Tempat Wisata

Pulau Sipadan: Rasakan keindahan pulau tersembunyi dengan kekayaan terumbu karang eksotis di Malaysia

Pulau Sipadan di Malaysia merupakan pulau tersembunyi mempesona yang menawarkan surga bawah laut dengan segudang terumbu karang eksotik yang menakjubkan.

Biaya tur: -, Jam beroperasi: 09.00 – 18.00, Alamat: Sabah, Malaysia; Map: Periksa lokasinya

Pulau Sipadan, destinasi wisata menawan di dekat Pulau Kalimantan, saat ini berada di bawah kekuasaan Sabah, Malaysia, meski sempat menjadi sengketa. Akses menuju pulau ini cukup mudah dan tersedia berbagai pilihan rute.

Jika Anda ingin menjelajahi pulau tersembunyi yang menarik, Pulau Sipadan adalah pilihan yang tepat. Ingin tahu atraksi apa saja yang ada di pulau eksotik ini? Yuk, kita lihat lebih dekat.

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Sipadan

Daya Tarik Pulau SipadanFoto: Google Maps/Dunia Wanderlust

1. Kaya akan terumbu karang

Pulau Sipadan terkenal dengan keajaiban bawah lautnya yang menakjubkan sehingga menjadikannya tempat yang tepat untuk menyelam atau snorkeling.

Saat menyelam di sini Anda akan disambut oleh beragam biota laut, antara lain terumbu karang warna-warni, ikan tropis, penyu, hiu martil, ikan pari, dan masih banyak spesies laut lainnya.

Keindahan bawah laut pulau ini tidak hanya mempesona tetapi juga memiliki nilai ekologis yang sangat penting, oleh karena itu pemerintah mengambil langkah untuk melindungi kawasan ini sebagai cagar alam.

2. Memiliki 12 lokasi penyelaman

Pulau Sipadan di Malaysia memiliki luas sekitar 50 kilometer. Pulau ini terbuat dari batu kapur dan tingginya 600 meter. Pada tahun 2009, pulau di Sabah ini masuk dalam peringkat 77 tempat paling menakjubkan di dunia.

Karena keindahan alam bawah lautnya, wisata bahari ini memiliki hingga 12 lokasi untuk aktivitas menyelam.

Beberapa lokasi tersebut antara lain White Avenue, Mid Reff, Turtle Patch, South Point, Staghorn Crest, Lobster Lair, Taman Gantung, West Ridge, North Point, Coral Garden Drop Off dan Turtle Cavern.

3. Menjadi rumah bagi perlindungan lingkungan

Meski memiliki keindahan alam yang menarik, pulau populer di Sabah ini tidak dijadikan sebagai objek wisata. Melainkan sebagai rumah pelestarian keanekaragaman hayati bawah laut.

Jumlah pengunjung yang diperbolehkan ke pulau ini sangat dibatasi, terutama bagi mereka yang ingin merasakan keajaiban alam bawah laut.

Lokasi ini hanya dibatasi 20 izin snorkeling per hari. Kemudian menyelam dibatasi 156 izin per hari.

4. Banyak spot foto menarik

Pulau ini mempunyai keindahan bawah laut yang menarik jadi jika anda sedang mencari spot foto bawah air. Jadi, Anda wajib mengunjungi tempat ini. Anda bisa berfoto di beberapa spot foto bawah air.

Karena kawasan ini sangat ketat, Anda bisa pergi ke Pulau Semporna yang dekat dengan Pulau Sipadan di Malaysia. Anda tidak diperbolehkan berenang di sini lebih dari tiga kali.

5. Letak pulau yang strategis

Pulau Sipadan terletak di kawasan yang strategis dan mudah untuk dikunjungi. Pulau ini terletak di Selat Makassar. Daerah ini merupakan perbatasan antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Oleh karena itu, pulau ini menjadi sengketa antara Indonesia dan Malaysia. Namun pada akhirnya tim Malaysia yang menang.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau SipadanFoto: Google Maps/Diamant Peter

Untuk menuju Pulau Sipadan, Anda bisa terbang melalui Bandara Tawau. Maskapai yang dilayani antara lain Air Asia dan Air Malaysia.

Khusus bagi Anda yang berangkat dari Kota Kinabalu dan Kuala Lumpur. Nah, sesampainya Anda di Pulau Tawau. Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Semporna dengan menggunakan taksi atau minibus. Perjalanan memakan waktu 60 hingga 90 menit.

Selanjutnya Anda tinggal menunggu untuk dijemput dan diajak menjelajahi pulau, termasuk ke lokasi menyelam.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pulau SipadanFoto: Hapus Splash/Unsplash+

Nikmati keindahan pulau itu

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Sipadan Malaysia adalah menikmati keindahannya. Nikmati semilir angin sepoi-sepoi sambil mengagumi panorama laut biru. Anda bahkan dapat memesan akomodasi khusus yang terletak di atas laut.

Air laut yang jernih memudahkan Anda melihat keindahan bawah laut. Anda juga bisa berkeliling pulau ini karena luasnya yang cukup luas.

Menyelam di bawah laut di Pulau Sipadan

Keindahan alam bawah laut di Pulau Sipadan sudah tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, bagi Anda yang gemar berenang, jangan lewatkan kesempatan ini. Selain itu, ada banyak lokasi menyelam yang bisa Anda nikmati.

Sayangnya belum ada informasi mengenai sewa peralatan dan biayanya. Jadi sebaiknya bawa uang lebih untuk sewa atau bawa perlengkapan sendiri.

Kunjungi Pulau Semporna

Pulau Sipadan terletak tidak jauh dari Pulau Semporna. Oleh karena itu, Anda juga bisa mengunjungi pulau ini untuk berwisata karena banyak dikunjungi wisatawan dari luar negeri.

Sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati akomodasi tepi pantai. Berkat nuansa lautnya yang biru jernih, Anda akan betah berada di pulau ini.

Snorkeling

Selain aktivitas menyelam, Anda juga bisa merasakan keajaiban alam bawah laut dengan snorkeling. Snorkeling juga cocok bagi Anda yang ingin menikmati wisata bahari dengan harga terjangkau. Silakan tanyakan kepada staf properti untuk mengetahui tempat snorkeling terbaik.

Aktivitas snorkeling ini juga dibatasi oleh pemerintah, jadi manfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya jika sudah mendapat izin untuk snorkeling. Setiap hari snorkeling dibatasi hanya 20 izin per hari.

Tur ke Pulau Tawau

Jika Anda berencana mengunjungi Pulau Sipadan di Malaysia, Anda bisa singgah di Pulau Tawau. Masih ada beberapa destinasi wisata lain yang bisa Anda kunjungi di kawasan pulau ini.

Beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Bukit Tawau, Air Terjun Meja, Hutan Inikea, Museum Kakao, Pemandian Air Panas Tawau dan Pasar Tanjung Tawau. Di pasar ini Anda bisa membeli oleh-oleh yang bisa dijadikan kenang-kenangan.

Jika Anda tertarik dengan wisata ekologi, Anda bisa mengunjungi Stopborneo Wildlife. Wisata ini menampilkan beragam satwa unik. Anda bahkan bisa naik perahu untuk mengagumi keindahan tanaman di sekitarnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau SipadanFoto: Google Maps/Justin Yap

Waktu terbaik untuk berenang di pulau cantik ini adalah musim kemarau yang biasanya berlangsung pada bulan Februari hingga November. Anda juga harus tepat waktu karena berenang hanya diperbolehkan pada jam 7 pagi hingga jam 4 sore.

Untuk bisa menikmati keindahan pulau ini, dilakukan pembedaan tergantung pengunjung yang datang. Warga negara Malaysia yang ingin berkunjung ke pulau tersebut harus membayar RM50 atau setara Rp. 165.000.

Bagi warga Malaysia yang ingin berenang harus membayar RM250 atau setara Rp. 820.000. Sedangkan Anda yang berasal dari negara lain harus merogoh kocek RM100 atau setara Rp. 350.000.

Sedangkan untuk menyelam Anda harus membayar RM350 atau setara Rp. 1.166.000. Sayangnya, belum ada informasi detail mengenai fasilitas yang akan Anda terima. Jadi persiapkan lebih banyak uang di sana untuk kebutuhan sehari-hari Anda.

Setelah merasakan keunikan Pulau Sipadan di Malaysia, kini Anda memahami biaya yang harus dikeluarkan dan pesona yang ditawarkan pulau tersebut. Anda juga memiliki berbagai tujuan wisata untuk dijelajahi. Jadi kapan Anda berencana mengunjungi pulau mempesona ini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button