Tempat Wisata

​Pulau Panjang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

​Pulau Panjang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Panjang merupakan salah satu pulau yang terkenal dengan pesona keindahan alamnya, terletak di Kecamatan Subi, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi pulau ini karena selain keindahan alamnya, pulau ini juga tetap terjaga keasliannya.

Keaslian daerah tersebut Pulau Panjang tidak lepas dari peran penduduk setempat yang setia menjaga dan melestarikan pulau ini. Tak hanya saat hari libur, banyak anak muda juga yang menghabiskan waktunya di sini untuk berwisata edukasi atau kegiatan organisasi, dan semua pengunjung selalu disambut dengan ramah dan ceria oleh warga.

Subtitle berikut menjelaskan secara singkat mengenai pulau ini, mulai dari keindahannya yang mempesona yang menjadi tujuan utama pengunjung pada umumnya, hingga tips berlibur. Oleh karena itu, mari kita simak pembahasannya berikut ini:

Keindahan Pulau Panjang yang mempesona

Karena letaknya yang dekat dengan laut, tentunya terdapat pantai di pulau ini yang banyak digunakan untuk bermain atau bersantai menikmati keindahan luasnya laut. Menurut beberapa warga sekitar, pantai di belakang pulau ini masih belum terjamah sehingga terlihat sangat alami.

Fasilitas di Pulau Panjang

Bahkan, Anda disarankan untuk tidak berharap terlalu banyak saat tiba di pulau ini. Pada dasarnya pulau ini hanyalah pulau biasa dengan keindahan alam yang masih terjaga keasliannya. Sehingga karena umumnya bukan tempat wisata, fasilitas yang disediakan kurang lengkap dan ada yang harus dijangkau di beberapa lokasi terpencil.

Misalnya saja jika Anda ingin makan atau pergi ke restoran, sebaiknya Anda pergi ke pulau lain yang menawarkan fasilitas tersebut. Karena di pulau ini yang paling mewah adalah menyediakan warung makan kecil-kecilan untuk memuaskan rasa lapar.

Lalu jika Anda memang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sana Pulau Panjang Jangan berharap menemukan akomodasi seperti hotel, apartemen, atau bahkan wisma. Karena di sini pun bukan tempat wisata yang bisa disamakan dengan tempat wisata di kota-kota besar.

Namun warga sekitar biasanya dengan senang hati memberikan bantuan, seperti menginap gratis di rumahnya dengan hidangan sederhana khas Kepulauan Riau yang biasa disuguhkan kepada para tamu. Jika Anda memang ingin mengenal tempat ini dengan baik, jangan lewatkan kesempatan ini.

Meski fasilitas lengkap tidak tersedia di sini, Anda tetap bisa beraktivitas normal secara umum. Sinyal di sana cukup bagus dan Anda masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti berenang. Pulau ini juga sudah dialiri listrik sehingga Anda tidak perlu takut gelap di malam hari.

Baca juga: Pulau Pahat, Suaka Penyu Sisik yang Terancam Punah

Hunting foto di Pulau Panjang

Tidak banyak tempat yang bisa dijadikan background foto. Namun jika Anda membawa kamera berkualitas tinggi seperti SLR, Anda bisa mencuri keindahan bintang di malam hari. Ditambah lagi, jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta, jarang sekali melihat bintang. Potret ini akan sangat berharga.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto bersama penduduk setempat atau sekedar menikmati pantai dan laut Pulau Panjang yang biasa dilewati nelayan untuk mencari nafkah.

Akses jalan menuju Pulau Panjang

Untuk menuju ke tempat ini, dahulu kita harus menuju Jembatan Hati Sei 5 Pelabuhan Barelang. Jika Anda sudah sampai di sana, untuk mencapai pulau ini sangatlah mudah karena hanya membutuhkan transportasi berupa perahu kecil atau sampit untuk menyeberang yang hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja.

Biaya masuk ke Pulau Panjang

  • Biaya masuk: Rp 8.000-15.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Pulau Panjang

Tips berlibur di Pulau Panjang

Beberapa tip: Jika Anda menderita penyakit tertentu dan memiliki obat khusus, jangan tinggalkan obat tersebut di rumah atau membawanya di dalam ransel. Karena masih merupakan pulau terpencil, maka agak sulit menemukan fasilitas kesehatan. Jadi dengan membawa obat-obatan pribadi, Anda membantu diri sendiri dan tidak merepotkan warga sekitar.

Demikian ulasan singkat mengenai Pulau Panjang. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Galeri foto Pulau Panjang

Potret udara Pulau Panjang
Potret pantai yang indah
Potret pengunjung di Pantai Pulau Panjang
Dermaga di Pulau Panjang
Sunset di Pulau Panjang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button