Tempat Wisata

Pulau Ranoh di Batam: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Batam memang terkenal dengan banyak wisata mempesona termasuk Pulau Ranoh. Milik Kepulauan Abang, pulau ini memiliki kawasan yang cocok untuk kunjungan wisata.

Pesona pulau ini adalah hamparan pasir yang menjorok ke sana menyerupai piringan. Hal menarik lainnya adalah adanya glamping Berkemah glamor dengan aktivitas dan fasilitas yang cukup mewah.

Lokasi Pulau Ranoh

Pulau RanoPulau Ranoh Sumber: instagram.com/enjoybatam_/

Pulau Ranoh merupakan salah satu pulau dari gugusan Kepulauan Abang. Secara administratif, pulau ini terletak di Pulau Abang, Batam, Kepulauan Riau, tepatnya di Kecamatan Galang Baru.

Rute menuju Pulau Ranoh

Akses menuju pulau ini cukup mudah karena dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Angkutan umum yang dapat ditumpangi adalah kendaraan yang disebut KANDAP. Tarif untuk kendaraan ini adalah Rp.50.000,- saja.

Untuk menuju Pulau Ranoh, Anda bisa menempuh perjalanan darat dan laut. Start dimulai dari Kota Batam menuju pelabuhan pulau Labun kemudian menuju jembatan 6 Barelang.

Setibanya di Jembatan 6 Barelang. Perjalanan menuju Pulau Ranoh bisa dilanjutkan dengan speedboat sekitar 20 menit berkendara.

Biaya masuk ke Pulau Ranoh

Sebenarnya tidak ada biaya yang ditetapkan pengelola untuk perjalanan ke Pulau Ranoh. Namun karena banyaknya fasilitas dan aktivitas yang bisa dilakukan di sana, banyak penyedia paket wisata. Berikut adalah biaya masuk untuk menikmati keindahan Pulau Ranoh:

  1. Biaya masuk: Rp 115.000 dan Rp 185.000

(Diperbarui Maret 2023)

Jam Operasional di Pulau Ranoh

Pulau ini sebenarnya bisa Anda datangi kapan saja karena buka 24 jam sehari, Senin hingga Minggu. Namun, fasilitas penunjang di sana mulai beroperasi mulai pukul 12.00 hingga tengah malam.

Peta lokasi pulau Ranoh

Fasilitas di Pulau Ranoh

Foto dari Pulau RanohFoto dari Pulau Ranoh Sumber: instagram.com/asadsaputra/

Fasilitas memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keberadaan tempat wisata. Banyak sekali fasilitas yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Pulau Ranoh. Fasilitas tersebut umumnya merupakan alat untuk membantu pengunjung bermain.

Tersedia perangkat pendukung untuk bermain sepak bola, voli pantai, catur dan permainan lainnya. Ada juga pilihan permainan air seperti Taman Air, Snorkeling, Kano Tunggal, Kano Ganda dan lainnya.

Selain fasilitas bermain, pulau ini juga memiliki fasilitas umum seperti toilet, toilet, mushola, dan restoran. Ada juga penjual cinderamata yang tersedia bagi pengunjung yang ingin membawa pulang oleh-oleh.

Akomodasi di Pulau Ranoh

Banyak pengunjung dari luar kota bahkan dari luar negeri, sehingga para pengunjung ini biasanya memilih untuk bermalam di pulau ini. Ada 2 jenis akomodasi di sini. apa pun? Berikut penjelasannya.

1. Kamar backpacker

Pilihan akomodasi pertama adalah Kamar backpacker. Akomodasi ini disediakan oleh pemandu wisata. Tersedia 12 unit kamar yang bisa ditempati untuk bermalam. Ruangannya cukup luas, cocok untuk tempat kumpul-kumpul.

Penginapan ini juga memiliki loker untuk menyimpan barang bawaan pengunjung. Kamar di tempat ini nyaman, luas dan dilengkapi dengan AC. Harga menginap adalah Rp 350.000 per malam.

2. Berkemah glamor

Persyaratan utama untuk menampung pengunjung adalah akomodasi berkemah glamor, atau yang biasa disebut glamping. Glamping menjadi daya tarik tersendiri di pulau ini karena pengunjung dapat berkemah dengan fasilitas mewah.

Jika ingin pergi glamping, pengunjung tidak perlu membawa perlengkapan camping dari rumah karena semua perlengkapan sudah disediakan oleh pihak pengelola. Ada 20 tenda yang disediakan, yang menawarkan ruang hingga 40 orang.

Harga untuk glamping adalah Rp 450.000 per tenda. Banyak fasilitas yang tersedia, mis set barbekyuapi unggun dan mini-bar. Glamping memang sangat cocok untuk liburan bersama teman-teman.

Kegiatan di Pulau Ranoh

Keindahan Pulau RanohPulau Ranoh Sumber: instagram.com/ranohisland/

Ada banyak jenis kegiatan yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Pulau Ranoh. Ini daftarnya.

1. Mainkan banana boat

Kegiatan pertama yang bisa kamu lakukan bersama teman adalah bermain BPerahu Nanas. Kegiatan ini pasti seru dan bisa memacu adrenalin. Harga sewa banana boat Rp 70.000 selama 5-8 menit.

2. Mainkan ski jet

Kegiatan memompa adrenalin berikutnya sudah dekat ski jet Sewa direncanakan di pulau ini ski jet berapa harganya Rp. 305.000,-, selama 15 menit. Kegiatan ini tentunya dapat memberikan pengunjung pengalaman yang tak terlupakan.

3. Kegiatan Menyelam

Tidak diragukan lagi air di Pulau Ranoh sangat indah dan bersih. Bagi yang menyukai olahraga air, scuba diving adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke pulau ini.

Di bawah laut, pengunjung dapat langsung melihat terumbu karang yang indah dan ikan-ikan cantik yang berenang di sekitarnya. Namun kegiatan ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak karang.

4. Berjemur di pantai

Berjemur merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan para pengunjung, terutama pengunjung dari luar negeri. Selain membuat kulit semakin eksotis, berjemur juga memiliki kenikmatan tersendiri.

Demikian pembahasan singkat tentang Pulau Ranoh. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk membuat kunjungan ke pulau ini lebih terencana dan menyenangkan.

Sekilas dan Foto Pulau Ranoh di Batam

Tempat bersantai di pulau Ranoh, Batam

Naik ATV di Pulau RanohSpot foto di Pulau RanohFasilitas lengkap di Pulau RanohSuasana pantai di Pulau RanohPulau Ranoh dari atas

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button