Tempat Wisata

Pulau Pasir Belitung – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Tour

Pulau Pasir Belitung – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Tour
Biaya tur: Mulai dari Rp 150.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung; Map: Verifikasi lokasi

Pulau Pasir di Belitung merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah di luar daerah. Pulau ini terdiri dari beberapa bukit pasir yang terletak di tengah laut. Pengunjung hanya bisa menikmati pulau ini saat air laut sedang surut. Pada siang hari, keindahan pulau yang luar biasa akan terlihat seiring surutnya air.

Wisatawan yang ingin mengunjungi pulau ini harus menyewa speedboat terlebih dahulu. Biasanya tidak terlalu banyak orang di sana karena seperti pulau pribadi. Bintang laut merah besar bahkan bisa dilihat di pantai. Biota ini sangat jarang terlihat dengan mata telanjang, karena bintang laut tidak selalu ditemukan di tempat wisata lainnya.

Kebersihan air laut tetap terjaga dan warna yang dihasilkan mirip awan. Siapapun yang mampir ke Pulau Pasir pasti merasa beruntung. Selain itu, ombaknya tidak terlalu besar sehingga dijadikan tempat bermain cukup aman. Selain itu, masih banyak pantai di sejumlah pulau yang bisa Anda singgahi sambil memotret keindahan panoramanya.

Daya Tarik Pulau Pasir Belitung

Objek wisata di pulau berpasir BelitungFoto: Instagram/Prateek Chandra

✦ Biota laut

Pulau Pasir memiliki keunikan berupa biota laut yang tersebar di wilayah pesisir. Bahkan ketika air surut, biota-biota tersebut muncul dan tentunya dapat dilihat secara langsung. Wisatawan tidak perlu menyelam untuk menikmati keindahan biota. Biasanya bintang laut merupakan salah satu spesies biota yang mudah ditemukan dalam jumlah besar di pulau tersebut.

Beberapa pengunjung juga melakukan snorkeling untuk menikmati air laut. Berbagai biota yang ada seringkali difoto dengan kamera atau sekadar direkam. Yang paling penting adalah tidak membawa pulang bintang laut dan makhluk lainnya agar tetap lestari. Keindahan biota hanya dapat dinikmati tanpa merusak habitatnya.

✦ Air pantai

Air laut sedang surut, inilah waktu terbaik untuk berlibur ke Pulau Pasir. Padahal, jika dilihat dari airnya, warnanya biru muda hingga biru tua. Gradasi ini sesuai dengan cerahnya awan pada siang hari, karena air laut jauh dari pencemaran sampah.

Kejernihan setiap pantai di sekitar pulau merupakan keunikan tersendiri bagi pariwisata. Wisatawan kerap berenang atau bermain air di sekitar laut. Selain itu, pengunjung bisa menjelajahi laut yang jernih dengan perahu nelayan.

✦ Hamparan pasir putih yang luas

Pulau sering dikaitkan dengan panorama pasir yang melengkapi keindahannya. Pulau Pasir terkenal dengan hamparan pasir putihnya yang lembut. Bahkan, kawasan tersebut sering digunakan untuk olah raga atau permainan seru.

Saat berada di atas pasir, Anda dapat mengambil foto dan memanjakan mata. Wisatawan juga bisa berjemur karena pasirnya menghadap langsung pantulan sinar matahari. Jadi jangan lewatkan hamparan pasir di setiap pantai di pulau ini.

Alamat dan rute menuju pulau

Biaya perjalanan ke Pulau Pasir BelitungFoto: Instagram/Yuri | 𝙿𝚎𝚝𝚒𝚝𝚎 𝙱𝚕𝚘𝚐𝚐𝚎𝚛

Pulau Pasir Belitung terletak di Desa Air Itam, Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Keberadaan pulau ini cukup jauh dari pusat kota karena letaknya yang berjarak beberapa kilometer. Pengunjung yang ingin cepat sampai dapat menyewa pemandu dan perahu pribadi. Perahu umum juga tersedia untuk perjalanan menuju lokasi pulau pasir.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memarkirnya di tempat yang telah disediakan. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menyewa speedboat untuk menjelajahi pulau. Waktu tempuh diperkirakan 30 menit sambil melewati keindahan laut lepas. Sesampainya disana Anda juga bisa mengunjungi berbagai jenis pantai.

Pejabat setempat siap mengantar tamu berkeliling pulau. Bagi yang datang dari luar kota sebaiknya datang pagi-pagi sekali karena akses jalan menuju pulau ini cukup jauh dari Bandara Depati Amir. Setelah selesai kunjungan, wisatawan dapat kembali ke depo kendaraan dengan kapal sewaan atau speedboat.

Belanja pariwisata untuk wisata bahari

Pulau Pasir Belitung memang menjadi salah satu tempat liburan yang tidak akan mengosongkan kantong Anda. Penyewaan speedboat ditawarkan dengan harga mulai dari Rp150.000 hingga Rp300.000. Hal ini dipengaruhi oleh jenis perahu yang disewa, misalnya. B. swasta atau publik. Biaya tersebut sudah termasuk transportasi pulang pergi saat mengunjungi pulau tersebut, sehingga biayanya dijamin cukup masuk akal.

Begitu sampai di pulau ini, Anda akan melihat beberapa pantai indah berjejer. Ada pantai gratis dan berbayar dengan harga berbeda. Wisatawan tidak perlu khawatir, karena biaya masuk ke setiap pantai tidak memerlukan budget yang besar. Ada juga kemungkinan untuk menyewa peralatan, meski tidak terlalu lengkap, namun dengan harga yang wajar.

Pengunjung yang memarkir kendaraannya sebelum berkendara menuju pulau harus membayar biaya. Tergantung pada jenis kendaraannya, harga mulai dari 10.000. Tidak banyak di kawasan ini yang menjual kuliner, sehingga para tamu harus menyiapkannya sendiri. Biaya berlibur ke Pulau Pasir memang terkenal sangat terjangkau dan tentunya sebanding dengan keindahan tempatnya.

Aktivitas yang menyenangkan

Berbagai aktivitas seru di Pulau Pasir BelitungFoto: Instagram/Jordan Belitung

1. Berburu Foto

Pulau Pasir menawarkan spot-spot indah yang bisa dijadikan tempat berburu foto. Air lautnya sangat jernih dan bisa membuat background menjadi lebih natural. Bahkan warna langitnya selaras dengan warna laut sehingga menghasilkan peluang foto yang indah. Sehingga pengunjung harus mencari tempat terbaik untuk mengabadikan momen di laut pulau ini.

2. Lihatlah biota laut

Apalagi saat air surut Anda bisa melihat banyak biota laut di pulau ini. Bintang laut merupakan makhluk yang banyak ditemukan di pesisir pantai. Ikan-ikan kecil dan kerang pun menambah keindahan pulau yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Jadi, wisatawan akan merasa nyaman berada di kawasan tersebut karena biota lautnya mudah ditemukan dan bisa dijadikan latar berfoto.

3. Berenang

Kejernihan air laut yang biru sering dinikmati sambil berenang. Selain itu, air laut di pulau ini terasa dingin karena masih alami dan ombaknya tidak terlalu besar. Wisatawan bisa menyiapkan jaket pelampung jika ingin bermain air di sekitar pulau. Jadi jangan lewatkan berenang menikmati kesegaran laut yang masih jarang ditemukan.

4. Bermain bola voli

Bola voli merupakan salah satu permainan dan olah raga yang bisa Anda coba saat berkunjung ke pulau ini. Hamparan pasirnya tampak putih bersih seiring aliran ombak di atasnya. Pengunjung wajib membawa perlengkapan voli pantai, mulai dari bola hingga jaring. Biasanya sebagian orang melakukan olahraga ini pada pagi atau sore hari agar tidak kepanasan.

5. Berjemur

Pulau Pasir Belitung menawarkan area yang luas dan pasir putih yang cocok untuk berjemur. Jika Anda datang pagi hari, Anda bisa menyiapkan tikar dan kacamata hitam. Pantulan sinar matahari mampu membuat tubuh menjadi sehat. Oleh karena itu, cobalah berjemur di pulau sambil merenungkan cerahnya warna langit dan mendengarkan suara deburan ombak.

6. Piknik di Pulau Pasir

Menikmati kuliner dengan menyiapkan makanan di rumah memang menyenangkan. Wisatawan yang datang kerap mengajak kerabat dekat untuk piknik. Selain itu suasana pantai pun terasa sangat asri dan nyaman karena pantai ini dikelilingi oleh pepohonan kelapa. Anda bisa membawa camilan dalam jumlah banyak agar aktivitas santai Anda terasa lebih lengkap.

7. Sewa perahu

Di pulau ini terdapat persewaan perahu yang dijaga oleh para nelayan. Perahu tersebut sering digunakan para tamu untuk menjelajahi pulau. Selain itu, terdapat banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi di sekitar wisata. Jadi Anda bisa mencoba menjelajahi kawasan itu dengan perahu tradisional sambil merasakan segarnya udara pulau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas Pulau PasirFoto: Instagram/Yulis Amalia

Pulau Pasir di Belitung seakan menawarkan fasilitas yang membuat betah para pelancong. Penyewaan speedboat untuk perjalanan keliling pulau mudah ditemukan di kawasan tersebut. Selain itu, ada pilihan sewa dari pemerintah hingga swasta. Terdapat juga peralatan bermain air yang dapat disewa, meskipun tidak terlalu lengkap, namun tetap menyenangkan untuk dicoba oleh para tamu.

Toilet terletak di sudut destinasi sehingga pengunjung dapat mencuci diri. Toilet ini tidak terlalu besar namun cukup bersih dan terdapat air mengalir. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi baik sepeda maupun mobil dapat menitipkannya di tempat parkir. Maka Anda perlu menyewa speedboat untuk menjelajahi pulau tersebut.

Warung makan masih belum terlihat di Pulau Pasir karena lokasinya yang cukup jauh dari kota. Wisatawan tentunya bisa membawa bekal makanan sendiri agar tidak merasa lapar. Masih belum ada tempat ibadah di seluruh pulau. Selain itu pihak pengelola telah menyediakan gazebo atau tempat duduk meski tidak terlalu banyak untuk bersantai.

Itulah gambaran destinasi Pulau Pasir di Belitung yang masih bernuansa alam. Setiap pengunjung pasti akan terkesima, karena tempat tersebut dikelilingi panorama. Anda wajib mengajak kerabat dekat untuk menghabiskan akhir pekan di pulau ini. Siapkan juga segala perlengkapan yang diperlukan untuk mengunjungi pulau tersebut agar liburan terasa semakin seru.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button