Tempat Wisata

Pulau Tidung, resor seru di Kepulauan Seribu

Pulau Tidung, resor seru di Kepulauan Seribu

Pulau Tidung di Kepulauan Seribu, Jakarta telah menjadi salah satu tempat wisata terpopuler bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Pulau yang menyuguhkan pemandangan eksotis untuk liburan tak terlupakan.

Biaya tur: Mulai dari Rp 315.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Eks Pulau Tidung, Kecamatan. Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Periksa lokasinya

Jakarta memang merupakan kota padat penduduk yang memiliki banyak tempat wisata yang ditawarkan. Mulai dari tempat wisata yang bertujuan edukasi atau rekreasi. Salah satu destinasi wisata di Jakarta yang paling terkenal adalah Pulau Tidung. Jika Anda memutuskan untuk berlibur, pulau cantik ini adalah destinasi terbaik untuk Anda.

Saat ini masyarakat semakin sibuk dengan aktivitasnya dan membutuhkan waktu untuk menghibur diri. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menghibur diri adalah pergi berlibur. Setiap orang mempunyai pilihannya masing-masing mengenai tempat wisata termasuk mengunjungi pantai-pantai di pulau ini.

Pulau Tidung merupakan salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu. Pulau ini menawarkan panorama alam yang begitu mempesona sehingga pengunjung datang tidak hanya dari Jakarta tetapi juga dari luar daerah bahkan luar negeri. Jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang wisata Pulau Tidung, simak penjelasan berikut ini untuk memuaskan rasa penasaran Anda.

➥ Wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu (2 hari 1 malam)

Ada 2 pulau yang berbeda

Shutterstock Palau di Pulau Tidung berbedaFoto oleh Radius Mutiha RH di Shutterstock

Terdapat dua pulau di Pulau Tidung yang terpisah satu sama lain dan dihubungkan oleh sebuah jembatan. Dua pulau yang terpisah tersebut dinamakan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Hal ini dikarenakan ukuran keduanya berbeda tergantung ukurannya. Setiap pulau digunakan untuk tujuan yang berbeda.

Pulau Tidung Besar merupakan pulau pertama yang akan Anda masuki pada awal tur ini. Bagian pulau yang menawan ini juga digunakan sebagai kawasan pemukiman. Meski penduduk di sana cukup aktif, Pulau Tidung Besar tetap menjadi objek wisata populer karena di sini Anda bisa melihat pantai dengan air biru dan pasir halus.

Selain itu, fasilitas yang ada di Big Island cukup lengkap. Termasuk akomodasi yang diperlukan pada hari libur. Sehingga wisatawan tidak kebingungan saat mencari perlengkapan yang dibutuhkan. Akomodasi juga tersedia di sini bagi wisatawan yang ingin bermalam.

Di sisi lain, Pulau Tidung Kecil tidak dihuni warga melainkan dijadikan sebagai tempat khusus pelestarian mangrove dan budidaya serta tanaman mangrove. Hutan bakau dan hutan bakau dilestarikan dengan tujuan melindungi pantai dari abrasi. Selain itu, wisatawan terkadang bisa membantu menanam pohon bakau kecil di Pulau Tidung Kecil pada waktu-waktu tertentu.

➥ Hotel murah di Kepulauan Seribu

Fasilitas yang tersedia di Pulau Tidung

Untuk memudahkan acara liburan anda, maka harus didukung dengan fasilitas yang memadai. Di pulau indah ini sendiri, terdapat berbagai jenis aktivitas yang bisa dilakukan untuk bersenang-senang. Misalnya bersepeda, snorkeling, bermain banana boat atau membutuhkan akomodasi.

Anda bisa leluasa menjelajahi Pulau Tidung dengan sepeda karena mobil tidak diperbolehkan mengaksesnya. Oleh karena itu, ada toko yang menawarkan sewa sepeda dengan harga harian yang terjangkau. Sebenarnya bersepeda di pulau ini sangat menyenangkan karena suasananya yang begitu asri. Selain itu, Anda juga bisa menyewa peralatan snorkeling.

Terdapat juga fasilitas umum yang mudah ditemukan. Misalnya toilet atau WC umum, mushola untuk ibadah gereja, tempat istirahat dan lain sebagainya. Tak perlu bingung lagi karena fasilitas di Pulau Cantik Tidung sudah lengkap.

Jembatan Cinta di Pulau Tidung

Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di pulau ini adalah Jembatan Cinta. Jembatan Cinta merupakan jembatan yang menghubungkan pulau besar Tidung dengan pulau kecil. Panjang jembatan ini hampir 1 km dengan tinggi sekitar 2 m, Jembatan Cinta kerap menjadi spot foto yang tak pernah dilewatkan oleh wisatawan.

Anda bisa langsung melompat dari jembatan ini jika ingin berenang di laut. Namun, pastikan Anda melakukannya secara profesional. Tak jarang banyak wisatawan yang melakukan sedikit atraksi: mereka melompat dari jembatan dan terjun ke laut.

Selain itu anda pasti tahu kalau jembatan ini dinamakan Jembatan Cinta karena ada mitos yang beredar di masyarakat. Ada mitos yang berkembang bahwa siapa pun yang melintasi jembatan mendapat dorongan positif dalam mengembangkan hubungan romantis. Konon pasangan yang berkumpul akan bertahan selamanya, sedangkan yang datang sendiri akan mendapatkan pasangan.

➥ Perjalanan wisata ke Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor

Makam Raja Tidung XIII

Shutterstock Saat makan Raja Tidung di Pulau TidungFoto oleh Fahrezi Alwi di Shutterstock

Ada makam suci di Pulau Tidung. Kuburan itu milik seseorang yang pernah dihormati dan berperan dalam pemberantasan penjajahan Belanda. Ia tak lain adalah Panglima Hitam asal Cirebon, Banten. Panglima Hitam berasal dari Kerajaan Syarif Hidayatullah. Setelah pasukan Cirebon kalah, Panglima Hitam melarikan diri ke pulau ini.

Dia kemudian tinggal di sana sampai hari-hari terakhirnya. Kemudian makamnya dikuburkan di kawasan kecil Pulau Tidung. Saat ini makam tersebut telah menjadi objek wisata sejarah yang sering dikunjungi wisatawan dari luar pulau. Selain itu terdapat peninggalan berupa keris, pedang, alat keagamaan, dan lain-lain.

Perjalanan olahraga air

Jika Anda memutuskan untuk berlibur ke Pulau Tidung, tentunya tidak boleh melewatkan olahraga air seperti snorkeling atau diving. Air lautnya yang biru dan jernih membuat Anda merasa nyaman berada di dalam air dan menikmati keindahannya. Mulai dari melihat ikan-ikan kecil yang berenang atau luasnya terumbu karang.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wisatawan bisa memesan perlengkapan snorkeling dengan harga terjangkau. Jika Anda masih amatir dalam melakukan solo snorkeling, Anda bisa meminta pemandu untuk menemani Anda. Namun, penyelaman dilakukan di perairan terbuka dan memerlukan penyewaan perahu atau kapal untuk sampai ke sana.

Naik air dengan banana boat

Tidak hanya bisa snorkeling dan menyelam, Anda juga bisa naik banana boat. Apalagi jika Anda termasuk orang yang menyukai tantangan dan ingin mencoba wahana air ini. Sesuai dengan namanya, banana boat memiliki bentuk yang menyerupai buah pisang. Banana boat mampu menampung 3 hingga 6 penumpang ditambah seorang pemandu.

Banana boat ditarik dengan speedboat untuk mengelilingi Pulau Tidung. Kecepatan menariknya bisa merangsang tingkat adrenalin Anda. Wahana air ini terkenal seru karena banana boatnya terbalik sehingga penumpangnya terjatuh ke laut. Oleh karena itu, penumpang wajib mengenakan jaket pelampung.

Pantai Pulau Tidung

Pantai Shutterstock di Pulau TidungFoto oleh Rini DJ di Shutterstock

Jangan pernah melewatkan indahnya panorama yang ditawarkan pantai di Pulau Tidung. Apalagi jika Anda datang untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam di tepi pantai. Pastinya akan menjadi kenangan yang sangat indah. Selain itu pasir putih halus Pantai Tidung sangat lembut untuk berjalan kaki dan airnya biru jernih tanpa ada sampah.

Jika Anda membawa anak kecil, tentunya Anda bisa mengajak mereka bermain bersama di pinggir pantai dan menikmati segarnya air laut. Anda juga bisa berenang di dekat bibir pantai karena air di sini masih tergolong dangkal. Namun, lebih aman bagi anak-anak yang ingin bermain jika dalam pengawasan orang tua.

Berenang bersama hiu

Jangan khawatir, hiu di sini tidak seperti hiu yang biasa terlihat di film. Jika sudah demikian, wisatawan tentu tidak akan berani mengunjunginya. Bahkan, hiu di Pulau Tidung bisa diajak berenang bersama wisatawan. Bukan hanya satu hiu saja, namun puluhan hiu yang pasti akan membuat jantung Anda berdebar kencang.

Tempat penangkaran hiu berada di Pulau Pramuka yang masih berdekatan dengan Pulau Tidung. Jika Anda berencana berenang bersama hiu, pastikan tidak ada bekas luka di tubuh Anda karena takut hiu akan menganggap Anda sebagai mangsa. Stasiun penangkaran hiu ini dibangun dengan tujuan untuk melindungi mamalia yang terancam punah.

Itinerary Menuju Pantai Tidung

Untuk mencapai Pulau Tidung terdapat beberapa jalur jalan raya. Namun sebelum itu, kita harus memulainya terlebih dahulu di Jakarta Utara. Cukup pilih salah satu dari dua pelabuhan yang ada, yakni Dermaga Mariana Ancol atau Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke.

Jika anda mencari biaya transportasi yang murah namun perjalanan jauh, disarankan untuk menuju pelabuhan Kali Adem. Di sana Anda akan ditawari dua pilihan kapal. Kapal-kapal tersebut antara lain kapal tradisional yang memakan waktu sekitar 3 jam dan kapal laut ekspres yang memakan waktu sekitar satu jam.

Namun jika ingin segera tiba di Pulau Tidung, Anda bisa menuju Dermaga Mariana Ancol. Anda bisa menaiki perahu dengan kecepatan tinggi dan tiba di pulau dalam waktu satu jam. Pilih rute yang ingin Anda ambil. Apakah rencana perjalanannya cepat atau lambat.

Kelebihan pulau cantik ini

Shutterstock Manfaat Pulau TidungFoto oleh Wahyu Ramdani di Shutterstock

Setiap destinasi tentu mempunyai keunggulan tersendiri yang menonjol. Sama seperti Pulau Tidung, destinasi wisata ini memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya terkenal di kalangan wisatawan. Mengunjungi pulau eksotik di Jakarta ini tidak memerlukan biaya yang mahal sehingga cocok untuk rekreasi keluarga.

Kelebihan pulau ini adalah banyaknya tempat wisata yang bisa dijelajahi. Di sekitar Pulau Tidung terdapat Pantai Saung Perawan yang letaknya tidak jauh dari pulau ini. Selain itu, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di sana antara lain bersepeda, berenang, snorkeling, dll. Pulau ini merupakan pulau populer yang sering dijadikan rekomendasi destinasi wisata.

Harga Paket Wisata Pulau Tidung

Agar Anda tidak bingung mengenai harga paket wisata di Pulau Tidung, kini tersedia daftar paket yang bisa Anda jadikan referensi. Harga disesuaikan dengan lama menginap dan fasilitas yang diterima. Misalnya wisatawan bisa membeli paket peserta 5 orang dengan masa menginap 2 hari satu malam dengan biaya sekitar Rp 640.000.

Contoh lain: Jika Anda memesan paket untuk 7 orang dengan masa menginap 3 hari dua malam, Anda akan dikenakan biaya Rp 770.000 dst. Anda akan mendapatkan berbagai layanan antara lain tiket kapal, konsumsi makanan, sewa sepeda, akomodasi, tiket gratis masuk Ancol dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa informasi menarik yang bisa anda temukan di Wisata Pulau Tidung. Keindahan panorama pantai dan tempat wisata di pulau ini menjadi alasan mengapa pulau ini banyak dikunjungi wisatawan. Berkunjung bersama teman dan anggota keluarga merupakan pilihan tepat untuk melepas penat dari penatnya kehidupan sehari-hari.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button