Tempat Wisata

Pulau Pasumpahan, pulau eksotik dengan segudang pesona menakjubkan di Padang

Pulau Pasumpahan merupakan destinasi bahari yang indah di Padang dengan berbagai daya tarik dari segi pemandangan dan aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan.

Biaya tur: Mulai dari Rp 15.000, Jam beroperasi: 07.30 – 16.00 WIB, Alamat: Teluk Kabung Selatan, Kecamatan. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasinya

Pulau Pasumpahan merupakan salah satu tempat terbaik di Padang, Sumatera Barat untuk melepas kepenatan. Objek wisata cantik ini mewakili sebuah tempat yang memanjakan mata, sehingga wisatawan akan bersenang-senang di tempat ini. Wisata alamnya yang masih asri ditemani pasir lembut menambah sejuk suasana.

Banyak panorama menarik dan indah yang bisa dilihat di sana. Selain itu, tampilannya akan berbeda dengan tampilan lainnya. Ada beberapa daya tarik menarik seperti keindahan terumbu karang dan biota laut di dalamnya yang masih terjaga dengan baik sehingga semakin indah.

Terdapat juga bukit-bukit indah yang menambah asrinya suasana dan cocok untuk penyembuhan. Apakah Anda tertarik menjelajahi keindahan tempat ini? Biar penasaran, kenali lebih jauh Pulau Pasumpahan mulai dari daya tariknya, harga tiketnya, lokasinya, aktivitas seru yang sayang untuk dilewatkan, hingga fasilitas yang tersedia di sana.

Objek Wisata yang ditawarkan Pulau Pasumpahan

Daya Tarik Pulau PasumpahanFoto: Google Maps/Dino Eka Putra

Dibandingkan pulau wisata lainnya, ada beberapa daya tarik yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Cari tahu alasannya dengan simak penjelasan di bawah ini:

✦ Pasir putih halus dan pemandangan indah

Keindahan pertama yang menjadi daya tarik Pulau Pasumpahan adalah pasir putihnya yang halus dan airnya yang jernih memanjakan mata. Pulau ini cukup luas sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan alam dari segala sudut. Selain pasirnya yang putih, juga terdapat terumbu karang yang indah dan terawat.

Siapapun yang ingin berwisata ke pulau ini pasti tidak akan bosan. Apalagi saat Anda berjalan tanpa alas kaki menyusuri bibir pantai dan merasakan lembutnya tekstur pasir.

✦ Lihatlah aktivitas nelayan

Pulau ini menawarkan panorama yang sempurna untuk mengamati keseharian para nelayan. Pasalnya, banyak nelayan yang berkumpul di pulau ini untuk sekedar nongkrong dan mencari perlindungan. Menariknya melihat aktivitas para nelayan saat menangkap ikan menjadi hiburan tersendiri. Cara melihatnya juga cukup mudah karena Anda hanya perlu berada di tepi pantai.

✦ Ikan hiasnya banyak

Pulau Pasumpahan sangat menarik karena mempunyai banyak potensi. Salah satunya keindahan ikan hias yang terdapat di dalamnya membuat pemandangan semakin menarik. Ada banyak jenis ikan di pesisir pulau ini. Jadi kalau menyelam pasti menyenangkan.

Oleh karena itu, pulau yang awalnya digambarkan sebagai pulau tak berpenghuni ini kemudian menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh penduduk lokal maupun asing. Sebab, keindahan alamnya mempunyai potensi yang bagus.

✦ Dikelola dan dikembangkan oleh masyarakat setempat

Pulau ini akhirnya diubah menjadi tempat wisata dan dikelola oleh masyarakat setempat. Rumah liburan tersedia bagi wisatawan di pulau eksotis ini. Selain itu, Anda juga bisa menyewa tenda secara gratis untuk menikmati liburan bersama keluarga dengan harga terjangkau.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau PasumpahanFoto: Google Maps/Rony Gusman

Pulau Pasumpahan letaknya strategis dan mudah dijangkau karena tidak jauh dari pusat kota. Lokasi tepatnya Pulau Pasumpahan berada di Kecamatan Bangus, Teluk Kabung Selatan, Padang, Sumatera Barat. Untuk mencapai wisata bahari ini penting untuk menempuh berbagai rute.

Jika wisatawan datang dari pusat kota, maka harus ke kawasan Painan terlebih dahulu. Selanjutnya Anda bisa mengambil jalur menuju desa Sungai Pisang. Setelah itu ikuti saja jalan tersebut hingga pengunjung sampai di dermaga. Pilihlah perahu yang menuju kawasan pulau ini.

Untuk kenyamanan Anda, tersedia juga paket wisata dimana Anda dapat membayar langsung dengan pembelian dan menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan. Selanjutnya para nelayan ini akan membawa wisatawan ke tempat wisata bahari tersebut. Waktu penyeberangan adalah 20 menit.

Biaya Wisata Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan merupakan destinasi wisata bahari yang menarik di Sumatera Barat. Jika ingin ke sana, Anda harus membayar tiket masuk yang cukup murah. Setiap pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 saja. Harganya cukup murah bukan?

Jika ingin menyeberang ke pulau ini, mungkin ada beberapa wisatawan yang ingin naik perahu untuk menuju ke tempat ini. Untuk itu ada biaya tambahan lagi untuk boarding yaitu Rp 50.000 hingga 75.000 dari keberangkatan hingga kepulangan. Jika wisatawan ingin camping di Pulau Pasumpahan, ada biaya lain yaitu hanya Rp 15.000 saja.

Namun biaya ini dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan keputusan pengelola pulau. Terdapat juga beberapa homestay dan penginapan bagi Anda yang ingin bermalam dengan nyaman dan tidak suka berkemah. Biayanya tergantung fasilitas yang diberikan berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 700.000.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau PasumpahanFoto: Google Maps/Zikri Taufiq

Wisatawan bisa menemukan berbagai aktivitas menyenangkan di Pulau Pasumpahan. Oleh karena itu, tak heran jika objek wisata kelas dunia ini banyak dikunjungi. Beberapa kegiatan yang dilakukan di pulau ini adalah sebagai berikut:

1. Snorkeling

Pemandangan bawah laut tentu akan sangat menyenangkan apalagi saat air lautnya jernih. Inilah yang ditawarkan kota wisata menawan ini. Pulau Pasumpahan terkenal dengan keindahan bawah laut dan ekosistemnya yang masih terjaga.

Oleh karena itu, wisatawan dapat menjelajahi dan melihat indahnya pemandangan Pulau Pasumpahan melalui snorkeling. Terdapat banyak spesies ikan disertai dengan panorama terumbu karang yang indah. Pengunjung juga bisa mengabadikan momen tersebut dengan kamera petugas yang bertugas.

2. Ayunan air di Pulau Pasumpahan

Tempat wisata ini juga disertai dengan ayunan di atas air sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dari atas. Tempat wisata ini tidak hanya sekedar menikmati pemandangan saja, namun juga ramai dengan pengunjung yang ingin berfoto di atas ayunan. Hasil foto ini akan terlihat cantik dan eksotik, cocok untuk dijadikan foto instagramable kamu.

3. Naik ke puncak bukit

Jika bosan bermain air dan menikmati pemandangan laut, wisatawan juga bisa memilih objek wisata perbukitan yang juga terletak di Pulau Pasumpahan. Bukit yang berdiri kokoh di pulau ini tingginya mencapai sekitar 10 meter di atas permukaan laut. Kehati-hatian diperlukan saat mendaki karena jalannya cukup terjal. Namun tak perlu khawatir karena terdapat juga tali yang bisa dijadikan pegangan untuk mendaki ke puncak bukit.

Setelah sampai di atas bukit, tersaji pemandangan indah dari ketinggian yang semakin menambah relaksasi bagi para wisatawan.

4. Wisata kuliner

Aktivitas menyenangkan lainnya adalah wisata kuliner di pulau ini. Wisatawan bisa menemukan berbagai warung, kafe, dan warung yang menawarkan makanan laut segar dan berbagai makanan lezat lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau PasumpahanFoto: Google Maps/Peter Santosa

Pulau ini memiliki luas yang luas dan mencakup sekitar 5 hektar lahan yang menakjubkan. Di dalamnya terdapat fasilitas yang cukup lengkap seperti resort dan warung makan yang disediakan oleh warga pulau ini.

Tempat makan di tempat wisata ini juga biasanya memiliki pendopo, kursi dan meja yang berfungsi sebagai tempat istirahat dan menikmati pemandangan.

Pulau Pasumpahan merupakan destinasi wisata pantai dan bukit yang ada di pulau ini dan disertai dengan keindahan alamnya. Bagi yang ingin mengunjungi kami sebaiknya menyiapkan beberapa perlengkapan pendukung seperti baju ganti, dompet, tempat perkemahan, dan lain-lain.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button