Tempat Wisata

Pulau Tidung Jakarta – Atraksi, Kegiatan Liburan, Lokasi dan Biaya Tour

Pulau Tidung Jakarta – Atraksi, Kegiatan Liburan, Lokasi dan Biaya Tour
Biaya tur: Mulai dari Rp 30.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Pulau Tidung, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Periksa lokasinya

Traveling menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kepenatan dari kehidupan sehari-hari. Bersama keluarga, kegiatan tersebut juga akan menjadi lebih meriah dan menghibur. Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di kawasan Kepulauan Seribu Provinsi Jakarta. Misalnya Pulau Tidung. Apa yang istimewa dari pulau ini? Mari kita simak lebih dekat ulasannya di sini.

➥ Paket Wisata Pulau Tidung 2H1M Kepulauan Seribu

Tempat Wisata yang Ditawarkan Pulau Tidung

Shutterstock Objek Wisata di Pulau TidungFoto: Shutterstock/Rini DJ

Sama halnya dengan Pulau Bidadari, Pulau Tidung masih menjadi bagian dari Kawasan Kepulauan Seribu. Banyak wisatawan dari wilayah Jakarta dan daerah lain mengunjungi pulau ini. Salah satu faktornya tentu saja keindahan dan daya tarik pulau ini. Daya tarik ini membuat banyak wisatawan betah berlama-lama di pulau ini.

Salah satu daya tarik Pulau Tidung adalah keindahan alamnya. Di pulau ini Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang indah dan eksotis. Selain itu, keanekaragaman biota laut di kawasan tersebut menjadi daya tarik wisatawan. Dengan informasi yang kini mudah dicari, keindahan pulau ini pun mulai dikenal masyarakat luas.

Berkat keindahan alamnya, pulau ini bisa Anda jadikan destinasi populer saat musim liburan. Di akhir pekan Anda juga bisa merencanakan liburan ke pulau cantik ini. Pulau ini sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Setiap pulau juga mempunyai kelebihan dan keindahannya masing-masing.

➥ Penawaran hotel di Kepulauan Seribu

Alamat dan rute menuju pulau

Shutterstock Alamat Pulau TidungFoto: Shutterstock/Prof_pic

Masih banyak sekali di wilayah Kepulauan Seribu sehingga Pulau Tidung banyak dikunjungi oleh masyarakat yang tinggal di wilayah ibu kota. Sebab dengan jarak yang tersedia, pengunjung bisa menikmati keindahan alam tanpa harus bepergian ke daerah lain di luar Jakarta. Dengan jarak yang jauh, biaya menuju pulau ini cenderung lebih murah.

Untuk menuju tempat wisata ini, ada jalur tersendiri yang bisa Anda tempuh. Anda juga bisa menggunakan transportasi umum untuk menuju ke sana. Anda bisa menuju pulau eksotis ini dengan menaiki kapal feri. Perjalanan kesana memakan waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan kapal feri yang berangkat dari dermaga yang ada.

Sesampainya di sana, Anda akan sampai di Dermaga Pulau Tidung yang dikelilingi pemandangan indah. Harga tiket kapal feri ini juga cukup terjangkau. Dengan kendaraan ini Anda bisa mengajak rombongan keluarga besar untuk berlibur ke pulau yang tak kalah indahnya dengan Bali dan Lombok, meski letaknya tidak jauh dari ibu kota.

➥ Wisata Kepulauan Seribu 2T1N

Biaya tur pulau

Sedikit berbeda dengan tempat wisata lainnya, tidak ada tiket khusus yang perlu Anda beli terlebih dahulu untuk masuk dan berlibur di pulau ini. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membayar biaya tiket kapal untuk memasuki pulau. Tiket kapal juga sudah termasuk dalam harga paket perjalanan jika Anda berlibur dengan agen perjalanan. Dengan harga yang ada akan diamortisasi sepenuhnya dengan panorama yang Anda nikmati di sana.

Dengan kemajuan zaman sekarang, penggunaan agen perjalanan juga dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Anda dapat memilih jenis paket yang mencakup harga berbeda. Biasanya harganya berfluktuasi tergantung berapa lama liburan di pulau yang ditawarkan. Mungkin juga tergantung pada fasilitas yang Anda dapatkan selama bepergian.

Namun, pastikan Anda memilih agen yang terpercaya sebelum berlibur ke pulau ini. Cara ini dimaksudkan agar liburan Anda semakin menyenangkan. Anda juga bisa mencari promosi menarik yang biasa ditawarkan kepada wisatawan. Dengan adanya promo-promo yang ada, tentunya budget tersebut akan terpakai untuk hal lain saat berwisata di pulau tersebut.

Aktivitas yang menyenangkan

Shutterstock Aktivitas Pulau TidungFoto: Shutterstock/WeBee

Tak hanya menikmati pemandangan indah, masih banyak aktivitas menarik lainnya di pulau ini. Contoh aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah snorkeling menikmati biota laut di sekitar pulau. Di pulau ini Anda bisa menikmati wisata olahraga air yang ditawarkan pihak pengelola. Anda bisa mencoba kano, jet ski, banana boat dan masih banyak lagi.

Di pulau ini Anda juga bisa mengunjungi Pantai Pasir Putih yang menyuguhkan pemandangan indah layaknya liburan pantai di Pulau Dewata. Selain mengunjungi pantai di sana, Anda juga bisa mengikuti wisata sepeda keliling pulau. Anda bisa bersepeda sambil mempelajari lebih lanjut aktivitas masyarakat yang tinggal di pulau tersebut.

Bagi Anda pecinta senja, momen matahari terbenam tentu menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Selama berada di pulau ini, Anda bisa menikmati matahari terbenam dari jembatan yang ada di sana. Siluet jembatan dengan latar belakang matahari terbenam tentu membuat pemandangan semakin indah dan sayang untuk dilewatkan oleh pengunjung. Anda juga bisa mengadakan pesta barbeque di tempat wisata ini.

Akomodasi di Pulau Tidung

Bagi Anda yang ingin tinggal lebih lama dan menikmati momen liburan di pulau ini, banyak juga pilihan akomodasi di sana. Akomodasi atau homestay ini juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Mulai dari harga, fasilitas, kapasitas hingga kondisi akomodasi. Dengan banyaknya akomodasi yang ditawarkan tentu akan lebih menguntungkan bagi wisatawan yang datang ke pulau tersebut.

Lokasi akomodasi yang berbeda juga berbeda-beda. Terdapat beberapa akomodasi di pinggir pantai bagi Anda yang menyukai pemandangan laut untuk mengatasi kepenatan. Berkat kemajuan teknologi saat ini, Anda dapat memesan akomodasi yang tersedia jauh-jauh hari. Tentunya hal ini dilakukan agar liburan Anda semakin menyenangkan.

Sudah terlihat sebelumnya bahwa Pulau Tidung terbagi menjadi dua bagian. Terdapat jembatan kecil di antara kedua pulau yang populer dengan banyak pengunjung. Nama jembatan itu sendiri adalah “Jembatan Cinta”. Letak jembatan ini juga cukup tinggi di atas permukaan laut, yakni sekitar 8 meter di atas permukaan laut. Kedalaman laut di bawah jembatan ini kini sekitar 5 meter.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Shutterstock Fasilitas Pulau TidungFoto: Shutterstock/Fahrezi Alwi

Pulau Tidung yang merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Kepulauan Seribu ini juga menawarkan banyak fasilitas untuk Anda. Misalnya saja terdapat fasilitas berupa warung makan yang menjual berbagai macam masakan lezat di dalamnya. Saat Anda mengunjungi warung makan ini, Anda bisa menemukan berbagai masakan yang berbahan dasar makanan laut segar. Selain itu, masih banyak jenis masakan lainnya di sana juga.

Fasilitas lain yang tak kalah menarik di pulau cantik ini adalah tempat perkemahan yang bisa Anda manfaatkan. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 50.000 rupiah untuk berkemah di tempat ini. Sedangkan fasilitas lain di pulau ini tidak kalah memadai dibandingkan tempat wisata di daerah lain. Misalnya saja fasilitas berupa kamar mandi dan juga tempat ibadah berupa musala bagi pengunjung yang datang ke pulau ini.

Kini juga terdapat tempat dimana Anda bisa membeli oleh-oleh khas Pulau Tidung. Di pulau ini Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk liburan yang unik dan bervariasi. Tentunya dengan fasilitas yang begitu lengkap, tidak dapat dipungkiri bahwa Pulau Tidung termasuk salah satu pulau yang paling digemari pengunjung diantara pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu.

Karena daya tariknya, Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi hingga saat ini. Selain keindahan alamnya yang eksotis, daya tarik lain dari pulau ini adalah biaya menuju ke sana. Fasilitas terkait juga tersedia ketika mengunjungi pulau dengan pantainya yang indah ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button