Tempat Wisata

Pulau Penyengat Tanjungpinang – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

Biaya Tur: Mulai dari Rp 700.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sting, Kek. Kota Tanjung Pinang, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau; map: Cek lokasi

Pulau Penyengat merupakan destinasi wisata yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan pulau ini memiliki berbagai keindahan yang tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika setiap orang yang melihatnya bisa langsung terkesima dan terpesona dengan keindahan pulau cantik di Tanjungpinang ini.

Banyak sekali hal menarik yang hanya bisa kamu rasakan dengan mengunjunginya. Tentu saja cukup banyak wisatawan yang menikmati liburan di sana. Tidak hanya wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara. Oleh karena itu sangat mungkin Anda akan mendapatkan teman atau kenalan baru selama berlibur di tempat ini.

Selain teman baru, tentunya Anda juga akan mendapatkan pengalaman baru dan tak terlupakan seumur hidup. Oleh karena itu, segera kunjungi pulau ini agar waktu liburan tidak terbuang percuma. Namun, alangkah baiknya untuk mengeksplorasi berbagai hal terkait Pulau Penyengat sebelum memutuskan untuk berkunjung.

Daya tarik Pulau Menyengat

Atraksi Pulau MenyengatSumber gambar: Google Maps Effendi Zainuddin

1. Punya cerita sejarah

Selain nama pulau yang unik, pulau ini juga memiliki sejarah sejarah yang cukup unik. Dahulu, berdasarkan sejarah, pada saat itu Pulau Penyengat banyak dikunjungi oleh para pelaut untuk mengambil air untuk bekal selama pelayaran karena sumur-sumur di sana menghasilkan air yang dapat diminum.

Saat itu ada pelaut yang berani melanggar pantangan yang diberikan. Karena itu, tiba-tiba segerombolan hewan mirip lebah menyengat pelaut itu. Hewan tersebut akhirnya mendapat julukan Stinging Beast, kemudian tempat ini mendapat nama Stinging Island.

Namun, pada zaman Kerajaan Riau, pulau itu disebut dengan Penyengat Indrasakti. Bahkan pulau ini pernah dijadikan sebagai mahar Sultan Mahmud yang diberikan kepada istrinya yang cantik jelita bernama Engku Putri.

2. Banyak spot foto menarik

Pulau ini memiliki panorama yang sangat indah karena terdapat berbagai jenis bangunan bersejarah di sana. Oleh karena itu, ada banyak spot bagus yang bisa dijadikan spot foto. Foto-foto akan terlihat sangat menarik karena didasarkan pada bangunan bersejarah yang unik yang dipadukan dengan pemandangan alam yang eksotis.

3. Populasi padat

Jika sebagian besar pulau yang dijadikan tujuan wisata tidak terlalu padat penduduk atau bahkan sama sekali tidak berpenghuni. Jadi berbeda dengan pulau eksotis ini karena tergolong cukup padat penduduknya. Jika Anda berkunjung ke sana, Anda juga akan melihat aktivitas sehari-hari dari berbagai jenis orang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau PenyengatKredit foto: Google Maps Elita Nursetiari

Pulau Penyengat terletak di Tanjungpinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Riau. Jarak dari pulau ke Kota Batam sendiri sekitar 35 kilometer dan dari Kota Tanjungpinang hanya 3 kilometer. Rute dengan perahu pompong dari Tanjungpinang memakan waktu sekitar 15 menit.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, Anda bisa menaiki jalur Tanjungpinang. Anda bisa langsung menuju Dermaga Penyengat di Kota Batam. Setibanya di Telaga Punggur, naiklah feri hingga sampai di tempat tujuan.

Namun, jika Anda datang dari Kota Jakarta, naiklah pesawat dari Bandara Soekarno Hatta. Setelah itu, Anda akan tiba di Bandara Fisabilillah di Tanjungpinang. Kemudian cukup melanjutkan perjalanan dengan taksi untuk menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura. Maka yang harus Anda lakukan adalah naik perahu pompong ke tujuan Anda.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau PenyengatSumber gambar: Google Maps Effendi Zainuddin

Biaya yang pasti dikeluarkan pengunjung adalah menyewa perahu pompong mulai dari 7.000 rupiah untuk satu orang. Kemudian sesampainya di pulau lanjutkan perjalanan dengan menyewa becak bermotor maka anda perlu merogoh kocek sebesar 30.000 rupiah. Di sisi lain, tidak ada tiket masuk yang perlu dibayar untuk memasuki kawasan pulau ini.

Setidaknya Anda perlu menyiapkan uang sekitar 700.000 hingga 1 juta rupiah sebelum Anda berniat menghabiskan liburan di pulau Penyengat. Jumlah ini cukup untuk berkeliling, makan, menginap dan membeli oleh-oleh. Kalau mau lebih hemat lagi, manfaatkan saja paket wisata liburan yang menawarkan promo menarik.

Kegiatan Seru di Pulau Penyengat

Aktivitas seru di Pulau PenyengatSumber gambar: Google Maps Effendi Zainuddin

1. Berkeliling dengan sepeda

Anda bisa menjelajahi kawasan pulau dengan sepeda yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Hal ini tentunya terasa sangat mengasyikkan karena Anda akan melihat pedesaan di sekitarnya dengan semilir angin yang sepoi-sepoi.

2. Wisata Religi Masjid Agung Sultan Riau

Bahkan, di Pulau Penyengat terdapat sebuah masjid terkenal yang dijadikan sebagai wisata religi bagi para wisatawan. Masjid ini dulunya dibangun dari kayu, tetapi Raja Abdurrahman merenovasi masjid dengan beton pada tahun 1872.

Saat memasuki masjid ini, wisatawan diwajibkan memakai pakaian yang sopan dan bersih. Wanita diharuskan memakai kerudung panjang atau selendang untuk menutupi rambut mereka. Wisatawan juga tidak diperbolehkan mengambil foto di dalam masjid agar pelayanan di sana tidak terganggu.

3. Tur Sastra

Pulau Penyengat sendiri populer sebagai pulau literasi. Karena sudah banyak ulama yang menetap dan menciptakan karya. Salah satu ulama yang paling terkenal adalah Raja Ali Haji yang menyandang gelar pahlawan nasional di bidang sastra berupa 12 Gurindam yang sangat terkenal.

4. Berburu masakan Malaysia

Setelah lelah mencoba berbagai aktivitas di sana, inilah saat yang tepat untuk mencoba semua masakan Melayu. Ada berbagai menu dengan masakan khas melayu yang bisa Anda temukan dengan mudah di pulau ini. Menu yang banyak diburu wisatawan antara lain ayam kecap, timun kuning, pacri nanas, daging kurma rebus, dan nasi bumbu.

Selain itu, ada juga minuman ringan bernama Dohot yang sangat khas Melayu. Minuman ini sangat efektif mencegah panas dalam. Pastinya, beragam makanan dan minuman bisa menggiurkan lidah Anda saat bepergian.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi murah terdekatKredit foto: Google Maps Elita Nursetiari

1. Penginapan Sultan

Sultan’s Inn tidak jauh dari Balai Desa dan Masjidil Haram. Ada 3 tipe kamar dengan fasilitas lengkap. Fasilitas yang dimaksud misalnya kamar mandi pribadi, single bed, AC dan lain-lain. Harga untuk bermalam di penginapan ini sekitar 200.000 rupiah.

Karena jumlah kamar yang disediakan relatif sedikit, pelanggan harus memesan terlebih dahulu. Suasana di penginapan ini juga sangat cozy. Ini menjamin bahwa semua pelanggan merasa nyaman di sana.

2. Hotel Sanchaya

Sanchaya Hotel berada tepat di sebelah lapangan golf yang sangat bagus. Hotel ini bahkan memiliki pantai pribadi. Pengunjung bisa menikmati keseruan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di pantai. Fasilitas disana juga beragam seperti wifi, parkir, spa, kolam renang dan lain-lain.

3. Hotel siang dan malam

Akomodasi terdekat lainnya adalah Nite & Day Hotel. Fasilitas yang bisa Anda nikmati di sini juga cukup lengkap. Misalnya seperti parkir, wifi, sarapan, mandi dan lain-lain. Sebaliknya hotel ini tergolong sangat bersih dan rapi. Dengan demikian, kenyamanan pengunjung sangat terjamin selama menginap di sini.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Penyengat

Fasilitas Pulau PenyengatKredit foto: Google Maps Anas Malin

Tentunya karena Pulau Penyengat tergolong padat penduduk dan memiliki nilai sejarah yang tinggi, maka fasilitas yang disediakan juga lengkap dan memadai. Tentunya fasilitas yang paling menonjol adalah adanya berbagai destinasi wisata yang sangat menarik seperti Istana Kantor, Benteng Kursi, Gedung Bubuk Mesiu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada juga kios dan toko yang menjual makanan ringan dan suvenir untuk dibawa pulang. Karena itu, Anda tidak perlu repot membawa terlalu banyak jajanan dari rumah. Ada banyak toilet dan kamar mandi, sehingga mudah ditemukan di mana-mana. Umumnya ada biaya masuk untuk fasilitas toilet dan shower yang disediakan.

Bahkan, ada tempat di mana Anda bisa menyewa pakaian adat melayu. Ada beberapa pilihan warna seperti kuning, merah dan hijau. Pakaian adat tersebut memiliki nama, yaitu Kebaya Labuh. Jika Anda menyewa selama 15 menit, harga yang harus dibayar hanya 25.000 rupiah.

Itulah beberapa hal tentang Pulau Penyengat di Tanjungpinang yang menjadi salah satu tempat wisata favorit banyak orang. Ajak teman atau saudara agar liburan semakin seru dan menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button