Tempat Wisata

Pulau Rubiah Sabang – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

Biaya Tur: Mulai dari Rp20.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; map: Cek lokasi

Pulau Rubiah merupakan salah satu destinasi wisata di Sabang, Aceh. Memiliki keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, yang membuatnya sangat menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Menurut laporan, pulau yang satu ini hanya didesain sebagai tempat wisata, sehingga pulau ini hanya dihuni oleh beberapa keluarga saja.

Pulau Sabang sudah lama menjadi pulau yang terkenal dengan wisata bawah laut lainnya. Hal ini tampaknya menjadi tujuan yang mudah bagi wisatawan asing. Hal ini cukup membuktikan bahwa keindahan Laut Rubiah sangat terkenal. Tentunya ini akan menjadi surga bagi pecinta diving dan snorkeling.

Banyak perusahaan persewaan peralatan yang biasa digunakan untuk menyelam dan snorkeling. Harga tersebut masih dalam batas wajar dan cukup terjangkau. Pemandangan indah Pulau Rubiah dengan pantai-pantai di sekitarnya pasti akan membuat Anda nyaman dan takjub dengan keindahannya.

Objek wisata Pulau Rubiah

Objek wisata Pulau RubiahKredit foto: Google Maps Bhekti Lestari

1. Kisah Rubiah

Menurut cerita yang berkembang dari waktu ke waktu, penamaan Rubiah bukan sembarang nama. Hal ini karena di masa lalu ada orang yang cukup terkenal di pulau ini bernama Siti Rubiah. Menurut laporan, makam almarhum Siti Rubiah berada di dekat kawasan Rubiah.

Siti Rubiah sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak tokoh yang dipercaya sebagai pembawa ajaran Islam ke Aceh. Untuk menghormati jasanya, nenek moyang setempat menamai pulau ini Rubiah. Nama ini dimaksudkan untuk mengenang suara yang dibawakan oleh Siti Rubiah.

2. Tempat Snorkeling dan Menyelam

Berkat keindahan alam bawah lautnya, Pulau Rubiah dianggap sebagai spot paling diminati untuk snorkeling dan diving saat berlibur di provinsi Aceh. Perairan Rubiah yang bersih membuat pengunjung benar-benar betah berada di sana. Tak heran, pulau di Aceh ini nyaris tak pernah sepi pengunjung.

Anda akan dengan mudah menemukan berbagai jenis ikan air asin saat berlibur di Rubiah. Jenis landscape ini tentunya sangat digemari oleh para pecinta diving dan snorkeling. Anda dapat menyewa peralatan menyelam dan snorkeling yang disediakan oleh pengelola Rubiah. Ini pasti akan menjadi daya tarik utama Rubiah.

3. Keindahan alam yang menakjubkan

Bagi Anda yang ingin berlibur di wisata Rubiah, Anda akan disambut dengan hamparan pantai yang luas di sekitarnya dengan perairan yang jernih di kawasan pantainya. Angin sepoi-sepoi yang berhembus dijamin membuat Anda takjub dan nyaman. Pemandangan seperti ini tentu tidak akan Anda temukan di perkotaan seperti Jakarta.

Untuk itu, pulau di kota Sabang ini sangat cocok untuk Anda jadikan tempat liburan keluarga. Tempatnya yang jauh dari kota dan sangat menyatu dengan alam bisa membantu menyegarkan pikiran. Pergi berlibur bersama juga turut menambah rasa kekeluargaan.

Alamat, rute lokasi dan biaya perjalanan ke Pulau Rubiah

Alamat Pulau RubiahKredit foto: Google Maps Bhekti Lestari

Berdasarkan klasifikasi wilayahnya, maka wisata Pulau Rubiah termasuk ke dalam kawasan Pulau Weh yang merupakan pulau terbesar di kota Sabang, Aceh. Ada beberapa kendaraan yang bisa Anda gunakan untuk menuju lokasi pulau ini. Dan rute keberangkatan yang banyak dipilih wisatawan adalah rute dari Banda Aceh.

Untuk menuju Pulau Weh, Anda bisa melewati pelabuhan Ulee Lheue. Keberangkatan ini tentunya dari wilayah Kota Banda Aceh. Karena terletak di kawasan laut, hanya ada dua pilihan transportasi yang bisa Anda pilih, yaitu feri dan speedboat. Tarifnya sendiri berkisar Rp 20.000 – Rp 50.000 per keberangkatan.

Setibanya di Pulau Weh, berkendaralah menuju Pantai Iboih. Dari kawasan pantai ini Anda bisa menggunakan perahu motor, speed boat atau angkutan umum. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 20.000,00 saja per orang. Setelah menaiki kendaraan, Anda sudah bisa mencapai kawasan wisata Rubiah.

Karena hampir seluruh wilayah pulau ini adalah perairan, maka tidak disarankan untuk membawa kendaraan pribadi seperti mobil. Perjalanan Anda pasti akan lebih mengarah ke wilayah laut. Karena itu, banyak ditawarkan persewaan perahu, mis. B. Speedboat, kapal motor dan kapal feri.

Tidak jauh berbeda dengan tempat wisata pada umumnya, Pulau Rubiah juga memungut biaya masuk untuk setiap pengunjungnya. Bagi wisatawan yang ingin menikmati indahnya pemandangan Rubiah, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp25.000,00 per orang. Cukup murah dan terjangkau bukan?

Untuk jam operasional pulau yang satu ini terbuka untuk semua orang 24 jam sehari. Kapan pun Anda ingin menikmati keindahan Rubiah, Anda selalu bisa melakukannya. Harga tiket masuk di atas tidak berbeda pada hari biasa atau bahkan pada akhir pekan. Hanya saja biasanya banyak wisatawan yang datang pada hari libur.

Aktivitas di Pulau Rubiah

Aktivitas di Pulau RubiahSumber gambar: Google Maps Aldi

1. Nikmati keindahan Rubiah

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Pulau Rubiah, Anda bisa mengelilingi kawasan pulau tersebut. Anda bisa menyewa perahu yang disediakan oleh pengelola Rubiah. Anda akan diperlihatkan tempat-tempat terbaik dari pulau wisata di Kota Sabang ini.

Selain itu, pemandangan di sekelilingnya yang indah, seperti pemandangan perbukitan, pegunungan, atau pantai di sekitarnya, akan memanjakan mata Anda. Angin kencang menambah suasana alam yang sesungguhnya. Anda dijamin akan menyukai suasananya.

2. Menyelam dan snorkeling

Menyelam dan snorkeling sudah menjadi olahraga wajib dan wajib dilakukan saat Anda mengunjungi Pulau Kota Sabang, Rubiah. Ini menampilkan keindahan kehidupan bawah laut yang luar biasa dan akan menjadi surga bagi pecinta menyelam dan snorkeling.

Anda bisa merasakan sensasi berenang dan menyelam bersama ikan yang hidup di hampir seluruh perairan Rubiah. Arus air di Pulau Rubiah dikenal tenang dan aman. Ini sangat cocok bagi anda yang senang menyelam dan snorkeling namun masih pemula.

3. Berfoto di tempat-tempat menarik

Aktivitas di Pulau RubiahKredit foto: Google Maps Franky Wiputra (Franky)

Tentunya bagi pengunjung yang menyukai dunia fotografi dan menyukai subjek foto alam, Rubiah bisa menjadi pilihan. Ada begitu banyak lokasi syuting yang indah dan indah. Pasti akan terlihat natural jika dibidik dari sudut yang paling tepat.

Atau jika Anda memang ingin foto yang sebenarnya, Anda bisa memotret pantai bawah laut di Rubiah secara langsung. Jika Anda tidak memiliki kamera khusus bawah air, Anda dapat mulai dengan meminjamnya.

4. Menikmati matahari terbenam

Aktivitas lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menikmati panorama sunset di malam hari di sore hari. Menyaksikan matahari terbenam adalah hal biasa dalam wisata air, terutama di pantai. Tapi jangan salah, menikmati sunset sore hari juga bisa.

Sore harinya, banyak wisatawan mulai berkumpul di kawasan Rubiah untuk melihat indahnya matahari terbenam. Angin sepoi-sepoi akan menambah suasana yang sangat sejuk. Anda dapat membuat beberapa video untuk latar belakang kelulusan.

Penginapan murah di sekitar pulau

Freddie's Relaxing SumurtigaSumber gambar: Twitter Trax

1. Freddie’s Relaxing Sumurtiga

Freddies Santai Sumurtiga merupakan penginapan yang berada di kawasan Pulau Rubiah. Banyak dijadikan sebagai rekomendasi wisata khususnya wisatawan mancanegara, menjadikan penginapan ini sebagai referensi yang baik. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, dengan view penginapan yang menghadap langsung ke pantai menjadi nilai plus.

2. Resor Rubiah

Akomodasi terdekat adalah Rubiah Resort. Yang menarik dari penginapan ini adalah mereka memiliki penyewaan alat snorkeling hanya dengan harga Rp 40.000,00. Ada juga fasilitas dengan akses langsung pantai yang bisa kamu coba. Bermalam di penginapan ini Anda akan merogoh kocek sekitar Rp 200.000 hingga Rp 400.000 per malam.

3. Iboih Inn Aceh

Penginapan di area pantai yang menenangkan ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan teras. Ada juga hammock yang disediakan oleh pengelola Iboih Inn Aceh. Selain itu, penginapan yang satu ini juga menawarkan fasilitas kafe. Pastinya Anda akan merasa nyaman selama menginap di Iboih Inn Aceh.

Tersedia fasilitas wisata Pulau Rubiah Sabang

Fasilitas Pulau Rubiah SabangSumber Gambar: Google Maps Bhekti Lestari

Pengelola Pulau Rubiah memberikan fasilitas bagi pengunjung pada wisata ini. Fasilitas tersebut mulai dari tempat ibadah, toilet, hingga berbagai persewaan peralatan untuk menyelam atau snorkeling. Menariknya, beberapa pihak juga menawarkan jasa foto bawah air dan penyewaan kamera bawah air.

Organisasi pendukung lainnya seperti B. restoran, tentu saja disediakan khusus oleh pengelola pulau. Fasilitas tersebut dapat dinikmati oleh semua pengunjung tanpa terkecuali. Diharapkan dengan fasilitas yang memadai akan membuat setiap orang yang datang ke pulau ini lebih nyaman dan betah.

Itulah beberapa informasi yang bisa menjadi sedikit referensi sebelum berkunjung ke Pulau Rubiah. Sarana dan prasarana objek wisata Rubiah tentunya cukup memadai bagi pengunjung untuk menikmati waktu liburan selama berada di sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button