Tempat Wisata

Pulau Sanane, pulau cantik dengan keindahan terumbu karang di Pangkep

Pulau Sanane, pulau cantik dengan keindahan terumbu karang di Pangkep
Biaya tur: Dari Rp 10.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Mattaro Adae, Kec. Liukang Tupabbiring, Taksi Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pulau Sanane merupakan salah satu pulau yang berada di Kepulauan Spermonde di Desa Mattaro Adae, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 58.351 m2. Pulau ini memiliki keindahan yang sangat menarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pulau Sanane menjadi daftar yang dikunjungi beberapa wisatawan. Selain pulaunya yang cukup kecil dengan pemandangan yang indah dan menarik, beberapa orang bermimpi mengunjungi pulau ini.

Bisa dibilang pulau ini masih belum banyak diketahui orang, sehingga pulau ini belum banyak dikunjungi pengunjung. Jadi Anda tidak akan merasa sesak saat mengunjungi pulau ini.

Pulau kecil ini memiliki banyak keindahan dan fasilitas yang diminati banyak orang, termasuk para pemancing. Nah disini kami akan membahas wisata yang bisa anda kunjungi di Pulau Sanane.

Daya tarik Pulau Sanane

Daya tarik Pulau SananeKredit foto: Instagram sanane_island889

Di bawah ini adalah pesona yang dimiliki pulau indah di Sulawesi Selatan ini dan patut untuk dijelajahi pesonanya.

1. Pasir putih dan terjaga kelestariannya

Daya tarik pulau cantik ini adalah memiliki pasir putih, merupakan kawasan dengan ombak yang cukup tenang dan kelestarian alamnya masih sangat terjaga. Oleh karena itu, pulau ini diidam-idamkan untuk dikunjungi para pemancing.

Selain itu, sebagian mata pencaharian utama warga adalah nelayan, sehingga Anda juga bisa menikmati makanan yang disajikan dari hasil tangkapan para nelayan.

2. Budidaya terumbu karang

Selain itu, pulau ini juga memiliki daya tarik tersendiri yang berasal dari budidaya terumbu karang yang dilakukan penduduknya, sehingga pantai pulau ini memiliki banyak spesies ikan berkelompok yang suka bersembunyi di balik terumbu karang yang dibudidayakan oleh penduduknya.

3. Ombak yang tidak terlalu kencang

Dengan pemandangan yang indah dengan ombak pantai yang tidak terlalu kuat, pulau ini sangat cocok untuk berlibur. Karena Pulau Sanane tidak terlalu ramai pengunjung setiap bulannya. Sehingga sangat cocok bagi Anda untuk menikmati dan bersantai di pulau ini.

Alamat, lokasi rute, dan biaya tur

Biaya wisata Pulau SananeKredit foto: Google Maps Muh Rahul

Pulau cantik ini terletak di desa Mattaro Adae, Kec. Liukang Tapabiring, Cab Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan. Untuk menuju pulau ini Anda harus meninggalkan pelabuhan Paotere. Dibutuhkan sekitar 1 hingga 2 jam berkendara ke pulau ini dari daratan Makassar. Jarak dari pelabuhan ke Pulau Sanane sekitar 25 km. Sehingga jarak menuju pulau ini juga cukup jauh.

Satu-satunya kendaraan untuk mengakses pulau eksotis ini adalah perahu. Kalau tidak, tidak ada. Perahu yang digunakan untuk mengangkut penumpang adalah perahu yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Saat ini 2 kapal disediakan ke Pulau Sanane. Sebelum pergi ke pulau ini Anda harus pergi ke Barukang Channel untuk mendapatkan perahu. Tempat itu digunakan untuk mengumpulkan perahu.

Satu perahu cukup untuk mengangkut beban kurang lebih 5 ton, sehingga perahu ini dapat mengangkut sejumlah orang sekaligus barang bawaan.

Harga tiket liburan di pulau ini berkisar antara Rp10.000 hingga Rp15.000 per orang. Harga tiket ini dapat berubah tergantung waktu dan hari kunjungan Anda.

Aktivitas seru di Pulau Sanane

Aktivitas seru di Pulau SananeKredit Foto: Instagram Rachmat Azhari R

Berikut beberapa jenis aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Sanane

1. Tempat memancing yang menarik

Berada di sebelah utara Pulau Sanane dan gosong kecil Panjekang dengan kondisi tapak yang strategis, dikelilingi oleh sejumlah struktur batuan karang serta dekat dengan Pulau Bontosua menjadikan tempat ini sebagai tempat budidaya karang laut. Dengan begitu, pulau ini memiliki beberapa spot unik yang disediakan bagi wisatawan untuk memancing.

Selain itu, wisatawan juga bisa memancing di tengah laut bersama nelayan, hal ini juga dikarenakan kedalaman laut yang dangkal dengan kedalaman sekitar 20 meter. Ciri khasnya, kawasan ini memiliki kedalaman sekitar 40 meter. Kedalaman ini hanya ditemukan di pertemuan tiga pulau.

Selain itu, di Pulau Sanane juga terdapat beberapa jenis ikan yang jumlahnya lebih banyak dari ikan yang ada di perairan Bontosua. Hal ini dikarenakan banyaknya terumbu karang yang mengelilingi pulau, sehingga memudahkan para pemancing untuk memancing di area pulau.

Jenis ikan yang dapat dilihat dan ditemukan di pulau ini termasuk dalam kelompok ikan seperti ikan katombo, ikan rumah rumah atau ikan banyara besar, ikan bui bui, ikan sipi sipiili, ikan como como, ikan talang talang, dan beberapa kawanan lainnya. spesies ikan.

2. Tempat menarik bagi pecinta snorkeling

Pulau Sanane tidak hanya memiliki tempat memancingnya sendiri, tetapi juga tempat yang menarik bagi pecinta snorkeling. Hal ini dijelaskan bahwa penduduk pulau ini membudidayakan terumbu karang, sehingga ikan yang datang ke pulau ini berbeda jenis.

Karena itu, pulau ini juga memiliki spot-spot unik dengan berbagai jenis ikan yang berenang di kawasan terumbu karang. Sehingga Anda akan puas bermain air di pulau cantik ini. Anda dapat melihat spesies ikan dalam kelompok yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Jika Anda tertarik menjelajahi pulau ini dengan berenang, Anda bisa mengunjungi pulau ini bersama keluarga atau bersama pasangan dan teman-teman Anda segera. Pulau ini juga direkomendasikan bagi wisatawan yang senang snorkeling. Jadi Anda bisa mencobanya juga.

3. Bermain air di pantai

Pulau ini memiliki kedalaman pantai yang cukup pendek ditambah dengan berbagai terumbu karang membuat kedalaman pantai terlihat pendek. Airnya yang jernih akan membuat permainan air di pantai menjadi menyenangkan.

Selain itu, karena pulau ini belum banyak pengunjungnya, kamu dan teman-teman bisa berburu ikan dengan bebas di pinggir pantai.

4. Cari ikan dengan jaring kecil

Seperti yang sudah dijelaskan, pantai ini memiliki kedalaman yang tidak cukup dalam. Dengan terumbu karang yang berbeda di sekitar pantai, Anda akan lebih mudah menemukan berbagai jenis ikan di balik terumbu karang.

Terumbu karang memudahkan Anda menjelajahi kawasan pesisir. Anda tidak perlu khawatir dengan ombak yang menerjang karena sebelumnya ombaknya tenang.

5. Berkemah di pantai

Aktivitas selanjutnya yang bisa kamu lakukan di Pulau Sanane adalah berkemah. Kegiatan ini sangat cocok untuk kegiatan ini. Karena pantainya sangat luas dan juga terdapat fasilitas umum yang bisa anda gunakan seperti : B.Toilet.

Hamparan pasir putihnya yang cukup luas memudahkan Anda menentukan area untuk camping pantai.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Pendirian di Pulau SananeSumber gambar: Google Maps gusun datu

Fasilitas di pulau ini termasuk toilet. Ada banyak toilet yang bisa digunakan. Selain itu, Pulau Sanane juga memiliki restoran untuk mengisi perut setelah bermain atau berperahu dari Pelabuhan Paotere.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berlibur di pulau tersebut? Jika ya, kegiatan apa yang akan Anda lakukan di sana? Sepertinya pulau ini sangat cocok untuk berlibur bersama pasangan, sahabat atau keluarga besar.

Itulah beberapa penjelasan dan detail aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan selama liburan di Pulau Sanane.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button