Tempat Wisata

Pulau Sikuai di Sumatera Barat: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Mengunjungi Sumatera Barat? Pastikan untuk meluangkan waktu untuk berlibur di Pulau Sikuai. Pulau ini dulunya sangat populer sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Meski sempat ditutup karena adanya perselisihan antara pengelola dengan pemerintah setempat, pulau wisata seluas 44 hektar ini kini telah dibuka kembali.

Lokasi Pulau Sikuai

Pulau SikuaiPulau Sikuai Sumber: instagram.com/karupuakjangek/

Pulau ini berada di sebelah barat Sumatera. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung di Kota Padang, Sumatera Barat.

Pulau ini terletak sekitar setengah mil dari kota Padang. Untuk mencapai pulau ini Anda bisa naik perahu dari Dermaga Airud Bungus atau dari Pelabuhan Muara.

Tiket masuk Pulau Sikuai

Wisatawan bisa menikmati keindahan dan eksotisme Pulau Sikuai secara gratis. Anda hanya perlu membayar untuk menyewa perahu untuk sampai ke pulau ini. Harga sewa kapal atau speedboat mulai dari Rp200.000 hingga Rp600.000.

Jam buka pulau Sikuai

Pulau yang terletak di bagian barat kota Padang ini buka 24 jam. Karena itu Anda bebas memilih kapan akan mengunjungi pulau ini. Anda hanya perlu memperhatikan ketersediaan kapal untuk menuju pulau ini.

Peta lokasi pulau Sikuai

Tips Berkunjung ke Pulau Sikuai

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pulau Sikuai semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Pulau Sikuai adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pulau Sikuai bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pulau Sikuai.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pulau Sikuai.

Fasilitas Pulau Sikuai

Sebagai destinasi wisata, Pulau Sikuai menawarkan fasilitas yang memadai. Anda bisa menginap di resort, penginapan dan juga kafe.

Namun, karena perselisihan antara manajemen resor dan pemerintah daerah, banyak pondok yang ditinggalkan.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau ini seperti snorkeling, diving atau mendaki gunung. Tersedia tangga agar wisatawan dapat dengan mudah menaiki bukit tersebut.

Tempat wisata menarik di pulau Sikuai

Foto pulau SikuaiFoto Pulau Sikuai Sumber: instagram.com/karupuakjangek/

Pulau Sikuai tidak hanya menawarkan keindahan pantai, tetapi juga banyak panorama alam lain yang wajib Anda jelajahi.

1. Bersantai di pantai

Pantai Sikuai memiliki arus yang tenang, sehingga wisatawan dapat betah berjalan-jalan di sepanjang pantai atau sekedar bersantai dan mengagumi keindahan pasir putihnya. Anda tidak perlu takut panas karena banyak pohon kelapa di sepanjang pantai untuk berteduh.

2. Eksplorasi Bawah Air

Air laut di Sikuai sangat jernih sehingga ideal untuk snorkeling dan diving. Anda bisa menjelajahi keindahan berbagai terumbu karang yang menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan.

Anda dapat menyewa peralatan snorkeling seperti goggle dan fin dari pengelola wisata. Air laut yang jernih dan ombak yang tenang membuat aktivitas snorkeling Anda menjadi sangat seru.

3. Di sekitar pulau

Sebuah jalan setapak juga telah dibuat di pulau ini agar wisatawan dapat menjelajahi kawasan pulau dengan mudah. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar pulau ini dengan pasangan atau teman Anda.

Ada banyak pohon rindang di sepanjang jalan agar tidak kepanasan. Ditemani angin sepoi-sepoi dan ombak, aktivitas di sekitar pulau ini pasti akan sangat menyenangkan.

Anda juga bisa menjelajahi pulau ini ditemani oleh pemandu wisata. Pemandu akan memberi tahu Anda sejarah pulau ini untuk membuat liburan Anda semakin tak terlupakan.

4. Mendaki

Apakah Anda ingin menikmati pemandangan pulau dari atas? Anda dapat mendaki atau mendaki bukit. Anda dapat menaiki level yang tersedia untuk mencapai puncak. Pendakian ini memakan waktu sekitar 50 menit.

Dari atas bukit, Anda bisa mengabaikan momen dengan berfoto selfie. Foto yang Anda ambil akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Hotel dan penginapan di Pulau Sikuai

Jika Anda berencana menghabiskan beberapa hari di pulau ini, Anda bisa menginap di New Sikuai Island Resort. Resor ini menawarkan fasilitas seperti hotel bintang 5 dengan 54 cottage, puluhan kamar, dan 9 ruang serbaguna.

Resor ini juga dilengkapi dengan kolam renang yang menghadap ke pantai. Jadi Anda bisa berenang sambil menikmati pemandangan laut biru.

New Sikuai Island Resort menawarkan tarif kamar yang berbeda. Anda bisa menginap di tempat ini dengan merogoh kocek antara Rp600.000 hingga Rp3 juta.

Itinerary ke Pulau Sikuai

Ada beberapa cara untuk mengakses Pulau Sikuai. Pertama, Anda bisa menyewa perahu atau speedboat di Pelabuhan Teluk Bungus. Selain itu, Anda juga bisa naik perahu atau speedboat dari Dermaga Wisata Bahari di Jalan Batang Harau.

Waktu tempuh menuju Pulau Sikuai kurang lebih 60 menit dengan kapal dan 25 menit dengan speedboat. Harga sewa perahu ini adalah Rp 200.000.

Agar lebih nyaman, di Dermaga Wisata Bahari ini Anda bisa memilih paket wisata yang ditawarkan pengelola pulau.

Keindahan alam Pulau Sikuai

Keindahan Pulau SikuaiPulau Sikuai Sumber: instagram.com/alfihervian/

Daya tarik Pulau Sikuai adalah keindahan pantai, hutan tropis, dan perbukitan. Tidak seperti pulau lain yang mungkin hanya menawarkan pemandangan pantai yang indah, pulau ini memungkinkan Anda menjelajahi perbukitan hutan tropis.

Saat senja, Anda bisa menikmati keindahan sunset dari atas bukit. Hanya dengan menaiki 369 anak tangga Anda akan terpesona dengan keindahan alam pulau ini dari atas.

Selain itu, pulau ini juga menawarkan keindahan ekosistem laut. Anda dapat menjelajahi keanekaragaman biota laut. Manajemen juga mengajak wisatawan menanam terumbu karang pada acara-acara tertentu.

Jika ingin menjelajahi perairan di sekitar pulau, Anda bisa menyewa kano. Pantai di sekitar pulau ini memiliki ombak yang tenang, sehingga bermain kano sangat menyenangkan.

Dengan segala keindahan alam dan fasilitas yang ditawarkan, Pulau Sikuai bisa menjadi pilihan yang tepat saat berlibur di Sumatera Barat.

Gambar dan foto pulau Sikuai di Sumatera Barat

Pintu masuk dermaga ke pulau SikuaiPemandangan Pulau Sikuai dari lautSuasana pantai di Pulau SikuaiPerjalanan perahu di pulau SikuaiPohon kelapa di Pulau Sikuai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button