Tempat Wisata

Pulau Pahat: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Pahat: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Pahat Tepatnya di Kecamatan Palmatak, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. Pulau ini sangat dikenal oleh warga Kepulauan Anambas, terutama karena merupakan kawasan perlindungan penyu tempayan. Banyak orang menyebutnya Pulau Penyu, tempat penyu bertelur yang kini sudah langka.

Sangat menyenangkan jika menjadikan pulau ini sebagai tempat wisata bagi Anda dan keluarga atau teman Anda. Pasalnya, berbagai hal bisa Anda lakukan di sana, seperti snorkeling, diving, bahkan memancing.

Keindahan Pulau Pahat yang mempesona

Pesona keindahan pulau ini bisa anda lihat dari hamparan pasir putih pulau ini yang membuatnya terlihat indah. Selain itu, pulau ini ditumbuhi banyak jenis terumbu karang. Keanekaragaman bawah laut pulau ini juga terlihat dari berbagai jenis ikan yang hidup di terumbu karangnya.

Fasilitas di Pulau Pahat

Fasilitas yang tersedia di Pulau Pahat yaitu perlengkapan untuk snorkeling, diving dan juga memancing. Untuk menyeberangi lautan menuju pulau ini, Anda bisa naik perahu motor agar cepat sampai.

Sejarah Pulau Pahat

Pulau ini terkenal dengan sejarahnya sebagai tempat penangkaran penyu. Bahkan terdapat dua jenis penyu di pulau ini yaitu penyu hijau dan penyu sisik yang bertelur secara rutin pada bulan Januari-April dan Mei-Agustus.

Berburu foto di Pulau Pahat

Anda bisa berburu foto di lokasi mana pun, namun biasanya orang berfoto dengan latar belakang laut lepas dan terkadang dengan penyu yang berukuran cukup besar.

Baca juga: Pulau Nyamuk, Melihat Indahnya Terumbu Karang di Cagar Alam Kepulauan Riau

Akses jalan menuju Pulau Pahat

Untuk mengakses Pulau Pahat Dari Tarempa Anda akan menghabiskan waktu sekitar 1 hingga 2 jam dengan menaiki perahu atau biasa disebut pompong. Meski menghabiskan banyak waktu di atas perahu, Anda bisa berfoto dengan pemandangan laut.

Peta lokasi dan harga tiket ke Pulau Pahat

Waktu Anda memasuki pulau ini tergantung pada perahu yang membawa Anda ke pulau tersebut dan biasanya pada pagi atau sore hari. Pada malam hari hal ini sangat jarang terjadi karena cukup berbahaya. Biaya masuknya biasanya gratis, Anda hanya perlu membayar biaya fasilitas yang Anda gunakan.

Biaya masuk ke Pulau Pahat

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Pulau Pahat

Tips berlibur di Pulau Pahat

Misalnya saja berlibur ke sebuah pulau Pulau PahatTentu saja, Anda harus menyiapkan hal-hal yang diperlukan di lokasi. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ingat saat berlibur, antara lain:

  • Siapkan sumber daya yang cukup
  • Sarapan dulu
  • Bawalah baju ganti
  • Kenakan tabir surya
  • Bawa perlengkapan renang
  • Bawalah kamera
  • Mencari informasi

Saat Anda berada di pulau, Anda memerlukan uang tunai. Karena hampir tidak ada ATM di pulau ini, kemungkinan besar Anda memerlukan waktu dan perjalanan yang jauh untuk sampai ke sana.

Pasalnya, pulau ini jauh dari kota dan biasanya terlebih dahulu melintasi lautan luas untuk sampai ke seberang, sehingga sangat membutuhkan uang tunai di sana.

Liburan ke pulau yang melibatkan perahu melintasi lautan dan memakan waktu yang cukup lama bisa menimbulkan mabuk laut, terutama bagi yang belum terbiasa.

Oleh karena itu sebaiknya isi perut terlebih dahulu dan jangan lupa menyiapkan obat-obatan apa saja yang mungkin diperlukan di kapal atau di pulau.

Umumnya ketika Anda berlibur ke sebuah pulau, Anda akan tinggal di sana selama beberapa hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk membawa pakaian ganti yang cukup sesuai dengan jadwal yang Anda rencanakan.

Menuju ke sebuah pulau, Anda memulai perjalanan yang membuat kulit Anda terkena sinar matahari. Oleh karena itu, perlindungan terhadap sinar matahari sangat penting tidak hanya saat bepergian, tetapi juga saat berjalan-jalan di pantai.

Salah satu aktivitas yang biasa dilakukan wisatawan saat berlibur di suatu pulau adalah berenang atau menyelam di air laut. Jadi anda memerlukan perlengkapan berenang, apalagi saat menyelam pasti membutuhkan perlengkapan yang sesuai.

Meskipun peralatan snorkeling umumnya tersedia di sana, namun harus berhati-hati jika tidak ada informasi spesifik mengenai fasilitas tersebut.

Tentu saja kamera menjadi hal yang penting saat berlibur, baik kamera digital maupun kamera smartphone. Sebab setiap momen dan keindahan alam yang ada di pulau ini tidak lengkap jika tidak diabadikan. Jangan lupa membawa charger dan power bank.

Sebelum berlibur ke suatu pulau, sebaiknya teliti terlebih dahulu pulau tersebut, terutama akomodasi dan transportasi menuju tujuan. Jangan sampai rencana liburan Anda gagal karena tidak ada informasi mengenai tempatnya.

Itu saja Pulau Pahat beserta informasi dan juga beberapa tips berlibur di pulau yang patut anda ingat.

Galeri foto pulau Pahat

Potret Pulau Pahat
Keindahan pantai dan perairan Pulau Pahat
Pulau Pahat, tempat penangkaran penyu
Potret penyu di Pulau Pahat
Potret turis asing di Pulau Pahat

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button