Tempat Wisata

Pulau Semiun: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Berwisata saat musim liburan tentu menyenangkan, namun bisa juga tidak menyenangkan. Bayangkan jika rata-rata orang memikirkan hal yang sama saat menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta. Dampaknya tentu membuat beberapa tempat wisata, khususnya di kota-kota besar, semakin ramai dikunjungi.

Namun jika Anda ingin menghabiskan liburan Anda di tempat yang indah, alami dan tentunya tidak ramai pengunjung lain apalagi ramai, Anda bisa menemukan apa yang Anda cari di sini. Pulau Semiun. Pulau ini terletak di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Indonesia. Kabar baik sekaligus mengejutkannya, pulau ini hanya dihuni oleh dua kepala keluarga.

Nah, bisa dibayangkan betapa “sepi”nya pulau ini. Oleh karena itu, kawasan ini masih dianggap “sakral” karena belum banyak dijamah orang. Informasi menarik lainnya mengenai pulau ini, seperti: Detail seperti keistimewaan, akses pulau, photo hunter, jam buka hingga harga tiket dapat dilihat pada pembahasan di bawah ini.

Pesona Pulau Semiun

Jangan salah, meski pulau ini hanya dihuni oleh dua keluarga, namun ternyata pulau ini memiliki keindahan tak terduga yang sulit digambarkan dengan kata-kata. Pemandangan bawah laut yang masih alami mengundang Anda untuk menyelami dan menikmati panorama. Pasir pantainya juga sangat putih dan membentang sangat jauh, ditemani pepohonan kelapa.

Pulau ini bahkan dianggap sebagai salah satu pulau penghasil telur penyu terbesar di Indonesia. Pasalnya, pulau ini dikenal sebagai habitat alami dan tempat bersarangnya penyu hijau. Pada waktu-waktu tertentu dalam setahun mereka berkumpul di pantai karena merupakan bagian dari rutinitas mereka untuk berkembang biak dan bertelur.

Baca Juga: Pulau Sejuba, pulau di kawasan Natuna dengan pesona pantai berpasir putih yang memikat

Bepergian dan pelajari sejarah sepanjang perjalanan

Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang masih menjadi bagian dari Laut Cina Selatan dan juga berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Vietnam dan Malaysia. Berdasarkan arsip atau dokumen yang ditemukan, pemerintah Belanda memang pernah memperkuat pulau-pulau terluar Indonesia di masa lalu.

Mereka sadar bahwa pulau-pulau tersebut adalah milik mereka Pulau Semiun Salah satunya adalah aset berharga yang harus mereka lindungi. Oleh karena itu tidak heran jika pergaulan mereka dengan masyarakat di daerah ini sangat baik, sangat berbeda dengan pulau jawa atau tempat lain seperti yang tertulis di buku sejarah sekolah.

Fasilitas di Pulau Semiun

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf pertama, penduduk ini hanya dihuni oleh dua kepala keluarga, artinya bagi Anda yang ingin berkunjung ke pulau ini sebaiknya jangan berharap terlalu banyak dengan fasilitas yang diberikan. Apalagi jika dibandingkan dengan fasilitas tempat wisata di kota besar, tentu jauh sekali.

Sebagai gantinya anda bisa mengunjungi pulau yang masih mempertahankan kealamiannya dan dimana anda pasti akan merasa seperti sedang berlibur di pulau pribadi karena pulau ini sangat-sangat sepi. Anda juga bisa sedikit bersantai dengan bersantai menikmati keindahan alam pulau ini.

Warga sekitar, meski sedikit, juga akan menyambut Anda dengan hangat dan dengan senang hati melayani Anda. Bayangkan, di mana lagi Anda bisa mendapatkan perlakuan seperti itu jika bukan di pulau ini? Jika Anda membawa anak-anak, Anda bisa membiarkannya nongkrong sambil bermain bersama anak-anak warga.

Berburu foto di tur ini

Pulau Semiun memiliki banyak spot foto menarik. Bisa dibilang setiap sudut pulau ini menarik karena memiliki keindahan tersendiri, terutama pemandangan bawah laut yang sayang untuk Anda dan kamera Anda lewatkan.

Akses ke Pulau Semiun

Karena letak pulau yang sangat terpencil, perjalanan dari Pulau Sedanau memakan waktu kurang lebih enam jam dengan menggunakan perahu motor kecil milik nelayan setempat. Namun jika laut sedang pasang dan ombaknya besar, perjalanan bisa memakan waktu lebih lama, yakni sekitar 10 jam. Namun, semua itu akan terbayar ketika Anda tiba.

Tips berwisata ke Pulau Semiun

Terlepas dari tujuan yang telah Anda capai Pulau Semiun Jika sedang berlibur, tak ada salahnya jika selain menikmati keindahan alam, Anda juga menunjang aktivitas warga. Baik itu memasak, mencari ikan atau aktivitas lainnya yang bisa Anda bantu, tergantung kemampuan Anda tentunya. Hal ini baik untuk membangun kedekatan dan menambah pengalaman berkesan dan tak terlupakan selama liburan Anda di pulau tersebut.

Jam buka dan biaya masuk Pulau Semiun

Karena pulau ini belum ditetapkan sebagai objek wisata, melainkan hanya pulau yang penduduknya sangat sedikit, maka tiket masuk ke pulau ini tidak dipungut biaya. Anda bisa berkunjung saat warga sudah memulai aktivitasnya, yaitu mulai pukul 08:00 WIB hingga 19:00 WIB, saat warga sudah mulai istirahat kerja. Terkait HTM atau harga tiket, saat ini belum ada informasi jelas mengenai peraturan tersebut.

Ini adalah ulasan singkat tentang Pulau Semiun belum terjamah dan hanya dihuni oleh dua kepala keluarga. Selamat berlibur dan nikmati keindahan pulau.

Galeri foto Pulau Semiun

Potret Pulau Semiun

Pantai berpasir putih di Pantai Semiun
Snorkeling di perairan Pulau Semiun
Bermain di Pantai Semiun
berkemah

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button