Tak Berkategori

Pulau Senua, wisata bahari tersembunyi di Natuna yang kaya akan pesona

Pulau Senua di Natuna merupakan objek wisata bahari tersembunyi yang menawarkan beragam keindahan seperti pantai berpasir putih, biota laut, dan hutan dengan satwa langka.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 10.00-16.00 WIB, Alamat: Sepempang, Kec. Bunguran Timur, Cab.Natuna, Kepulauan Riau; Map: Periksa lokasinya

Dari sekian banyak pulau di Natuna, ada satu yang wajib dikunjungi untuk melengkapi liburan Anda. Namanya Pulau Senua, sebuah daratan di tengah lautan yang menyuguhkan pemandangan indah nan eksotis.

Pulau ini merupakan destinasi wisata yang sangat lengkap mulai dari pantainya yang indah, hutan belantara yang sejuk dan tebing batu sebagai pembatasnya. Selama berada di sini Anda bisa menikmati semuanya seolah-olah merupakan satu paket liburan lengkap.

Pantainya indah dengan pasir putih yang sangat bersih. Airnya yang jernih dan berwarna kebiruan menampakkan keindahan dasar berupa karang dan butiran pasir. Pulau ini dikelilingi oleh tebing bebatuan yang terlihat sangat eksotik dan menakjubkan.

Sedangkan wisatawan bisa menjelajahi hutan yang masih rimbun dan tetap terjaga keindahannya. Di hutan ini terdapat satwa langka yang dilindungi, beruntung sekali jika bisa melihatnya.

Letaknya tidak jauh dari daratan dan penyeberangan hanya memakan waktu beberapa menit saja dengan menggunakan perahu atau pompong yang disediakan warga setempat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya Tarik Pulau Senua

Daya tarik Pulau SenuaFoto oleh Misuro Anwari di Google Maps

Pulau Senua yang berarti “dua tubuh” sebenarnya tidak dapat dipisahkan dari cerita dan legenda lokal yang masih dipercaya hingga saat ini.

Namanya diambil dari bentuknya yang menyerupai ibu hamil jika dilihat dari atas. Tentunya banyak tempat wisata yang suka dikunjungi wisatawan.

Pantai pasir putih yang indah

Keindahannya bisa disaksikan sebelum menginjakkan kaki di pulau cantik di Natuna ini. Selama penyeberangan, wisatawan bisa melihat pantai yang menawarkan pemandangan menakjubkan.

Pasirnya yang putih bersih bersinar dari jauh. Saat menginjak permukaan, butirannya terasa halus.

Pantai di Pulau Senua Natuna terlihat semakin indah dengan adanya bebatuan karang yang menjadi pembatasnya. Tidak semua titik, hanya sebagian didominasi oleh tepian pulau.

Garis pantai yang panjang memberikan keleluasaan bagi pengunjung dalam beraktivitas. Airnya sangat jernih dan berwarna biru cerah karena pasir putih dan batuan karang dasar laut.

Biota laut yang indah

Masih soal pantai, namun kali ini tentang biota laut yang menghuni pulau eksotis ini. Karena airnya yang sangat jernih, semua hewan, bebatuan, dan tumbuhan dapat terlihat dengan jelas.

Wisata bahari ini juga menjadi tujuan utama para pecinta diving atau snorkeling. Arus yang tidak deras dan ombak yang relatif tenang semakin mendukung kegiatan ini.

Di antara makhluk yang sering terlihat di Pulau Senua adalah karang-karang indah dengan segala warna alaminya. Di samping karang, ikan-ikan kecil, udang, dan beberapa teripang berenang riang tanpa menghiraukan penyelam.

Jika beruntung, Anda dapat melihat penyu yang dilindungi. Konon penyu ini sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu.

Hutan dengan binatang langka di dalamnya

Jika bosan dengan suasana pantai dan ingin menikmati pesona lainnya, Anda bisa menjelajahi hutan yang masih belum terjamah. Cukup luas, perlu waktu untuk menjelajahi seluruh konten.

Hutan ini didominasi oleh tanaman perdu yang indah, ada yang berbentuk perdu dan tumbuhan kecil. Suasananya terasa asri meski cuaca panas dan lembab.

Salah satu hal yang unik sekaligus menggugah rasa penasaran saat berada di kawasan wisata Pulau Senua adalah keberadaan satwa langka. Tidak semua pengunjung yang beruntung bisa melihatnya.

Satwa yang dikenal dengan nama kekah ini merupakan salah satu satwa primata yang dilindungi. Ia bertubuh kecil, memiliki ciri khas ekor yang panjang dan wajahnya yang terlihat seperti sedang memakai topeng berwarna hitam.

Tebing gua yang eksotis

Daya tarik selanjutnya adalah tebing tinggi yang terdapat gua. Tebing ini seolah menjadi pembatas antara laut dan daratan pulau.

Gua ini menjadi rumah bagi ribuan kelelawar yang diyakini sebagai penjelmaan emas dan perak milik Mai Lamah. Sedangkan Mai Lamah sendiri merupakan karakter wanita yang dikutuk menjadi pulau.

Terlepas benar atau tidaknya legenda tersebut, yang jelas tebing-tebing di Pulau Senua bisa dijadikan objek wisata yang tak kalah menarik.

Di atas tebing terlihat hamparan laut biru yang sangat luas. Panorama Gunung Ranai, Batu Sindu, dan Pantai Tanjung juga terlihat dari ketinggian tebing ini.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pulau SenuaFoto oleh Misuro Anwari di Google Maps

Apakah kalian tertarik setelah membaca ulasan diatas? Tidak ada salahnya untuk mendapatkan paket liburan lengkap saat Anda berkunjung.

Pulau ini tidak sulit ditemukan karena letaknya yang cukup strategis. Jarak menuju Pantai Piwang yang menjadi tempat wisata populer di Natuna ini terbilang cukup dekat, hanya sekitar 10 kilometer saja.

Secara administratif kawasan wisata Pulau Senua terletak di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Anda juga bisa memanfaatkan desa setempat sebagai akses penyeberangan.

Jarak tempuhnya lebih pendek, hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk sampai di lokasi. Akses penyeberangan hanya bisa dilakukan dengan perahu atau pompong.

Anda tidak perlu membeli tiket untuk menikmati semua pesona yang ditawarkan. Selama ini pulau ini bisa dikunjungi secara gratis oleh seluruh wisatawan.

Biaya yang dikenakan hanya berlaku untuk akses ke area persimpangan. Harga sewa perahu sekitar 400.000 rupiah untuk pulang pergi dengan maksimal 8 penumpang.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pulau SenuaFoto oleh Misuro Anwari di Google Maps

Liburan Anda akan semakin lengkap dan tak terlupakan jika memutuskan untuk mengunjungi Pulau Senua. Bukan tanpa alasan, karena ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Tidak harus semuanya, tapi sayang sekali jika kamu tidak melakukan beberapa hal berikut ini!

Berenang dan bermain air di pantai

Ombaknya yang relatif tenang membuat pantai di Pulau Senua Natuna menjadi tujuan utama wisatawan. Anda bisa berenang dan bermain air dengan bebas tanpa rasa khawatir.

Jernihnya air pun semakin memikat, karang dan pasir di dalamnya terlihat jelas. Pantainya juga tidak terlalu dalam sehingga relatif lebih aman.

Snorkeling untuk mengamati biota laut Pulau Senua

Kejernihan pantai di Pulau Senua dimanfaatkan dengan baik oleh sebagian wisatawan. Tak jarang mereka menyempatkan diri untuk mengamati biota laut yang ada di dalamnya.

Anda bisa mencoba menyelam atau snorkeling dengan peralatan khusus. Nikmati keindahan terumbu karang, ikan-ikan cantik, penyu, ubur-ubur dan masih banyak lainnya.

Naiki tebing

Segala keindahan alam Pulau Senua semakin terlihat ketika Anda berada di ketinggian. Di sini terdapat tebing karang menjulang tinggi yang juga membelah pulau.

Anda bisa memanjat tebing untuk mengagumi kesempurnaan alam yang menakjubkan. Minimnya ombak yang tinggi membuat pesona alam tanpa hambatan semakin terlihat jelas.

Jelajahi hutan dan cari keberadaan Kekah

Rugi rasanya jika tidak menjelajahi hutan di Pulau Senua Natuna. Selain itu, terdapat hewan endemik langka yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Anda bisa bertanya kepada pemandu kapan biasanya hewan tersebut muncul. Kekah sangat mudah dikenali karena memiliki wajah bertopeng dan ekor yang panjang.

Kegiatan fotografi

Inspirasi aktivitas menarik terakhir yang bisa Anda lakukan di pulau cantik ini adalah mencari spot foto. Ada sejumlah lokasi yang bisa menjadi latar belakang untuk pengambilan gambar yang sempurna.

Anda bisa memanfaatkan pantai dengan air jernih dan pasir putih, tebing eksotik, hutan lebat bahkan diving.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau SenuaFoto oleh Cynthia Wulandari di Google Maps

Kawasan wisata Pulau Senua tidak berpenghuni sehingga fasilitasnya masih sangat terbatas. Namun, ada banyak perahu yang tersedia untuk membawa wisatawan menyeberang kapan saja.

Sebelum berangkat ke lokasi, sebaiknya membawa perbekalan secukupnya. Bawalah makanan, minuman, dan obat-obatan apa pun yang mungkin diperlukan selama liburan.

Tidak dapat dipungkiri jika Natuna memiliki segudang tempat wisata alam yang menakjubkan. Apalagi jika menyangkut pantai dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Bak permata tersembunyi, Pulau Senua di Natuna menawarkan paket liburan yang sangat lengkap. Anda bisa menikmati keindahan pantai, tebing-tebing eksotis, dan satwa langka di dalam hutan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button