Berita Wisata

Pulau Pangabatang, pulau kecil yang indah di gugusan Teluk Maumere

TRIBUNFORES.COM Reporter Kristin Adal

TRIBUNFLORES.COM, MAUMRE- Tak hanya terkenal dengan pantainya yang berpasir putih, Pulau Pangabatang mampu membius mata pengunjung dengan jernihnya air laut berwarna biru kehijauan. Pulau kecil ini menyimpan kekayaan alam bawah laut yang melengkapi keindahan gugusan pulau Teluk Maumere.

Pulau Pangabatang membentuk penghalang alami bagi aliran air masuk dan keluar teluk. Hal ini membuat perairan Teluk Maumere sangat tenang. Salah satu dari sedikit terumbu penghalang di Indonesia ditemukan di sini.

Pulau Pangabatang adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Teluk Maumere, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau cantik ini memiliki luas sekitar 700 meter persegi. Untuk menuju destinasi wisata ini, Anda bisa menggunakan speedboat dari Pelabuhan Lorensay Maumere dengan waktu tempuh 60 menit atau 45 menit dari Nangahale.

Pulau Pangabatang memiliki pesona pantai yang luar biasa. Pesona pantai khas Pulau Pangabatang dengan pasir putihnya yang lembut membawa nuansa tersendiri bagi wisatawan.

Baca Juga: Wisata Flores, Menikmati Sensasi Air Panas Tanah Merah di Maumere Sikka NTT

Lautnya yang bersih, biru dan jernih membuat biota laut melimpah. Bagi wisatawan yang suka snorkeling, Anda bisa lolos dengan melihat berbagai ikan cantik di pinggiran karang yang indah.

Di balik keindahan dan kekayaan alam Pulau Pangabatang, ada cerita yang menandai penghuni pulau ini. Pasalnya, pulau kecil ini merupakan bagian dari kawasan Teluk Maumere yang tersapu tsunami pada tahun 1992. Gempa bumi yang kuat menghantam pulau-pulau dan pantai utara dengan sangat keras. Hancurkan terumbu karang di pulau-pulau ini.

Kini, setelah 30 tahun, keindahan bawah laut Pulau Pangabtang telah pulih. Dikenal sebagai salah satu spot diving dan snorkeling bagi para penyelam di Teluk Maumere. Terumbu karang telah pulih dengan baik dan merupakan rumah bagi berbagai kehidupan laut. Ada karang meja besar, karang lunak dan karang kecil dalam kelimpahan. Bila Anda beruntung, Anda memiliki peluang bagus untuk melihat pari elang atau hiu.

Pada tahun 2016, Pulau Pangabatang menjadi salah satu venue fotografi bawah laut internasional Maumere Bay Festival 2016. Lomba foto bawah laut ini mempertemukan 30 peserta dalam dan luar negeri.

Keindahan laut seperti permata tersembunyi yang harus diekspor tetapi tidak dieksploitasi. Anda akan menemukan kejutan luar biasa di dunia bawah laut.

Tidak ada salahnya jika belum melihat sunset yang indah di Pulau Pangabatang. Pemandangan indah ini tidak boleh dilewatkan.

Perhatikan bahwa tujuan wisata ini selalu ramai, tetapi tidak ada akomodasi yang tersedia untuk pengunjung. Pengunjung bisa menginap di homestay.

Berita Destinasi Lainnya

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button