Tempat Wisata

Pulau Sirandah: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Meski belum begitu populer, Pulau Sirandah layak menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi selama berada di Sumatera Barat. Pulau ini menawarkan pemandangan laut dan pantai yang menakjubkan.

Tak heran, semakin banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke pulau ini. Berada tak jauh dari Padang, pulau ini semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Lokasi Pulau Sirandah

Pulau SirindaPulau Sirandah Sumber : instagram.com/cipta.kris/

Pulau ini masih masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat. Karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit berkendara menuju pulau ini.

Wisatawan dapat menggunakan perahu dari beberapa jalur seperti Pantai Bungus, Pelabuhan Muaro Padang, Mandeh dan dari Pantai Sungai Pisang.

Biaya masuk ke Pulau Sirandah

  1. Biaya masuk: Rp 30.000

(Diperbarui Maret 2023))

Jam Operasional Pulau Sirandah

Pulau ini buka 24/7, jadi Anda bisa berkunjung kapan pun Anda mau. Namun, Anda harus memperhatikan ketersediaan pilihan transportasi untuk mencapai pulau ini.

Peta lokasi Pulau Sirandah

Tips Berkunjung ke Pulau Sirandah

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pulau Sirandah semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Sirandah adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pulau Sirandah bersama orang tersayang untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa travel agent untuk liburan nyaman dan bebas stres ke Pulau Sirandah.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pulau Sirandah.

Fasilitas di Pulau Sirandah

Karena Pulau Sirandah memang dikhususkan sebagai destinasi wisata, maka bisa dikatakan cukup lengkap dan nyaman. Disini terdapat gazebo untuk relaksasi dan juga toilet.

Selain itu, tersedia pula pilihan akomodasi bagi wisatawan di pulau ini. Anda tidak perlu takut mati gaya di pulau ini karena banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Pulau ini menawarkan banyak olahraga air seperti banana boat rides, snorkeling dan scuba diving. Atau jika sekedar ingin bersantai, Anda bisa duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati segarnya air kelapa muda. Ada berbagai macam kios yang menjual makanan dan minuman untuk wisatawan

Tempat wisata di pulau sirandah

Foto dari Pulau SirandahFoto dari Pulau Sirandah Sumber: instagram.com/wanerzain/

Pulau Sirandah menawarkan banyak kesenangan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang harus dilakukan selama kunjungan Anda ke pulau ini.

1. Bersantai di pantai

Cuaca di pulau ini cukup panas. Namun, Anda tetap bisa menikmati keindahan pantai dengan berteduh dan menyeruput es krim kelapa. Ada banyak warung kecil yang menawarkan makanan ringan untuk teman bersantai.

Anda juga bisa menggunakan ayunan di pantai. Jangan lupa untuk berfoto karena tempat ini cukup menarik untuk menambah estetika feed Instagram Anda.

2. Berenang dan meluncur

Pulau ini memiliki arus yang tenang dan tidak ada ombak. Jadi kamu bisa berenang sepuasnya. Anda juga bisa menggunakan seluncuran yang ada untuk semakin menambah keseruan mandi di pantai.

3. Olahraga air

Di pulau ini Anda bisa mencoba berbagai olahraga air. Jika Anda menyukai tantangan, sebaiknya Anda mencoba menyewa jet ski terlebih dahulu. Tarif sewa jet ski adalah Rp 150.000 per 30 menit.

Jika tarif terlalu mahal untuk Anda, Anda bisa naik donat atau banana boat seharga Rp 30.000 per orang. Namun, untuk bermain wahana air ini, Anda harus bermain dengan minimal 5 orang.

4. Snorkling

Ada banyak persewaan peralatan snorkeling di Sirandah. Namun, pemandangan bawah laut pulau ini kurang menarik karena terbatasnya biota laut. Namun, bagi anak-anak, pengalaman snorkeling ini akan menjadi aktivitas yang cukup menarik.

5. Pulau Kura-Kura Raksasa

Jika Anda pergi ke bagian belakang pulau ini, Anda bisa menemukan sebuah pulau kecil yang berbentuk seperti kura-kura. Pulau ini terdiri dari tumpukan batu yang terlihat seperti kepala kura-kura dan bukit-bukit yang tertutup pohon yang terlihat seperti cangkang kura-kura.

Saat laut surut, Anda juga bisa berjalan kaki ke Pulau Penyu. Namun, Anda harus berhati-hati karena terdapat banyak karang yang tajam.

Hotel dan akomodasi di Pulau Sirandah

Pulau ini menawarkan beberapa akomodasi yang bisa Anda pilih sesuai budget. Atau, Anda juga bisa menyewa tenda seharga Rp 150.000 untuk 3 orang.

Pulau ini menawarkan kamar backpacker dengan harga Rp 600.000 per kamar. Kamar bergaya backpacker ini dapat menampung 6 orang.

Jika ingin AC, Anda bisa menyewa cottage warna-warni seharga Rp 1,2 juta per malam. Ada juga pondok kayu yang harganya Rp 1,5 juta per malam. Rumah liburan ini terletak di dekat pantai.

Itinerary ke Pulau Sirandah

Ada banyak jalan menuju Sirandah. Berikut adalah titik awal yang dapat Anda pilih.

1. Pelabuhan Muaro

Dari Bandara Minangkabau Anda dapat berkendara ke Kota Tua Padang. Anda kemudian dapat menyeberang ke Sirandah melalui pelabuhan Muaro. Namun sayangnya perahu yang tersedia sangat terbatas. Selain itu, waktu tempuhnya juga cukup lama dan tentunya harga sewa perahunya pun cukup mahal.

2. Oleh Bungus

Dari pusat kota Anda bisa naik angkot jurusan Bungus. Di Bungus banyak tersedia kapal pesiar dan juga penyedia wisata ke pulau.

3. Desa Sungai Pisang

Nah, ini adalah rute tercepat dan termurah. Jarak Sungai Pisang dari kota Padang hanya sekitar 1 jam. Dari Sungai Pisang, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 20 menit berkendara menuju Sirandah. Harga perahunya juga cukup murah, sekitar Rp 50.000 untuk pulang pergi.

Keindahan alam Pulau Sirandah

Keindahan Pulau SirandahPulau Sirandah Sumber: instagram.com/ovienr/

Sesampainya di pulau ini Anda akan dibuat takjub dengan gradasi warna air laut yang kontras dengan warna putih pasirnya. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang Sirandah atau sekedar bersantai di pantai.

Pulau ini tidak terlalu luas, jadi tidak butuh waktu lama untuk menjelajahi setiap sudutnya. Suasana pantai yang cerah dengan angin segar akan membuat liburan Anda di Sirandah tak terlupakan.

Sekilas dan foto pulau Sirandah di Sumatera Barat

Gerbang kedatangan di Pulau SirandahPeluang game di Pulau SirandahPilihan akomodasi di Pulau SirandahKeindahan Pantai Pulau SirandahAtraksi di Pulau SirandahPemandangan Pulau Sirandah dari atas

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button