Tempat Wisata

Pulau Serak: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Serak: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sebagai salah satu pulau kecil di Kepulauan Riau menawarkan keindahan kepada pengunjung dengan wisata baharinya. Salah satu daya tariknya adalah menurunnya warna air laut, dengan warna air mulai dari biru hingga hijau toska, ditambah lagi dengan kejernihan air laut itu sendiri.

Pasir putihnya membentang di sepanjang pantai dan terasa lembut saat pengunjung memasuki pantai. Tak lupa pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai memberikan kesejukan dan ketenangan bagi pengunjung yang akan menikmati liburannya.

Batu-batu besar di pantai dengan berbagai bentuk menimbulkan kesan alami Pulau Serak. Dengan ketinggian 5 meter dan terletak tepat di pinggir pantai. Penduduk setempat menyebut batu besar tersebut “Batu Tegak” karena tingginya, dan “Batu Songkok” (peci).

Wisatawan asing juga mengunjungi pulau ini pada waktu-waktu tertentu dalam setahun berselancar. Seiring pergantian musim, air laut akan tinggi dan ombaknya banyak dimanfaatkan oleh wisatawan asing berselancar.

Selain wisata, pulau ini juga merupakan tempat yang bagus untuk memancing, walaupun ikannya tidak banyak, namun potensi memancing di Pulau Serak cukup bagus.

Sejarah Pulau Serak

Pulau Serak Terletak di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau dan merupakan salah satu pulau kecil. Merupakan pulau perbatasan Kabupaten Lingga, Kabupaten Sikup yang memanjang dari bagian tengah hingga ujung paling barat dan berbatasan dengan Pulau Jambi dan Berhala.

Dulunya pulau ini merupakan pulau berpenghuni di Kepulauan Riau, namun karena adanya masalah bajak laut, masyarakat yang dulunya tinggal di pulau ini berpindah untuk menghindari pembajakan sehingga menjadikannya pulau yang tidak berpenghuni.

Fasilitas di Pulau Serak

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lingga menyiapkan pendopo dan monumen bagi wisatawan yang akan berkunjung ke pulau tersebut. Sayangnya karena pulau ini tidak berpenghuni, sedikit perhatian yang diberikan terhadap pendopo dan monumen ini. Selain kedua hal tersebut, tidak ada fasilitas lain yang melengkapi pulau ini.

Berburu foto di Pulau Serak

Titik pertama yang dipotret adalah bebatuan yang berdiri tegak di pinggir pantai. Bebatuan setinggi 5 meter ini merupakan tempat yang bagus untuk fotografi dan hiking selama kunjungan liburan Anda ke pulau ini.

Sambil menikmati berselancar Ini juga bisa menjadi tempat yang bagus untuk fotografi. Abadikan birunya air laut yang jernih dengan perpaduan deburan ombak laut. Sekalipun ingin diabadikan Berselancar.

Tips Berwisata di Pulau Serak

Pastikan Anda memesan transportasi yang sesuai dengan budget pengunjung. Karena menggunakan pompong dan speedboat untuk mengunjungi tempat ini pengunjung mengeluarkan biaya untuk transportasi.

Kenakan pakaian yang menyerap keringat saat pengunjung menghabiskan waktu liburannya di pantai, dan pastikan mereka mengenakan pakaian yang sesuai dengan liburan agar tidak terlihat salah kostum. Pengunjung juga disarankan untuk membawa pakaian ganti secukupnya agar dapat berganti setelah beraktivitas.

Baca juga: Berwisata Sambil Mengamati Aktivitas Nelayan Pulau Sayak

Gunakan kacamata dan topi untuk menghindari panasnya sinar matahari. Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, sehingga panasnya sinar matahari sangat terasa di kulit. Untuk itu pengunjung mutlak perlu mengoleskan tabir surya terlebih dahulu agar kulitnya tidak terbakar sinar matahari.

Bawalah perbekalan Anda sendiri. Pulau Serak Walaupun dari pulau yang tidak berpenghuni, agar tidak ada yang menjual makanan dan minuman kepada pengunjung, ada baiknya pengunjung membawa perbekalan sendiri.

Setelah mengunjungi pulau, jangan meninggalkan sampah apa pun untuk menjaga kealamian pulau. Meninggalkan jejak berupa foto pengunjung pernah mengunjungi pulau tersebut dan menikmati liburannya disana.

Akses ke Pulau Serak

Karena merupakan pulau kecil di Kepulauan Riau, pengunjung yang ingin mengunjunginya kebanyakan menggunakan pompong atau perahu nelayan dan speedboat.

Jika pengunjung melalui Pualu Singkep, dibutuhkan waktu 60 menit atau satu jam dengan pompong. Dan dari Desa Marok membutuhkan waktu 30 menit. Dari kota Dabo Singkep dibutuhkan waktu satu jam dengan mobil menuju Marok Tua dan dari sana satu jam lagi dengan speedboat.

Wisata kuliner di Pulau Serak

Tidak ada wisata kuliner khusus Pulau Serak, Pulau ini tidak berpenghuni sehingga tidak ada yang membuka kios untuk berjualan dan melayani pengunjung wisata kuliner. Karena hanya nelayan yang singgah dan bermalam setelah melaut, pulau ini dijadikan tempat persinggahan.

Peta lokasi Pulau Serak

Jam buka dan biaya masuk Pulau Serak

Jika Anda ingin menghabiskan waktu berlibur, Anda bisa mengunjungi Pulau Serak mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Sebab saat ombak sedang tinggi, pengunjung tidak bisa datang. Kalau soal tiket masuk pun tidak ada yang menjual tiket.

Dengan pesona yang dimilikinya Pulau Serak akan menarik banyak wisatawan yang ingin menikmati keindahan pulau dengan panoramanya yang masih asri.

Galeri foto Pulau Serak

Potret Pulau Serak
Potret bebatuan indah di lepas pantai Pulau Serak
Potret pantai berbatu
Spot foto di pantai berpasir
Perburuan Foto
Spot foto di bawah batu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button