelam

Jika Anda seorang penyelam profesional, jangan lupa untuk mencobanya Selam scuba dalam wisata pantai yang indah ini. Saat menyelam, Anda akan melihat gugusan terumbu karang serta spesies ikan berwarna-warni.

4. Naik banana boat untuk jet ski

Inilah aktivitas yang sayang untuk dilewatkan bersama teman atau keluarga: mendaki perahu pisang atau Jet ski. Selama perjalanan anda akan disuguhi air laut yang sangat jernih.

5. Parasailing

Di sini Anda juga bisa melakukan parasailing dari atas bukit dan merasakan seperti terbang dari ketinggian. Jika ingin menguji adrenalin, Anda patut mencoba parasailing.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau PagangFoto oleh Kiki A Nurjanah di Google Maps

Ketika berkunjung sebagai wisatawan, fasilitas sangatlah penting karena dapat memberikan kenyamanan selama berlibur. Fasilitas yang tersedia di pulau ini cukup lengkap antara lain:

  • Berbagai jenis akomodasi
  • Ruang sholat
  • Kamar mandinya ada air tawar
  • paviliun
  • kedai kopi
  • sinyal 4g
  • Penyewaan peralatan snorkeling
  • Area untuk berkemah

Sumatera Barat dikenal memiliki tempat wisata bahari yang menawarkan keindahan dan daya tarik tersendiri. Termasuk keindahan Pulau Pagang yang wajib masuk daftar liburan Anda tahun ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button