Tempat Wisata

Pulau Rinca: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Selain pulau Komodo dan Padar yang menjadi daya tarik utama destinasi wisata di Labuan Bajo, ada juga beberapa pulau lain yang tak kalah menarik dengan panorama ikoniknya. Salah satu pulau yang menarik tersebut adalah Pulau Rinca. Wisata pulau ini merupakan salah satu pulau yang ada di kabupaten Manggarai Barat. Kawasan wisata ini juga merupakan salah satu pulau besar di kabupaten tersebut.

Pulau Rinca dekat dengan kawasan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, sehingga komodo juga banyak terdapat di kawasan wisata ini. Bepergian di pulau yang indah ini, Anda akan dibuat takjub dengan panorama alam yang menanti Anda. Keindahan ikonik Pulau Rinca telah menjadi terkenal di mata wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pemandangan Pulau Rinca:

1. Rumah kadal raksasa purba

Komodo yang juga dikenal sebagai kadal raksasa purba juga hidup di pulau wisata ini. Hal ini disebabkan jarak antara Pulau Rinca dan Pulau Komodo yang berdekatan. Kawasan wisata ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo. Anda dapat melakukan perjalanan ke Pulau Rinca dari Labuan Bajo dengan durasi sekitar 2 jam. Di kawasan wisata alam ini, Anda bisa mengamati langsung habitat komodo.

Saat Anda berada di Pulau Rinca, Anda akan dipandu oleh seorang ranger dengan tongkat sihirnya yang siap menakut-nakuti komodo jika mereka bertemu dengan Anda dalam tur Anda. Karena komodo hidup liar dan sangat berbahaya jika pengunjung tidak didampingi oleh ranger. Apalagi saat komodo lapar, perilakunya secara alami menjadi liar.

Usahakan untuk tetap waspada selama berwisata di pulau ini karena komodo sangat mudah ditemukan di kawasan ini. Pastikan juga komodo tidak menggigit Anda, karena bakteri mematikan berada di mulut kadal purba raksasa ini. Fungsi bakteri adalah untuk melumpuhkan mangsanya. Tetap di bawah pengawasan ranger Anda untuk memastikan keamanan tur Anda.

2. Padang rumput yang indah

Sebagian besar wilayah Pulau Rinca ditutupi oleh padang rumput berwarna coklat. Pemandangan menarik ini seolah membawa kita ke padang savana yang sangat luas. Apalagi saat Anda sudah berada di atas bukit, Anda bisa menikmati pemandangan padang rumput ini sampai bernafas. Perpaduan pemandangan savana, perbukitan terjal dan juga birunya laut langsung membuat takjub dan takjub.

3. Pantai pasir putih

Anda yang menyukai pantai juga disuguhi keindahan pantai yang sangat mempesona. Pantai di Pulau Rinca ini memiliki pasir putih dan sangat lembut. Tentunya pemandangan yang indah di sini sangat cocok bagi pengunjung untuk betah dan menikmati suasana kawasan wisata ini dalam waktu yang lama.

Selain itu, pantai ini juga memiliki ombak yang bersahabat. Cuaca dan sinar matahari juga menemani tur Anda sepenuhnya. Semua pemandangan tersebut bisa menjadi backdrop sempurna jika ingin berjemur di pantai wisata ini.

bukit ke-4

Ada juga bukit yang menjulang tinggi di Pulau Rinca yang menyuguhkan pemandangan indah dari sana. Anda dapat mendaki ke puncak bukit melalui jalur yang relatif mudah.

Ketika Anda sampai di puncak bukit, pemandangannya menakjubkan. Lanskap alam yang berbeda bergabung bersama akan membuat Anda merasa seperti berada di surga.

Anda yang melakukan pendakian saat senja akan menyaksikan sunset yang memanjakan mata. Pemandangan matahari terbenam dari bukit ini tidak kalah indahnya dengan pemandangan matahari terbenam dari pantai. Rasa lelah selama pendakian akan langsung terbayar dengan menikmati keindahan mempesona yang bisa Anda nikmati dari atas perbukitan pulau ini.

Fasilitas Pulau Rinca:

  • Toilet
  • warung makan
  • keluarga tamu

Biaya masuk pulau Rinca

  • Biaya masuk: Rp 50.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Waktu Operasi di Pulau Rinca :

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore

Lokasi dan rute perjalanan Pulau Rinca :

Pulau Rinca terletak di kawasan Taman Nasional Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute menuju tempat wisata tersebut adalah dari Labuan Bajo menuju Pulau Rinca. Pengunjung dapat menyewa perahu atau jasa biro perjalanan. Perjalanan dari Laboan Bajo ke Pulau Rinca memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan laut. Anda akan berlabuh di Dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca.

Setelah itu anda akan menemukan pos jaga dan anda bisa membeli tiket untuk masuk ke objek wisata. Selain itu, pengunjung dapat menjelajahi Pulau Rinca ditemani seorang ranger yang juga akan melindungi Anda dari bahaya komodo yang mungkin Anda temui selama perjalanan.

Pulau Rinca merupakan salah satu kawasan wisata di Nusa Tenggara Timur. Tempat wisata ini menawarkan banyak pemandangan yang indah sehingga banyak pengunjung yang datang, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Jumlah pengunjung semakin hari semakin meningkat untuk menikmati pemandangan indah dan suasana damai di pulau wisata ini.

Pulau Rinca merupakan salah satu sumber asal biawak raksasa purba, sehingga pengunjung dapat melihat langsung komodo di sini. Selain itu, saat berkunjung ke Pulau Rinca, Anda juga akan terkagum-kagum dengan pemandangan menarik lainnya. Oleh karena itu tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin menikmati waktu berwisata di NTT.

Peta lokasi pulau Rinca

Tips Berkunjung ke Pulau Rinca

Jadikan liburan anda dan keluarga di Pulau Rinca semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Rinca adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pulau Rinca bersama orang tersayang dan rasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pulau Rinca.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima selama berlibur di Pulau Rinca.

Galeri foto pulau Rinca

Pulau RincaPulau Rinca Sumber: google.comPulau RincaPulau Rinca Sumber: google.comPulau RincaPulau Rinca Sumber: google.comPotret Pulau Rinca dari lautTaman Nasional KomodoPotret patung Komodo di dermagaMuseum Pulau Rincafasilitas istirahatKomodo di Pulau Rinca

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button