Tempat Wisata

Pulau Rinca Flores – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Tour

Biaya tur: Mulai Rp 50.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pasir Panjang, Kec. Komodo, Kab.Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pulau Rinca merupakan destinasi wisata yang patut dipertimbangkan. Wisata alam ini tidak hanya menyuguhkan keindahan tetapi banyak hal yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung. Pulau indah ini tidak jauh dari Pulau Komodo, sehingga hewan purba ini sering terlihat. Wisatawan akan merasa seperti di rumah sendiri saat melihat hal-hal keren yang ditawarkan destinasi ini.

Menghabiskan waktu berlibur memang selalu menyenangkan. Terutama ketika datang ke pulau yang mempesona ini. Ragam keindahan alamnya begitu memanjakan sehingga pengunjung akan terpuaskan saat datang. Banyak tempat yang bisa dijelajahi dengan bebas untuk terus menikmati momen kunjungan.

Destinasi Pulau Rinca menawarkan konsep wisata total. Karena Anda mendapatkan akses gratis untuk melihat panorama alam yang menakjubkan. Jika Anda berada di kawasan Taman Nasional Komodo, Anda juga akan menjumpai hewan purba ini. Ragam keindahan alam berupa keindahan pantai, padang rumput dan perbukitan akan semakin menimbulkan keseruan.

Daya Tarik Pulau Rinca

Obyek wisata pulau RincaKredit foto: Google Maps Mark Lebink

1. Menawarkan keindahan padang rumput

Jika datang ke Pulau Rinca, pengunjung harus menempuh jalur laut. Mengingat destinasinya merupakan pulau yang terpisah dari daerah lain. Yang membuatnya lebih menarik adalah adanya padang rumput yang bagus di area target. Sejauh mata memandang Anda akan melihat pesona alam yang begitu memukau untuk dinikmati.

Padang savana berwarna coklat menjadi daya tarik yang menarik bagi pengunjung. Anda bisa melihat bukit-bukit tinggi dan laut biru dari jauh. Tampaknya keduanya jelas menjadi nilai tambah wisata alam. Tidak salah jika sebagian besar wisatawan betah saat berkunjung ke destinasi wisata. Bidikan yang dihasilkan akan semakin menarik.

2. Pulau Rinca adalah rumah bagi komodo

Seperti disebutkan di atas, destinasi Rinca terletak di sebelah Pulau Komodo. Oleh karena itu, tempat wisata ini juga menjadi rumah bagi hewan purba langka tersebut. Saat waktunya tiba, Anda bisa langsung melihat komodo berkeliaran. Tentu akan menjadi pengalaman langka untuk bisa bertemu langsung dengan hewan ini.

Destinasi menawan ini memang terkenal dengan komodo. Tak ada salahnya jika wisatawan menantikan untuk melihatnya secara langsung. Bagaimanapun, hewan purba ini adalah hewan liar, jadi pastikan Anda selalu ditemani oleh seorang ranger untuk merawatnya. Karena itu, pejabat setempat siap menemani perjalanan para pengunjung.

3. Memiliki bukit yang indah

Pulau Rinca menawarkan pesona yang tiada habisnya. Selain berkesempatan melihat pemandangan alam, Anda juga bisa mengikuti wisata trekking yang seru. Karena ada sebuah bukit indah yang bisa dikunjungi pengunjung. Dari puncak ini pemandangan destinasi akan terlihat sangat mempesona.

Kegiatan trekking menuju puncak akan sangat mengasyikkan. Selain itu, akses jalan pun dibuat begitu mudah. Tidak ada kendala yang berarti bagi para pengunjung. Rasa lelah akan terbayar seketika saat melihat pesona keindahan alam yang mumpuni. Ini adalah tempat yang sangat nyaman untuk bersantai dan menikmati alam.

4. Pantai menawan dengan pasir putih

Wisata alam Rinca bagaikan surga tersembunyi bagi para wisatawan. Karena ada berbagai jenis atraksi yang akan membuat setiap orang terpesona. Ada juga pantai yang akan menjadi tempat paling nyaman untuk bersantai. Sebagian besar wisatawan memilih bersantai sambil menikmati pemandangan alam.

Pantai dengan laut biru disertai pasir putih ini tampak sangat mempesona. Pengunjung akan terpesona dengan pemandangan alam yang masih alami dan terjaga. Selain itu, udara di sekitar lokasi masih terasa sejuk. Menjadi tempat paling cocok untuk menghilangkan penat beraktivitas.

Alamat dan rencana perjalanan ke pulau

Alamat wisata pulau RincaKredit foto: Google Maps Febrie Purwoandhika

Terkadang butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke tujuan yang menarik. Begitu juga jika Anda datang ke Pulau Rinca. Destinasi ini seperti pulau pribadi, sehingga perjalanan Anda harus terus melintasi lautan. Meski demikian, fasilitas seperti persewaan perahu sudah tersedia, jadi tidak perlu panik.

Wisata alam yang menakjubkan ini berlangsung di Taman Nasional Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Letak geografis ini juga memungkinkan wisatawan untuk melihat binatang purba seperti komodo. Bicara soal akses, sebenarnya pengunjung tidak akan menemukan kendala yang berarti mengingat pilihan rute dan akomodasi yang lengkap.

Jika Anda datang dari Labuan Bajo, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan perahu. Pertama, pengunjung bisa datang ke Dermaga Loh Buaya untuk mengikuti wisata indah ini. Jangan khawatir, apalagi dalam perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dengan udara yang sejuk.

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau Rinca

Biaya tour pulau RincaKredit Foto: Google Maps Tristan Cooper

Selama Anda ingin bepergian, hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah anggaran. Biaya perjalanan dan tiket perlu dipertimbangkan. Tarif masuk ke Pulau Rinca sendiri mencapai Rp 50.000 per orang. Harga tersebut cukup bersahabat mengingat penawaran wisata yang disajikan sangat lengkap.

Namun perlu diketahui bahwa harga tersebut belum termasuk akomodasi seperti sewa perahu. Jika Anda menganggap bahwa dibutuhkan perjalanan laut untuk sampai ke tujuan. Datang bersama rombongan atau kerabat akan menambah keseruan dan menekan biaya. Ada juga biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk jasa ranger.

Penjaga hutan memiliki tugas penting untuk memandu perjalanan Anda yang aman. Pasalnya, banyak komodo yang justru bisa merugikan pengunjung. Didampingi petugas berpengalaman, keamanan Anda terjamin.

Aktivitas seru di Pulau Rinca

Kegiatan wisata di Pulau RincaKredit Foto: Saluran Udara Faried Google Maps

1. Melihat langsung Hewan Purba Langka

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan saat datang ke Pulau Rinca. Salah satunya tentu bertemu dengan hewan purba seperti komodo. Hewan ini tergolong langka mengingat hanya ada di Pulau Komodo. Tak jauh dari destinasi ini, Anda bisa mengamati hewan purba ini dari dekat.

2. Menikmati panorama pantai

Bersantai di pantai memang selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi jika Anda berada di tempat yang menawarkan keindahan alam. Memang, pantai tujuan mempesona ini tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung. Menawarkan pemandangan memukau akan mempesona siapa pun untuk waktu yang lama.

3. Bermain atau berenang di air

Tak puas hanya bersantai melihat keindahan pantai, pengunjung juga bisa langsung terjun untuk bermain atau berenang di air. Mengingat sasaran ombaknya tidak deras, wisatawan bisa leluasa bergerak di dalam air. Meski demikian, awasi anak Anda dan jangan biarkan mereka bermain sendirian tanpa pengawasan.

4. Snorkling

Pemandangan tepi pantai Pulau Rinca tidak boleh dilewatkan. Tak terkecuali di daratan karena ragam keindahan biota lautnya yang sangat memikat. Terumbu karang dan ikan-ikan cantik siap menemani keseruan snorkeling Anda. Tak pelak, banyak pengunjung yang memilih aktivitas ini saat berwisata.

5. Mendaki bukit yang indah

Trekking adalah kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan wisatawan. Kegiatan ini cocok bagi Anda yang suka berpetualang. Berbagai medan menunggu untuk ditaklukkan untuk mencapai puncak bukit. Di bukit ini pengunjung bisa melihat keindahan pulau yang indah dan mempesona ini dengan lebih leluasa.

6. Berburu foto berkualitas

Mengunjungi Pulau Rinca adalah cara terlengkap untuk mengabadikan momen liburan. Manfaatkan banyak pilihan spot foto berkualitas di destinasi wisata. Latar belakang yang indah membuat bidikan semakin memukau. Hal ini membuat momen liburan semakin tak terlupakan.

7. Melihat keindahan sunset

Matahari terbenam adalah proposisi yang menarik ketika mengunjungi tujuan wisata yang indah. Selain itu, wisata alam Rinca menawarkan berbagai pilihan tempat yang tepat untuk melihat keindahan matahari terbenam. Mereka memilih, misalnya, dari atas bukit untuk melihat keindahan fenomena ini. Melawan kelelahan akan segera terbayar.

Selain dari atas bukit, sajian sunset yang mempesona juga bisa dilihat dari pantai. Saat piknik bersama rekan-rekan, pengunjung bisa merasakan matahari terbenam dari dekat. Berada di tempat yang indah ini akan selalu membekas di hati para pengunjung.

8. Tanam mangrove

Wisata alam berupa pulau ini selalu berusaha menjaga kelestarian alam. Demi menjaga keindahan destinasi, berbagai kegiatan positif terus dilakukan. Misalnya, mangrove sering ditanam. Oleh karena itu, wisatawan bisa ikut menanam mangrove di pantai.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Wisata Pulau RincaKredit foto: Google Maps Nurul Firdha Lisyana

Pulau Rinca selalu menjadi tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Destinasi ini juga didukung dengan fasilitas yang mumpuni, tidak main-main. Fasilitas yang lengkap menjamin keseruan wisatawan membuat betah. Misalnya, tersedia fasilitas umum seperti toilet, ruang ganti, tempat parkir, dan tempat ibadah.

Akses jalan juga dipermudah. Jadi Anda tidak perlu panik saat berkunjung. Jika Anda tidak sempat membawa perbekalan, Anda bisa memanfaatkan beberapa warung makan yang tersedia. Cemilan dan makanan yang cukup lengkap menjadikannya pilihan yang menarik.

Jika wisatawan sudah siap bermalam, tidak perlu bingung. Ada pilihan homestay yang berbeda sehingga tidak akan sulit untuk menentukannya. Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk antar jemput. Jangan lupa sewa ranger untuk menemani wisata Anda.

Itulah beberapa informasi tentang atraksi, fasilitas dan aktivitas menarik yang dilakukan di Pulau Rinca, Flores. Wisata alam ini cukup lengkap sehingga anda akan puas selama berkunjung. Jangan lupa siapkan mental dan tenaga ekstra agar perjalanan menuju lokasi syuting berjalan lancar.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button