Tempat Wisata

Pulau Semau, surga laut tersembunyi dan eksotik di Kupang

Pulau Semau menghadirkan pesona eksotisnya ke Kupang dengan Pantai Letbaun yang memikat, menawarkan pengalaman surgawi bagi pengunjung yang mencari keindahan alam yang tak terlupakan.

Harga tiket: Rp 20.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Onansila, Kec. Semau Selatan, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasinya

Pulau Semau Kupang adalah sebuah pulau kecil di sebelah barat Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini mudah dicapai dengan perahu tempel yang digunakan setiap hari. Perahu ini merupakan satu-satunya akses dari Kupang menuju kawasan pulau.

Sesampainya di pulau cantik ini, wisatawan akan terpesona dengan keindahan alam pulau yang mempesona ini. Pantai berpasir putih hampir terdapat di setiap sudut pulau. Saat berkunjung ke pulau ini, wisatawan dapat mengunjungi berbagai tempat dalam waktu bersamaan. Ada banyak pantai, gunung dan tempat-tempat menarik.

Jika kamu sudah berada di Kupang dan ingin merasakan sensasi liburan di pulau kecil, yuk simak dulu ulasan pulau eksotik ini berikut ini agar sesampainya di sana kamu bisa langsung menuju tempat-tempat kerennya.

Pemandangan Pulau Semau

Pulau SemauFoto oleh Wishnu EW di Google Maps

1. Pantai Letbaun

Ada pantai berpasir putih bersih, air laut jernih, dan juga gua-gua yang eksotis. Ada tiga gua di pantai ini yang semuanya bernama Letbaun. Sebagai pantai di pulau kecil, Pantai Letbaun dulunya digunakan sebagai tempat para petani rumput laut dan juga sebagai tempat produksi garam tradisional di Pulau Semau.

Terdapat karang besar di Pantai Letbaun yang dijadikan batu pemujaan. Ketiga gua yang ada di tepi pantai ini letaknya tidak berdekatan satu sama lain. Setiap gua memiliki kolam, stalaktit, dan sumber air tersendiri.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Gua pertama dekat desa, airnya payau. Untuk sampai ke gua, pengunjung harus turun.

Sumber gua yang kedua adalah air tawar yang letaknya tidak jauh dari hutan. Mulut gua cukup lebar dan ditumbuhi akar-akar pohon. Di dalam gua ini pengunjung dapat melihat banyak sarang burung walet. Gua ketiga berada di dekat pantai dan merupakan gua yang paling sulit ditemukan.

2. Pantai Liman

Pantai Liman berada satu lokasi dengan Bukit Liman. Biasanya wisatawan bisa mengagumi keindahan Pantai Liman dari atas Bukit Liman. Pantai indah ini memiliki pasir putih. Terdapat homestay di Pantai Liman bagi wisatawan yang ingin menginap di Pulau Semau di Kupang.

3. Pantai Otan

Pantai yang tidak jauh dari perempatan tersebut adalah Pantai Otan. Sesuai dengan namanya, pantai ini terletak di Desa Ontan. Untuk sampai ke pantai, wisatawan harus menempuh perjalanan selama 45 menit dengan kendaraan.

Pantai eksotik ini juga dilengkapi pantai berpasir putih dan garis pantai yang panjang. Selain itu gradasi warna air laut dan langitnya juga sangat indah. Di Pantai Otan, wisatawan juga bisa mengamati aktivitas warga yang secara tradisional menangkap kerang.

4. Pantai Uinian

Pantai unik di Pulau Semau Kupang selanjutnya adalah Pantai Uinian. Lokasinya berada di tepi tebing dan banyak terdapat pohon kelapa di sepanjang pantai. Nama Uinian sendiri memiliki arti air kelapa.

Pantai dua sisi ini memiliki keindahan tersendiri, satu sisi berpasir putih halus dan sisi lainnya berupa bebatuan karang dengan ombak yang tinggi. Pantai Uinian adalah tempat matahari terbenam terbaik di pulau ini. Wisatawan sebaiknya datang ke sini pada sore hari untuk melihat keindahan matahari terbenam.

Perpaduan antara birunya air laut, ombak yang cukup kencang, dan bebatuan karang benar-benar menjadi pemandangan terbaik dari East Island. Ada pula hotel berkonsep kayu yang bisa dipilih wisatawan sebagai tempat menginap di Pulau Semau.

5. Pantai Uimake

Pantai Uimake mungkin menjadi pantai yang paling sulit dijangkau dari Pulau Semau, Kupang. Untuk sampai ke pantai, pengunjung harus melintasi dataran tandus. Tempatnya masih tersembunyi sehingga harus mengandalkan bantuan warga sekitar untuk mencapainya.

6. Pantai Uin Make

Jarak menuju Pantai Onanbalu tidak terlalu jauh. Ciri khas Pantai Uin Make adalah terletak di antara perbukitan. Untuk sampai ke pinggir pantai, pengunjung harus berjalan jalan terlebih dahulu. Keberadaan terumbu karang di sepanjang pantai menjadi ciri khasnya.

7. Akomodasi di dekat pantai alami

Tidak semua pantai di Pulau Semau Kupang memiliki pilihan akomodasi, namun beberapa pantai, terutama pantai terkenal seperti Liman, memiliki akomodasi yang sangat bagus dengan konsep alami.

Di akomodasi yang ada, pengunjung tidak memerlukan kipas angin atau AC karena angin laut sudah cukup.

Sebelumnya, wisatawan yang ingin bermalam harus menginap di rumah penduduk karena tidak ada pilihan akomodasi di pulau tersebut. Sejak tahun 2020, pemerintah telah memulai pembangunan lima akomodasi di sekitar Bukit Liman dan Pantai Uitiuhtuan.

Kini terdapat hotel di Pantai Otan yang sebagian besar bernuansa kayu. Penginapan dan hotel ini bukanlah sebuah resor mewah, namun cukup nyaman untuk dijadikan sebagai akomodasi bermalam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pulau mana punFoto oleh Gilbert Amtiran di Google Maps

Pulau Semau adalah sebuah pulau di sebelah timur Nusa Tenggara, sebelah barat kota Kupang. Pulau berpenduduk sekitar 8.000 jiwa ini sebagian besar milik suku Helong.

Wisatawan memberi julukan pulau cantik ini Pulau Perawan. Nama tersebut dipilih karena kondisi alam dan sekitarnya yang masih asri.

Kondisi lahan di pulau cantik ini tandus, meski masih ada lahan yang dibuka untuk pertanian yang mengandalkan air hujan. Akses jalan di pulau ini masih sulit karena belum semua jalan penghubung sudah beraspal.

Perjalanan dari Kupang menuju pulau ini memakan waktu 30 menit dengan menggunakan perahu. Wisatawan bisa menempuh jalur dari Pelabuhan Tenau Kupang.

Biaya masuk dan jam buka

Biaya berwisata ke Pulau Semau juga terbilang terjangkau. Dari kota Kupang menuju pelabuhan selanjutnya akan naik perahu dengan tarif Rp 20.000 per orang atau Rp 50.000 hingga Rp 75.000 untuk satu orang dan satu kendaraan. Jika tidak ingin menunggu terlalu lama, pengunjung bisa menyewa perahu.

Besarnya biaya tergantung pada jumlah penumpang dan muatan yang akan diangkut. Terdapat persewaan sepeda motor di seluruh pulau, namun harganya jauh lebih mahal dibandingkan pengunjung yang menyewa kendaraan di kota Kupang. Oleh karena itu, sebelum menyeberang pastikan Anda sudah menyewa sepeda motor terlebih dahulu.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pulau SemauFoto oleh Selumiel Takaliuang di Google Maps

Bermain di pantai

Daya tarik utama pulau di sisi timur NTT ini adalah banyaknya pantai yang indah. Setiap pantai mempunyai ciri khas dan keindahan yang berbeda-beda. Liburan di Pulau Semau sangat cocok bagi pengunjung yang sedang mencari Vitamin Sea. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pantai, seperti:

  • Berenang
  • Bermain dengan pasir
  • Berjalan-jalan di sepanjang pantai
  • Menjelajahi gua-gua di Pantai Letbaun
  • Naiki bukit di Pantai Liman
  • Selfie yang keren
  • Berjemur
  • penangkapan ikan
  • Olahraga dan banyak lagi

Menginap di Pulau Semau

Bermalam di pulau indah dengan banyak tempat wisata menarik menjadi sebuah keistimewaan di Pantai Semau Kupang. Pengunjung akan merasakan sensasi berlibur di pulau pribadi.

Tips memilih tempat menginap di pulau antara lain memilih tempat yang dekat dengan berbagai fasilitas dan mudah dijangkau dari perempatan.

berkemah

Wisatawan yang bepergian bersama rombongan atau keluarga dapat berkemah di sini, asalkan berkemah dilakukan di lokasi yang diperbolehkan. Lokasi perkemahan bisa berada di dekat pantai.

petualangan

Siapapun yang berjiwa petualang pasti akan senang berwisata ke pulau terpencil seperti Pulau Semau karena tidak hanya menawarkan keindahan tapi juga kedamaian.

Medan yang harus dilalui untuk menuju pantai ini sangat memacu adrenalin. Kelelahan selama perjalanan akan terbayar setelah melihat keindahan pantai.

Aktivitas petualangan yang bisa dilakukan antara lain menyusuri trek, memanjat tebing, menjelajahi gua, melintasi jalan bergelombang dan masih banyak lagi aksi seru yang bisa dilakukan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pulau SemauFoto oleh Jefri Yunikson Beeh di Google Maps

Pulau Semau dikelola oleh warga sekitar dengan didukung oleh pemerintah setempat. Dalam hal ini digunakan dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk pengolahannya.

Perbaikan terus dilakukan terhadap fasilitas yang ada, khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan, sarana dan prasarana telekomunikasi.

Setiap destinasi mulai berbenah dan berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung. Fasilitas umum yang dapat digunakan antara lain akses jalan, rambu-rambu jalan, tempat parkir, persewaan kendaraan dan pemandu wisata lokal.

Ada juga sejumlah pilihan akomodasi di kawasan pulau. Fasilitas yang ditawarkan merupakan akomodasi standar bahkan ada yang menerima pengunjungnya untuk menginap di rumah sendiri atau akomodasi berjenis homestay.

Demikianlah pembahasan komprehensif tentang Pulau Semau yang mempesona di Kupang. Tidak ada alasan untuk meragukan keindahan alam pulau cantik ini, setiap tempat yang dikunjungi menawarkan pengalaman dan petualangan yang berbeda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button