Tempat Wisata

Pulau Satonda, pulau menakjubkan dengan danau air asin unik di Dompu

Temukan keajaiban alam Pulau Satonda Dompu yang memiliki danau air asin yang unik dan sejumlah pantai berpasir yang eksotis.

Biaya tur: Mulai dari Rp 500.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Pekat, Dompu Cab, Nusa Tenggara Barat; Map: Periksa lokasinya

Pulau Satonda di NTB (Nusa Tenggara Barat) menawarkan keindahan alam di pulaunya yang terbilang kecil. Pesona alamnya sungguh luar biasa indah. Belum lagi bentuk pulaunya yang unik, dengan danau air asin di tengahnya.

Bentuknya yang unik, alam yang dilestarikan, dan mitos lokal memberikan pesona tak terduga pada pulau ini. Seperti apa sebenarnya penampilan dan keindahan ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Atraksi yang Ditawarkan Pulau Satonda

Daya Tarik Pulau SatondaFoto: Google Maps/Ilya Malkin

Terdapat sebuah danau air asin

Biasanya, danau diketahui memiliki air tawar kecuali jika mengandung mineral tertentu yang menjadikannya unik. Hal ini juga berlaku pada danau di pulau eksotis ini.

Ternyata airnya asin, bahkan lebih asin dari laut pada umumnya. Banyak orang berspekulasi tentang asal muasal danau tersebut. Apalagi jika mengingat betapa luasnya danau tersebut, yang hampir sebesar pulau itu sendiri.

Menurut informasi, telaga ini rupanya awalnya berisi air tawar. Namun akibat letusan besar Gunung Tambora, akhirnya menghantam Pulau Satonda di Dompu dan menyebabkan air tawar masuk ke dalam danau.

Jadi danau ini mempunyai bentuk yang unik. Yang kedua sisinya ditutupi oleh gunung atau bukit yang tinggi. Namun di dua sisi lainnya ditutupi oleh danau yang cukup landai.

Alam yang masih terbentang indah dan asri

Ada gunung, bukit, danau, pantai, dan kawasan daratan hijau yang indah. Hal itulah yang membuat pulau ini begitu indah. Bahkan, keindahan lautnya juga meluas hingga ke lingkungan laut di sekitar Wisata Pulau Satonda.

Ada banyak bagian hamparan laut dengan terumbu karang yang indah. Ini adalah rumah bagi banyak ikan hias dan kecil di karang. Tak heran jika kawasan laut di sekitar pulau cantik ini kerap dijadikan lokasi menyelam dan snorkeling yang populer.

Pantai berpasir putih dan wisata alamnya terawat

Keindahan alam tersebut rupanya masih tetap ada, bukan hanya karena minimnya perhatian masyarakat, namun juga karena pulau cantik ini masuk dalam Taman Wisata Alam Laut pada tahun 1999. Sejak saat itu, keindahan alamnya tetap terjaga meski jumlah wisatawan semakin meningkat.

Anda bisa bermain sepuasnya di pantai pasir putih ini. Udaranya masih segar, ombaknya tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu sangat cocok untuk bermain di pantai atau snorkeling.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau SatondaFoto: Google Maps/May

Pulau Satonda terletak di NTB tepatnya di Desa Nangamiro, Pakat, Dompu. Pulau ini sendiri terletak di lepas pantai Kabupaten Dompu dan berjarak tiga kilometer dari Selat Sanggar. Jadi jaraknya cukup jauh.

Jika ingin mengunjungi pulau ini, Anda perlu menaiki perahu yang bisa disewa untuk beberapa orang sekaligus. Penyeberangan memakan waktu satu jam dan perjalanan darat dari Bandara Salahudin Bima memakan waktu 7 hingga 8 jam.

Anda juga bisa menempuh perjalanan dari Bandara Sumbawa, perjalanannya juga memakan waktu sekitar 7 jam. Jika ingin rute atau pilihan transportasi lain, Anda bisa langsung tiba melalui jalur laut.

Melalui laut, Anda bisa memilih antara pelayaran terbuka di Labuan Bajo Lombok atau menyewa perahu di Sumbawa. Umumnya destinasi Pulau Salt Lake sudah termasuk dalam paket perjalanan ke pulau terdekat lainnya. Misalnya ke Pulau Moyo atau Labuan Bajo.

Biaya Tour ke Pulau Satonda

Mengenai harga tiket Wisata Pulau Satonda sebenarnya belum ada informasi yang jelas. Faktanya, sebagian besar wisatawan yang mengunjungi kami memesan tur atau membayar di muka paket penyeberangan.

Harga penyeberangan berubah dari waktu ke waktu. Namun biasanya biaya pemandunya sekitar Rp 500.000 untuk perahu berkapasitas hingga 10 orang.

Siapkan juga uang tambahan jika diperlukan untuk berjaga-jaga jika timbul biaya tambahan. Misalnya, membayar toilet, transportasi atau sumbangan ke swadaya masyarakat setempat.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau SatondaFoto: Google Maps/Bambang Irianto

1. Selesaikan Perburuan Pemandangan Alam

Selama berkunjung, jangan lupa untuk menjelajahi Pulau Satonda Dompu. Anda bisa mendaki bukit tersebut untuk mengagumi kemegahan dan keindahan alamnya.

Tampilannya selesai. Terlihat danau yang sangat luas, rerumputan hijau di seberang gunung, laut biru kehijauan yang bersih dan pantai berpasir putih yang indah.

Tempat ini juga sangat populer untuk menyaksikan matahari terbenam. Bahkan terdapat tempat perkemahan bagi Anda yang ingin bermalam dan melihat keindahan alam NTB.

2. Berfoto di Pulau Satonda

Saat berjalan-jalan, jangan lupa membawa kamera. Banyak tempat dan pemandangan indah yang perlu diabadikan di Pulau Satonda. Misalnya saja Anda mendaki bukit dan mengambil foto dengan latar belakang danau.

Kesan danau yang luas dan pegunungan tinggi di belakangnya bisa menjadi hasil jepretan foto yang unik dan instan. Tunggu juga hingga matahari tidak terlalu terik. Anda akan menerima foto yang luar biasa.

Anda juga bisa turun ke danau dan mencoba naik perahu tradisional. Di atas kapal Anda bisa berfoto sambil menikmati serunya berlayar perlahan di telaga garam.

3. Snorkeling dan bermain air

Jangan lupa untuk menyelam atau snorkeling di sekitar Wisata Pulau Satonda. Keindahan laut pulau ini masih sangat terjaga sehingga dikenal sebagai taman wisata alam.

Keindahan alam ini juga patut Anda abadikan dalam foto. Jangan khawatir tentang peralatan karena beberapa operator tur juga menawarkan persewaan peralatan snorkeling.

Jika Anda takut snorkeling atau diving, Anda masih bisa menikmati kawasan sekitar pantai. Dengan pasir dan air yang putih dan bersih serta ombak yang tidak terlalu tinggi, pantai ini sangat cocok untuk bersantai di tepi laut.

4. Datanglah ke pohon harapan

Ada yang unik dari pulau dengan danau besar ini, yaitu kepercayaan masyarakat setempat terhadap pohon pembawa harapan atau pohon Kaliba. Anda bisa mampir ke tempat dimana pohon ini ditanam dan kemudian berdoa agar impian Anda menjadi kenyataan.

Namun menurut mitos setempat, Anda tidak bisa hanya berdoa. Dikatakan bahwa ketika seseorang berdoa, semua yang dimilikinya harus digantung di pohon. Kemudian berdoalah untuk memberikan harapan kepada setiap orang yang berdoa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau SatondaFoto: Google Maps/Ilya Malkin

Perlu diingat bahwa fasilitas di pulau ini belum lengkap. Masih ada beberapa fasilitas dasar yang mungkin belum tersedia. Hal ini wajar karena pulau ini belum terlalu berkembang dan masih memberikan kesan yang sangat alami.

Tapi setidaknya perlengkapan dasarnya ada di sana. Anda akan menemukan toilet di area tertentu. Sudah terdapat tempat perkemahan dan beberapa spot foto keren. Untungnya, akses jalan dan pilihan transportasi cukup baik.

Ada terminal feri dan penyeberangan perahu yang cukup bagus di sini. Sudah ada beberapa resort, area utama dan rambu jalan. Oleh karena itu, cukup nyaman bagi pengunjung yang ingin mampir.

Bisa dibilang pulau ini mempunyai banyak atraksi menarik yang ditawarkan. Mulai dari danau asin, keindahan bahari yang maksimal, alam yang masih terjaga dan masih banyak lagi. Semuanya tersedia di Pulau Satonda Dompu, jadi jangan sampai kamu melewatkannya!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button