Tempat Wisata

Pulau Sombori: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Sulawesi Tengah rupanya memiliki tujuan wisata yang menyerupai pulau Raja Ampat. Tujuan wisatanya adalah Pulau Sombori.

Pulau ini bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin merasakan keindahan Raja Ampat tanpa harus jauh-jauh berkendara ke Papua.

Lokasi Pulau Sombori

Pulau SomboriPulau Sombori Sumber: instagram.com/micaelwenur17/

Pulau ini terletak di Desa Mbokita, Kecamatan Menui, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk menuju pulau ini, wisatawan bisa menyewa speedboat di Morowali. Dibutuhkan sekitar 2 jam untuk mencapai pulau ini.

Biaya masuk ke pulau Sombori

Masuk ke Sambori gratis. Namun, Anda harus mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk menyewa perahu. Sebab, tarif speedboat sekitar Rp 4-5 juta per rombongan.

Jam Operasional Pulau Sombori

Pulau di Morowali ini buka 24 jam. Jadi Anda bisa merencanakan perjalanan ke pulau ini kapan saja.

Peta lokasi pulau Sombori

Tips mengunjungi Pulau Sombori

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pulau Sombori semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Pulau Sombori adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pulau Sombori bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pulau Sombori.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pulau Sombori.

Fasilitas Pulau Sombori

Sarana dan prasarana di wisata Sombori masih terbatas. Namun, agar Anda dapat bepergian dengan nyaman, Anda dapat memanfaatkan paket perjalanan yang tersedia secara luas. Biasanya pihak pengelola menawarkan wisata ke Sombori dan juga ke pulau Labengki.

Tempat wisata menarik di pulau Sombori

Foto Pulau SomboriFoto Pulau Sombori Sumber: instagram.com/shasachorollayne/

Meski masih minim fasilitas, hal itu diimbangi dengan destinasi wisata yang menakjubkan untuk dinikmati di Sombori.

1. Pulau Kayangan

Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati keindahan laut dan juga vila-vila dengan desain yang cantik. Di Pulau Kayangan, Anda bisa menginap di vila, bermain karaoke, atau ngopi di tempat yang tersedia.

2. Puncak Surgawi

Berkunjung ke Sombori belum lengkap tanpa berfoto di Puncak Kayangan. Dibutuhkan sekitar 5 menit berjalan kaki ke puncak.

Puncak Kayangan dulunya menjadi persinggahan para nelayan yang hendak melaut.

3. Pulau Koko

Untuk menuju Pulau Koko harus menggunakan perahu, perjalanan memakan waktu sekitar 15 menit. Pulau Koko menawarkan pantai berpasir putih yang indah.

Tempat ini sangat cocok untuk bersantai sambil menunggu sunset. Anda juga bisa memanggang ikan di pantai.

4. Gua Berlian

Di Sombori, jangan lewatkan tempat wisata Gua Intan. Gua ini diberi nama Intan karena bebatuan di sana memancarkan cahaya jika disinari dengan senter.

5. Meninggalkan pantai air

Pantai ini memiliki tebing yang indah sehingga cocok dijadikan latar foto. Pantai ini dinamakan Air Kiri karena dulu nelayan harus menggunakan tangan kirinya untuk mengambil air di antara bebatuan.

Waktu tempuh menuju Pantai Air Kiri kurang lebih 10 menit dengan menggunakan perahu.

6. Pulau Dua Laut

Pulau kecil ini adalah desa nelayan. Sekitar 30 keluarga tinggal di pulau ini. Keindahan pulau ini terletak pada pantai pasir putih dan akuarium yang mengesankan.

Anda juga bisa snorkeling di pantai yang cukup dangkal. Namun, Anda dapat menjauh dari pantai untuk mencari tempat yang lebih menantang.

7. Rumah nenek

Ketika Anda kembali ke Pulau Koko dari Air Kiri, Anda akan menemukan sebuah rumah kayu. Rumah ini disebut rumah Nenek karena dulu Nenek Indong tinggal di sana. Namun, dia meninggal pada tahun 2020.

Saat ini, rumah nenek ini menjadi spot foto wajib saat Anda berkunjung ke Sombori.

Hotel dan penginapan di Pulau Sombori

Sayangnya, belum ada pilihan hotel atau akomodasi di Pulau Sombori. Namun, jika ingin menginap, Anda bisa menginap di rumah penduduk dengan tarif sekitar Rp 50.000 per orang. Orang-orang Sombori sangat ramah turis.

Alternatif lain adalah bermalam di penginapan di Pulau Labengki. Ada banyak pilihan akomodasi di Labengki yang bisa dipilih.

Misalnya, Anda bisa menginap di Labengki Beach Hut yang harganya Rp 500.000 per orang. Untuk fasilitas yang lebih lengkap, Anda bisa menginap di Labengki Nirwana Resort dengan harga Rp 3,6 juta untuk 3 malam.

Itinerary ke Pulau Sombori

Untuk mencapai Sombori, Anda bisa menempuh rute dari Bandara Mutiara Palu menuju Bandara Maleo di Morowali. Setelah itu, Anda bisa pergi ke Bungku dengan mobil. Dari ibu kota Morowali, Anda bisa naik speedboat selama 2 jam menuju Sombori.

Namun jika Anda datang dari Kota Kendari, pulau ini lebih mudah dijangkau dari Pelabuhan Molawe Konawe Utara. Dari pelabuhan ini, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mencapai desa Mbokita. Anda bisa menyewa perahu berkapasitas 25 orang seharga Rp 1,5 juta.

Dari desa Mbokita, dibutuhkan waktu 18 menit untuk mencapai Sombori Resort. Sedangkan jika ingin mengunjungi Pulau Koko, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 17 menit saja.

Keindahan alam Pulau Sombori

Keindahan Pulau SomboriPulau Sombori Sumber: instagram.com/araaamekuo/

Sombori menawarkan berbagai keindahan alam seperti gugusan pulau berjuluk “Mini-Raja Ampat” atau “Pulau Phi Phi”. Selain itu, tempat wisata di Morowali ini juga menawarkan tempat lain seperti Gua Berlian, Gua Tengkorak dan beberapa pulau kecil di kawasan tersebut.

Panorama alam yang paling menonjol adalah keindahan tebing dan pulau karang yang membuat tempat ini semakin menawan. Deburan ombak yang menerjang tebing menambah pesona pulau ini.

Ada juga keindahan bawah laut di Sombori. Anda bisa snorkeling dan menyelam di Pulau Dua Laut dan juga di Pulau Koko. Pulau Koko memiliki pantai yang indah dengan pohon kelapa yang bergoyang untuk menambah kesejukan.

Gambar dan foto Pulau Sombori di Sulawesi Tengah

Keindahan Pulau Sombori dari atasAir di Pulau Sombori sangat jernihKunjungan ke Pulau SomboriPemandangan Pulau SomboriPulau Sombori dengan bebatuan Keindahan dan suasana di Pulau Sombori

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button