Tak Berkategori

Pulau Sebesi, sebuah pulau eksotik di bagian selatan Lampung yang menjadi habitat penyu tempayan

Pulau Sebesi di selatan Lampung, pulau eksotik yang menjadi habitat alami penyu tempayan, juga menawarkan peluang. Keanekaragaman biota laut dan keunikan perlindungannya.

Biaya tur: Mulai dari Rp 20.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Tajang, Kec. Rajabasa, Kab.Lampung Selatan, Lampung; Map: Periksa lokasinya

Pulau Sebesi, sebuah pulau eksotik yang berada di tengah Selat Sunda, mengajak pengunjung untuk merasakan pesona alamnya yang menakjubkan. Terletak di antara Pulau Jawa dan Sumatera, pulau ini menjadi destinasi wisata yang menarik.

Keunikan Pulau Sebesi tidak hanya terletak pada keindahan pantainya, namun juga pada kekayaan ekosistemnya yang mempesona. Penasaran dengan keunikan dan daya tarik pulau ini? simak ulasan artikel informatif berikut ini.

Tempat Wisata yang Ditawarkan Pulau Sebesi

Daya Tarik Pulau SebesiFoto: Google Maps/Bungee

Destinasi wisata bahari ini merupakan permata eksotis yang tidak hanya memukau dengan keindahan alamnya yang mempesona, namun juga menawarkan sejumlah atraksi yang menjadikannya destinasi yang tepat bagi para pelancong, antara lain sebagai berikut:

1. Keindahan pantai

Pulau Sebesi di selatan Lampung mempesona setiap mata dengan keindahan pantainya yang mempesona. Pasirnya yang lembut berwarna putih bagaikan debu gading menyambut setiap langkah pengunjung dan menciptakan pemandangan mempesona di sepanjang pantai.

Air lautnya yang jernih dan memiliki gradasi warna dari biru muda hingga hijau zamrud memberikan keindahan yang luar biasa. Pohon kelapa yang bergoyang di pinggir pantai menambah pesona pulau ini.

Keunikan pulau ini terletak pada pantainya yang masih alami, dimana kedamaian dan ketenangan menjadi sahabat setia para pelancong yang ingin menyegarkan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

2. Keanekaragaman biota laut

Bagi penggemar keindahan bawah laut, Wisata Pulau Sebesi menjadi objek wisata yang tepat. Kehidupan laut yang menarik bersembunyi di bawah permukaan air yang tenang.

Terumbu karang yang subur menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan dan biota laut yang unik. Dengan menyelam di perairan sekitar Iron Island, pengunjung bisa merasakan keindahan alam bawah laut yang tiada duanya.

3. Matahari terbenam yang eksotis

Pulau Sebesi di selatan Lampung tidak hanya menawarkan kekayaan keanekaragaman bawah laut, namun juga panorama yang tak kalah eksotis saat matahari terbenam. Saat senja menjelang, langit dipenuhi warna-warna menakjubkan, mulai dari oranye terang hingga ungu lembut.

Pemandangan matahari perlahan tenggelam di bawah cakrawala, menciptakan siluet pohon kelapa yang mempesona. Pengunjung bisa menikmati matahari terbenam di sepanjang sisi timur pulau dari tepi Dermaga Tejang.

4. Ekosistem laut yang terpelihara dengan baik

Diberkahi dengan keindahan alam yang mempesona, ternyata masyarakat setempat sangat peduli dengan ekosistem lautnya. Ada beberapa program perlindungan lingkungan, khususnya perlindungan terumbu karang.

Bahkan, kegiatan ini melibatkan sinergi beberapa komunitas seperti Komunitas Peduli Pariwisata dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Fokusnya tidak hanya pada ekosistem laut saja, namun wisatawan juga bisa ikut andil dalam pelestarian terumbu karang tersebut.

Ekowisata berkelanjutan di sekitar Pulau Sebesi tidak hanya memungkinkan wisatawan menikmati keindahan laut, namun juga merupakan bentuk dukungan terhadap pelestarian warisan laut yang berharga tersebut.

5. Penyu sisik

Di sepanjang pantai, khususnya di sekitar dermaga, pengunjung berkesempatan mengamati penyu yang berenang bebas. Penyu ini berukuran besar, panjangnya sekitar 1,5 meter dan berumur puluhan tahun.

Penyu tempayan ini bisa Anda jumpai pada waktu-waktu tertentu, seperti pada sore hari. Masyarakat menduga asal muasal penyu ini terletak di perairan Gunung Anak Krakatau. Kehadiran penyu tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi warga sekitar maupun wisatawan.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau SebesiFoto: Google Maps/Ariefpokto

Lokasi tepatnya Pulau Sebesi berada di Desa Tajang, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, yakni di bagian timur laut Gugusan Pulau Krakatau. Secara geografis, pulau ini terletak di sekitar Selat Sunda.

Untuk menuju pulau eksotis ini, pengunjung dapat menggunakan perahu penumpang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.

Sesampainya di Pelabuhan Bakauheni langsung menuju Dermaga Canti, Lampung Selatan, Lampung. Dari Dermaga Canti, pengunjung menaiki perahu kecil untuk menuju pulau.

Dari kota Bandar Lampung perkiraan total waktu tempuh sekitar 3 jam. Namun sesampainya di dermaga Canti, pengunjung dapat memilih paket wisata yang disediakan untuk melihat pulau-pulau di sekitarnya.

Dari Dermaga Canti hingga Pulau Sebesi, pengunjung dikenakan biaya sekitar Rp20.000 hingga 30.000 per orang untuk menyewa perahu motor.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pulau SebesiFoto: Google Maps/Zainal Salamun

Pergi berkano

Salah satu kegiatan wajib di Pulau Sebesi adalah bermain kano. Air lautnya yang tenang dan jernih serta masih konstan membuat pulau ini menjadi tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas tersebut. Tak heran jika kano menjadi alat transportasi andalan yang sering digunakan wisatawan.

Snorkeling di Pulau Sebesi

Dengan keanekaragaman bawah laut dan ekosistem laut yang terjaga, belum lengkap rasanya jika tidak menyelam atau snorkeling. Di perairan pulau ini terdapat terumbu karang yang indah, berbagai jenis ikan kecil bahkan penyu tempayan.

Gunakan peralatan snorkeling yang Anda bawa dari rumah, atau gunakan layanan snorkeling atau tur yang dipandu pemandu.

Panjat tebing

Pulau Sebesi di selatan Lampung tidak hanya menawarkan keindahan pantai dan laut, namun juga aktivitas pendakian dan hiking.

Pegunungan di pulau ini tidak terlalu tinggi dan masih tergolong perbukitan sehingga cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi hiking di pulau terpencil.

Dari ketinggian, pendaki juga bisa menikmati panorama seluruh pulau dan Selat Sunda yang memisahkan Pulau Jawa dan Sumatera. Bahkan di gunung ini terdapat harta karun yang terpendam yaitu air terjun.

Bersantai di pantai

Jika sebelumnya penuh keseruan, langkah selanjutnya adalah bersantai di tepi pantai. Dengan pasirnya yang lembut, pengunjung bisa menikmati panorama laut di depan mata.

Pengunjung juga bisa menikmati hangatnya sinar matahari sambil mendengarkan suara deburan ombak.

Saksikan panorama matahari terbenam

Wisata Sunset di Pulau Sebesi merupakan sebuah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Pengunjung bisa menikmati keindahan ini dengan bersantai di tepi pantai dan memotret pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

Terkadang menjelang matahari terbenam, pengunjung bisa melihat penyu tempayan berenang bebas di sepanjang tepi dermaga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau SebesiFoto: Google Maps/Zainal Salamun

Meski wisata Pulau Sebesi dikenal sebagai destinasi yang tenang, namun semakin hari semakin berkembang. Kini terdapat banyak pilihan akomodasi yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang ingin menjelajahi pulau ini.

Ada sekitar 7 hingga 10 keluarga angkat yang tersedia untuk 10 atau 15 orang. Biasanya kisaran harganya sekitar Rp 200.000 per kamar. Penginapan di pulau ini sangat cocok untuk wisata hemat.

Fasilitasnya juga cukup lengkap, sama seperti homestay pada umumnya. Namun kendalanya pasokan listrik dan air terbatas dan memiliki jam-jam tertentu.

Demikian ulasan artikel informatif tentang Pulau Sebesi yang terletak di perairan Selat Sunda. Dengan banyaknya atraksi unggulan dan aktivitas menarik, pulau ini tentu saja layak untuk dikunjungi. Liburan yang menyenangkan!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button