Tempat Wisata

Pulau Siumat: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan dengan pulau-pulau besar dan kecil. Tak heran jika kabupaten ini memiliki berbagai potensi wisata bahari yang masih muda dan belum terjamah wisatawan. Contoh pulau ini adalah Pulau Siumat yang merupakan wilayah terluar Kabupaten Simeulue.

Pulau Siumat mempunyai potensi wisata yang besar, seperti sejumlah pantai indah di berbagai sudut pulau. Pantai-pantai di pulau ini menawarkan pesona tersendiri: pantai berpasir putih, keindahan alam bawah laut, dan birunya laut. Selain itu, pulau ini masih belum banyak dikunjungi orang sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang mendambakan keheningan alam.

Pulau Siumat

Secara geografis Pulau Siumat terletak di Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Untuk menuju pulau cantik ini, wisatawan perlu menyewa perahu motor dari dermaga di Simeulue. Namun belum ada jadwal pasti untuk menyeberang ke pulau ini, sehingga wisatawan biasanya menggunakan perahu nelayan lokal. Penyeberangan dari Pulau Simeulue menuju dermaga memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Sedangkan untuk menuju Kabupaten Simeulue, wisatawan bisa memilih perjalanan melalui jalur laut atau udara. Wisatawan harus menyeberang Haji dari Pelabuhan Labuhan dengan kapal feri yang biasanya memakan waktu 8 jam. Padahal, waktu tempuhnya cukup lama. Jika ingin perjalanan lebih cepat, wisatawan dapat mengambil penerbangan menuju Bandara Lasikin di Kota Sinabang.

Pesona Pulau Siumat

Sebagian besar pantai di Pulau Siumat didominasi oleh pantai karang yang sangat indah dan mempesona. Beberapa pantai bahkan mempunyai tebing karang yang menjulang tinggi. Berbagai macam biota laut yang ada di pulau ini, airnya yang biru dan sangat jernih juga menjadi nilai tambah bagi pantai-pantai di pulau kecil ini.

Pulau Siumat merupakan pulau terdepan, terjauh dan terluar di lautan lepas Samudera Hindia. Kondisi ini membuat banyak pantai memiliki ombak yang cukup kuat. Meski demikian, masih terdapat pantai dengan ombak yang tenang, terutama di bagian selatan pulau yang dekat dengan pemukiman penduduk.

Pulau Siumat

Sebelum bencana tsunami yang meluluhlantahkan Aceh pada tahun 2004, keindahan terumbu karang dan biota bawah laut di pulau ini sangat indah. Saat ini terjadi kerusakan di beberapa pantai, namun kondisinya berangsur pulih. Selain terumbu karang yang berwarna-warni, pantai Pulau Siumat juga menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan.

Pulau Siumat mempunyai potensi tidak hanya wisata bahari saja namun juga di bidang pertanian dan perkebunan. Komoditas utama yang dihasilkan pulau ini adalah cengkeh, kakao, kopi dan karet. Selain itu, pulau ini juga tidak ramai dikunjungi penduduk, termasuk hanya puluhan kepala keluarga yang menetap dan menetap di tempat ini secara permanen.

Sektor kelautan juga menjadi andalan warga sekitar sebagai sumber penghidupan utama. Penduduk Pulau Siumat sebagian besar berprofesi sebagai nelayan, ada pula yang berprofesi sebagai petani. Kearifan warga setempat terhadap wisatawan yang datang juga menjadi nilai tambah bagi kemajuan sektor pariwisata.

Wisatawan bisa menikmati keindahan pulau dengan mengunjungi beberapa pantai di Pulau Siumat. Berkat luasnya lautan biru dan jernihnya air, semua orang di pulau ini akan betah berlama-lama. Tak jarang anak kecil menemani wisatawan bermain di pantai atau berenang.

Jutaan potensi wisata bahari di Pulau Siumat jika dikelola dengan baik tentu bisa menjadi magnet bagi wisatawan dari luar daerah bahkan mancanegara. Sayangnya, pemerintah setempat masih belum mengelola pulau ini secara profesional. Meski demikian, pesona pulau di Kabupaten Simeulue ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Fasilitas Pulau Siumat

Fasilitas yang ada di Pulau Siumat sangat buruk, seperti transportasi menuju pulau yang cukup sulit ditemukan oleh wisatawan. Pengunjung wajib menaiki perahu nelayan pada saat perahu penghubung Simeulue dan Siumat tidak sedang melaut. Selain itu, salah satu kendala terbesarnya adalah kurangnya sumber air bersih di pulau ini.

Selain itu, belum ada fasilitas wisata di pulau ini. Wisatawan akan kesulitan mencari akomodasi atau rumah untuk bermalam. Biasanya pengunjung harus menginap semalam bersama warga, meski tentunya harus mendapat izin pemiliknya terlebih dahulu.

Baca juga:

Bagi wisatawan muslim tidak perlu khawatir jika berkunjung ke Pulau Siumat karena di sini telah dibangun masjid yang cukup nyaman untuk beribadah. Selain itu, wisatawan juga bisa berwisata kuliner dan mencicipi aneka makanan laut seperti ikan, kepiting, udang, dan lobster.

Berkunjung ke Pulau Siumat bisa menjadi alternatif jika Anda mencari tempat yang jauh dari mainstream pariwisata dan jauh dari hiruk pikuk kota besar. Berikut aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berada di pulau ini.

Nikmati keindahan pulau itu

Saat Anda berkunjung ke Pulau Siumat, Anda akan disuguhkan sebuah pulau dengan pantai yang indah dan mempesona. Pantai berpasir putih ini bisa Anda nikmati dengan damai dan tenang, birunya laut menjadi pemandangan yang tak pernah gagal memanjakan mata. Selain itu keindahan pulau ini sangat alami, terawat dan sangat bersih.

Anda bisa berenang di segarnya air laut yang jernih hingga sore hari. Rombongan ikan-ikan kecil akan selalu menemani liburan Anda. Meski fasilitas terbatas dan transportasi menuju pulau sulit, nampaknya usaha Anda akan terbayar dengan panorama alam Pulau Siumat.

Snorkeling dan menyelam

Pulau Siumat menawarkan keindahan bawah laut yang mempesona. Anda bisa snorkeling atau menyelam di beberapa pantai di pulau ini. Berbagai jenis terumbu karang berwarna-warni menghiasi dasar laut. Berbagai jenis ikan cantik juga tersembunyi di balik terumbu karang.

Jika anda ingin snorkeling, anda harus membawa peralatan sendiri sebelum mengunjungi Pulau Siumat, karena di sini belum ada persewaan peralatan untuk snorkeling. Anda bisa meminta penduduk setempat untuk memandu Anda ke tempat-tempat menarik di pulau ini.

Perburuan Foto

Saat berkunjung ke Pulau Siumat, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan pulau ini. Apalagi jika hobi Anda fotografi, Anda akan terpuaskan dengan objek-objek alam yang mempesona. Anda bisa memotret keindahan pantai dengan pasir putihnya yang bersih atau terumbu karang yang ada di laut.

Anda dapat menjelajahi setiap inci pulau dan mencari berbagai objek dan pemandangan berbeda. Berfoto selfie di depan kamera rasanya seperti sesuatu yang patut Anda lakukan saat berada di tempat yang indah. Tempat ini juga sangat cocok jika anda sedang mencari objek wisata untuk foto prewedding.

Baca juga:

Tips Berwisata di Pulau Siumat

  • •Pastikan cuaca cerah karena jika hujan maka penyeberangan menuju Pulau Siumat akan terganggu.
  • • Bawalah perbekalan secukupnya seperti pakaian, kamera dan perlengkapan snorkeling jika ingin menikmati keindahan bawah laut Pulau Siumat.
  • •Bersikap sopan dan ramah terhadap warga.
  • •Menjaga pulau tetap bersih dan tidak mencemari pulau dengan membuang sampah sembarangan.
  • •Saat berkunjung, selalu pastikan bahwa suatu tempat wisata tetap terjaga kelestariannya.
  • •Berdoa sebelum berangkat agar perjalanan lancar.

Galeri foto Pulau Siumat

Potret Pulau Siumat
Keindahan air di Pantai Pulau Siumat
Dermaga kecil di Pulau Siumat

Berburu foto di dermaga
Foto prewedding di Pantai Pulau Siumat

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button