Tempat Wisata

Pulau Pombo Maluku – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Tour

Biaya tur: Dari Rp 100.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: wow kec Salahutu, Kab.Maluku Tengah, Maluku; map: pemeriksaan situs

Pembahasan tentang kekayaan alam Kepulauan Maluku sepertinya tidak pernah ada habisnya. Banyak tempat indah yang bisa dijadikan referensi destinasi wisata saat liburan tiba. Salah satu tempat mempesona yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Maluku adalah Pulau Pombo.

Pulau kecil di Maluku ini memiliki pesona yang luar biasa. Letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk menjadikan pulau ini sangat asri dan alami. Tak hanya itu, fauna dan flora yang beraneka ragam menambah kekayaan dan pesona pulau kecil ini.

Keindahan pulau cantik ini tidak hanya terlihat di daratan, tetapi juga keanekaragaman alam bawah lautnya yang mampu memukau siapa saja yang melihatnya. Tak heran jika banyak wisatawan dari luar daerah yang rela datang dan menikmati segala keindahan alamnya.

Daya Tarik Pulau Pombo

Obyek wisata Pulau PomboKredit foto: Google Maps Noor Fitriya

1. Pesona alamnya yang menakjubkan

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Pombo, pengunjung akan disambut oleh pemandangan alam yang sungguh mempesona. Pemandangan alam yang terbentang sejauh mata memandang akan memanjakan mata Anda saat datang ke sini.

Jernihnya air laut berpadu dengan putihnya pasir pantai menciptakan pesona alam yang menakjubkan. Pemandangan semakin ditingkatkan dalam bingkai keindahan alam yang dimilikinya.

2. Wisata bawah laut yang eksotis

Selain kekayaan hayati di permukaannya, Pulau Pombo juga menyimpan potensi keajaiban bawah laut. Keindahan bawah laut pun bisa dinikmati dari atas permukaan air yang sangat jernih.

Warna-warni terumbu karang dan rumput laut yang dikelilingi oleh ikan-ikan cantik seakan menciptakan pertunjukan bawah air yang sungguh menawan. Beberapa biota laut bahkan berenang di dekat turis yang menyelam di laut.

3. Suasananya masih bagus

Lokasi pulau yang terpencil membuat ekosistemnya tetap utuh. Semilir angin pantai yang sangat sejuk serta pemandangan alam yang indah yang disuguhkan tentunya akan memanjakan mata dan pikiran para wisatawan.

Suasana alam yang benar-benar syahdu ini dapat menghilangkan penat dan stress sehingga membuat wisatawan lebih rileks.

4. Kaya akan flora dan fauna

Sebagai cagar alam, kekayaan flora dan fauna di Pulau Pombo tentu terjaga kelestariannya. Salah satu hewan yang menjadi maskot pulau keren ini adalah burung pombo. Pengunjung akan melihat banyak burung pombo terbang di atas area pulau.

Laut yang merupakan cagar alam laut ini juga memiliki kekayaan laut yang tak kalah mempesona. Aneka biota laut yang berwarna-warni akan terlihat sangat indah jika dilihat dari atas di permukaan laut yang sangat jernih ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pulau PomboKredit foto: Google Maps Gary Murakami

Karena posisinya yang berada di tengah laut, pulau kecil ini hanya memiliki sedikit akses, selain transportasi air seperti perahu atau speedboat. Pulau indah ini berjarak sekitar 38 km dari Kota Ambon atau membutuhkan waktu sekitar satu jam tiga puluh menit perjalanan darat dan laut.

Pengunjung yang datang dari Bandara Patimura dapat berkendara ke Pelabuhan Tulehu melalui jalan provinsi. Di pelabuhan Anda bisa menyewa speedboat atau menggunakan jasa kapal nelayan yang ada di sekitar dermaga.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Terminal Feri Waii sebagai alternatif penyeberangan ke Pulau Pombo. Jarak Terminal Ferry Waii yang lebih dekat dengan pulau membuat perjalanan laut Anda lebih cepat sampai di tempat.

biaya perjalanan ke pulau tersebut

Biaya wisata Pulau PomboKredit foto: Google Maps Alan Teo

Wisatawan dapat memilih dua layanan transportasi yang tersedia di dermaga untuk menuju pulau. Wisatawan yang ingin menyewa speedboat perlu menyediakan Rp 200.000-300.000 untuk satu orang.

Selain itu, di pelabuhan pengunjung juga bisa menggunakan jasa nelayan. Dengan biaya hanya sekitar Rp 100.000 per orang atau kurang, nelayan akan menemani wisatawan ke Pulau Pombo.

Aktivitas seru di Pulau Pombo

Kegiatan wisata di pulau PomboSumber gambar: Google Maps Ria Radamusa

1. Snorkling

Salah satu tawaran menarik yang selalu diunggulkan pulau cantik ini adalah mengeksplorasi keindahan alam bawah lautnya. Banyak cara yang bisa dicoba untuk menikmatinya, salah satunya adalah snorkeling di perairan pulau kecil ini.

Airnya sangat jernih sehingga semua biota laut bisa terlihat dari permukaan. Berenang di permukaan laut yang sangat bersih dan segar sambil menikmati keindahan alam bawah laut yang tiada duanya tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

2. Menyelam

Bagi Anda yang belum puas dengan aktivitas snorkeling, Anda bisa mencoba aktivitas menyelam untuk menikmati kekayaan laut dengan sensasi yang berbeda. Anda dapat menikmati hiruk pikuk flora dan fauna yang berwarna-warni di dasar laut.

Berenang bersama makhluk-makhluk laut yang sangat cantik dan berwarna-warni ini pasti akan membuat setiap orang ingin tidak segera beranjak dan berlama-lama di laut. Tetap berhati-hati dan ikuti semua petunjuk pemandu agar aktivitas menyelam Anda tetap aman dan menyenangkan.

3. Berenang

Berkunjung ke Pulau Pombo rasanya kurang lengkap jika tidak berenang dan menikmati kesegaran airnya. Memiliki ombak yang relatif kecil tentu menjadi nilai plus bagi pulau hits ini, memungkinkan pengunjung untuk berenang dan bermain air sepuasnya tanpa takut tersapu ombak.

Rasakan kesegaran air lautnya yang sangat jernih namun indah. Berenang bersama sahabat atau orang tersayang di tengah alam yang masih sangat terjaga pasti akan membuat liburan Anda menyenangkan dan mengasyikkan.

4. Di sekitar pulau

Selain fitur air, pengunjung dapat menikmati aktivitas seru lainnya di daratan pulau populer ini. Salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke sini adalah wisata pulau. Luas pulau yang hanya sekitar 4 kilometer persegi ini tentunya merupakan medan yang cukup mudah untuk dijelajahi.

Anda dapat menjelajahi seluruh bagian pulau tak berpenghuni ini dengan aman karena tidak ada hewan berbahaya. Saat menjelajah, Anda akan dihadapkan dengan berbagai kekayaan flora dan fauna yang menghuni pulau sejuk ini.

Berjalan-jalan di sekitar pulau sambil menyeruput keindahan alam yang sungguh kaya ini pasti akan menambah nilai pengalaman liburan Anda. Selain itu, banyaknya populasi burung pombo yang mengiringi perjalanan saat traveling juga akan membuat aktivitas Anda semakin menarik.

5. Berkemah

Sebagai pulau tak berpenghuni, Pulau Pombo tentunya bisa ditempati sesering mungkin. Bagi wisatawan yang belum puas menikmati keindahan alam pulau ini, kegiatan camping tentunya menjadi pilihan yang menarik untuk memenuhi keinginan Anda.

Sifatnya yang sangat alami dan udaranya yang sejuk menjadikan pantai yang indah ini sangat menyenangkan untuk dijadikan tempat perkemahan. Menghabiskan malam di alam terbuka yang tidak ada penghuninya sama sekali tentu merupakan kegiatan yang cukup menantang namun juga menyenangkan.

Pepohonan yang cukup rindang di sekitar pulau dapat dijadikan tempat berteduh atau untuk kegiatan lain seperti memasak atau makan bersama. Jadi jika anda membawa alat pancing tentunya bisa anda gunakan sebagai pelengkap menu saat camping di pulau keren ini untuk memancing.

6. Berburu foto keren

Keindahan panorama alam yang terbingkai indah di sebuah pulau kecil tentunya wajib untuk diabadikan. Hampir setiap sudut pulau yang sejuk ini memperlihatkan keindahan yang tiada tara.

Dengan menggunakan background Pulau Pombo yang keren ini tentunya akan membuat foto Anda terlihat semakin keren dan menarik. Gradasi warna natural yang sungguh indah juga mampu menambah sentuhan artistik pada setiap bidikan.

Anda juga bisa menggunakan kamera tahan air yang akan membantu Anda mengabadikan momen langka di laut. Berpose dengan cantiknya biota laut berwarna warni pasti akan menghasilkan foto yang indah untuk diunggah ke media sosial.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Sarana Wisata Pulau PomboKredit foto: Google Maps Ririn Ambar

Letak pulau yang terpencil dan tidak adanya penduduk sama sekali membuat pulau cantik ini menjadi tempat yang sangat minimalis. Anda tidak akan menemukan fasilitas apapun yang tersedia di pulau ini. pengunjung juga hanya disuguhkan pasir putih dan pepohonan tanpa ada orang di dalamnya.

Satu-satunya fasilitas umum yang dapat digunakan adalah transportasi air yang membawa Anda ke tempat tersebut. Meski demikian, perahu atau speedboat tidak berlama-lama di Pulau Pombo dan kembali ke dermaga.

Jika wisatawan ingin menikmati serunya scuba diving atau snorkeling, mereka bisa menyewa peralatan dan pemandu aktivitas dari perusahaan persewaan sebelum menuju pulau. Sedangkan jika wisatawan ingin berkemah, semua perlengkapannya harus dibawa sendiri, mulai dari tenda, obat-obatan, hingga perbekalan makanan.

Memang, pulau mungil ini memiliki potensi keindahan alam yang benar-benar luar biasa. Keistimewaan panorama alamnya mampu menarik banyak hati wisatawan untuk singgah di Pulau Pombo.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button