Tempat Wisata

Pulau Sirandah, pulau cantik di Padang yang pesonanya mirip dengan Maladewa

Temukan keindahan Pulau Sirandah di Padang, sebuah pulau indah dengan panorama mempesona mirip Maladewa dan menjadi destinasi sempurna untuk petualangan Anda.

Harga tiket: Rp30.000, Jam beroperasi: 09.00 – 09.30 WIB, Alamat: Teluk Kabung Selatan, Kecamatan. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasinya

Padang tidak hanya terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat, namun juga menawarkan berbagai destinasi wisata bahari yang mempesona seperti Pulau Sirandah.

Sering disamakan dengan keindahan Maladewa, pulau ini menawarkan pemandangan laut dan pantai yang sangat indah. Oleh karena itu, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik mengunjungi pulau di kawasan Padang ini.

Berkat lokasinya yang sangat dekat dengan kota Padang, pulau ini menjadi tujuan wisata populer terutama di akhir pekan. Wisatawan yang berkunjung ke pulau indah ini menemukan berbagai atraksi dan aktivitas wisata menarik.

Untuk mengetahui lebih jauh apa saja yang ditawarkan pulau ini, simak ulasannya di bawah ini.

Daya Tarik Pulau Sirandah

Daya Tarik Pulau SirandahFoto oleh Reyner Gunawan di Google Maps

Secara umum pulau ini menawarkan daya tarik tersendiri berupa hamparan pasir yang datar, sehingga anak-anak semakin merasa nyaman saat bermain pasir.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Selain itu, air lautnya yang biru dan jernih juga akan memanjakan mata setiap wisatawan. Untuk membantu Anda lebih memahami pariwisata di pulau indah ini, Anda bisa melihat beberapa tempat wisata yang ditawarkan di bawah ini.

1. Asal Nama Sirandah

Salah satu keunikan Pulau Sirandah terletak pada asal usul nama pulau tersebut, yaitu “Sirandah” dalam bahasa Minang yang berarti “rendah” atau rendah.

Nama ini diberikan karena pulau ini berbeda dengan pulau-pulau di sekitarnya. Wisata bahari ini khususnya memiliki kontur daratan yang relatif datar tanpa sedikitpun perbukitan.

2. Keindahan pantainya memanjakan mata

Menghadap ke air laut yang biru jernih, pulau ini sangat cocok dikunjungi saat musim panas tiba.

Rombongan ikan hias terlihat melintas di antara terumbu karang. Bahkan, sejumlah hiu kecil juga berenang lincah di pulau eksotis ini.

3. Terdapat pulau penyu raksasa

Daya tarik lain dari Pulau Sirandah di Padang adalah adanya pulau yang bentuknya menyerupai penyu raksasa. Di tengah pulau ini terdapat bukit yang ditumbuhi pepohonan hijau lebat sehingga menimbulkan siluet menyerupai cangkang penyu.

Di sisi lain terdapat formasi batuan yang menyerupai penyu asli dan merupakan bagian dari kepala penyu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau SirandahFoto oleh Shukraan Jazeelan di Google Maps

Perlu anda ketahui kalau kawasan wisata Pulau Sirandah sendiri secara umum merupakan salah satu pulau yang berada dalam wilayah administratif Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Jika Anda mengunjungi pulau ini dari Bandara Minangkabau, perjalanan dari kota Padang sekitar 6 kilometer atau sekitar 2 jam.

Oleh karena itu, khusus bagi wisatawan yang menginap di luar pulau, sangat disarankan untuk menggunakan itinerary dari kawasan Kota Tua Padang dan berangkat dari Pelabuhan Muaro.

Sedangkan alternatif lain adalah melalui kawasan Bungus dan mendaki perahu yang bisa disewa oleh wisatawan.

Biaya masuk dan jam buka

Bagi anda yang ingin menghabiskan liburan anda di destinasi wisata Pulau Sirandah, Maka Anda harus membayar biaya masuk yang terjangkau hanya Rp 30.000 per orang.

Harga tiket masuk belum termasuk biaya tambahan lainnya seperti sewa perahu menuju pulau, sewa penginapan, dan sewa wahana air.

Untuk menghemat biaya liburan wisata bahari, Anda bisa membeli paket wisata khusus Sirandah ini. Namun, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda membeli paket perjalanan dari penyedia terbaik dan terpercaya.

Kegiatan yang menarik

Hal yang dapat dilakukan di Pulau SirandahFoto oleh Reyner Gunawan di Google Maps

Besarnya minat wisatawan untuk berkunjung Pulau Sirandah, umumnya bukan hanya karena tertarik dengan tempat wisata yang ditawarkan. Namun mereka juga tertarik dengan berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

Bersantai dan bermain di ayunan pantai

Meski cuaca mendukung Pulau Sirandah Cuacanya cukup panas, namun Anda tetap bisa bersantai menikmati keindahan alam pantai sambil meminum es krim kelapa muda yang menyegarkan.

Selain itu, Anda juga bisa berayun-ayun di pinggir pantai dan mengabadikan momen liburan di pulau cantik ini.

Cobalah berbagai wahana air di Pulau Sirandah

Pulau Sirandah, Padang adalah rumah bagi banyak fitur air seru dan memacu adrenalin seperti wahana perahu pisang Dan Perahu donat.

Jika Anda tertarik mencobanya, Anda bisa membayar biaya sewa wahana yang ditetapkan oleh pemandu wisata.

Temukan keindahan Pulau Kura-kura Raksasa

Sebagai simbol pulau ini, Tentu tak lengkap rasanya jika tidak menjelajahi keindahan Pulau Penyu yang sangat luas, bukan?

Oleh karena itu, Anda bisa menjelajahi pulau ini saat permukaan laut sedang rendah dan tetap berhati-hati karena banyak terdapat karang tajam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau SirandahFoto oleh M Rama Fitra Buana di Google Maps

Adapun fasilitas yang ditawarkan wisata bahari ini cukup lengkap dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang datang.

Selain itu, pengelola wisata kerap menambahkan berbagai fasilitas di pulau eksotis ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di pulau ini antara lain paviliun, toilet, akomodasi, wisata air dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa tempat wisata Pulau Sirandah yang bisa Anda pertimbangkan untuk liburan akhir pekan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button