Tempat Wisata

​Pulau Tokong Belayar: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

​Pulau Tokong Belayar: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Tokong Belayar telah lama menjadi objek wisata yang dicari oleh sebagian besar wisatawan. Keindahan alamnya yang asri dan nuansanya yang menenangkan menjadikannya sebagai sarana hiburan terutama bagi penduduk kota yang kesehariannya penuh dengan aktivitas.

Penasaran apa saja kelebihan tempat ini? Simak pembahasan lebih detail mengenai poin-poin yang terbagi dalam beberapa subjudul di bawah ini.

Fasilitas Pulau Tokong Belayar

Sebenarnya pulau ini hanya terdiri dari beberapa bebatuan alam yang membentuk sebuah pulau yang indah. Berbeda dengan pulau lain yang resmi menjadi tempat wisata, pulau ini bahkan tidak memiliki daratan maupun pasir.

Oleh karena itu, jangan berharap terlalu banyak untuk mendapatkan fasilitas yang seharusnya didapatkan wisatawan pada umumnya. Di pulau ini bahkan masih terdapat penduduk lokal yang setia tinggal dan menjaga pulau yang keindahannya masih alami.

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir kehilangan ide tentang aktivitas yang bisa dilakukan saat berlibur di pulau tersebut. Anda masih bisa sampai ke sana dengan transportasi dan Anda akan menemukan beberapa warung makan untuk memuaskan rasa lapar Anda.

Bahkan, beberapa wisatawan beruntung yang kehadirannya diapresiasi oleh penduduk setempat seringkali dianggap sebagai keluarga sendiri dan dipersilakan untuk tinggal sementara di rumahnya. Tentu saja hal ini semakin memudahkan mengingat belum adanya akomodasi seperti penginapan, hotel, apalagi apartemen di pulau tersebut.

Banyak wisatawan sengaja pergi ke sana Pulau Tokong Belayar bisa bermain dengan laut. Ya! Apalagi kalau bukan menyelam. Jadi jangan heran jika tempat ini tidak terlalu ramai, namun Anda bisa dengan mudah menemukan teman untuk menyelam bersama.

Pesona Pulau Tokong Belayar

Seperti yang sudah dijelaskan, banyak wisatawan yang menjadikan pulau ini sebagai tujuan wisata karena ingin menyelam. Alasan-alasan tersebut membawa pada kesimpulan bahwa keindahan bawah lautnya pasti sangat mempesona.

Selain itu, karena pulau ini belum banyak terjamah orang, sehingga masih bisa dikatakan relatif alami. Keajaiban bawah laut adalah hal terpenting untuk dinikmati dan dikagumi sebagian besar wisatawan. Anda akan menjumpai karang-karang dengan berbagai bentuk dan warna, serta pemandangan ikan-ikan hias dari atas dan bawah seolah melengkapi keindahan laut.

Baca juga: Pulau Temawan, Surga Terumbu Karang, Wilayah Terluar Indonesia

Berburu foto di tur ini

Tidak banyak kawasan yang bisa dijadikan spot foto khas pulau. Jika memang harus, Anda harus menyiapkan kamera tahan air karena Anda sering dapat menikmati pemandangan indah saat bepergian di bawah air. Oleh karena itu sebaiknya Anda membawa kamera tahan air agar bisa mengambil foto bawah air dengan pemandangan yang luar biasa.

Akses Menuju Pulau Tokong Belayar

Karena pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia dan juga berbatasan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Vietnam, maka aksesnya pun tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu sampai di Kecamatan Palmatak untuk menyambung moda transportasi lain.

Sebab sesampainya di Kecamatan Palmatak, Anda tinggal menuju Pelabuhan Matak Kecil. Keberadaannya tidak sulit ditemukan. Anda bisa bertanya kepada warga sekitar atau menggunakan aplikasi pemetaan di Android seperti G-Maps atau Waze dan sejenisnya.

Jadi dari pelabuhan ini Anda harus menyewa speedboat untuk menuju ke sana Pulau Tokong Belayar dan hanya membutuhkan waktu sekitar 25 hingga 30 menit. Harga sewanya tidak mahal namun sangat-sangat terjangkau.

Menikmati keindahan Pulau Tokong Belayar

Potret Pulau Tokong Belayar

Sebenarnya pulau yang asing dengan kehadiran orang luar ini juga bagus. Karena pulau ini relatif sepi dan padat penduduknya, Anda bisa menikmati waktu sendiri untuk merilekskan tubuh dan pikiran sambil mengagumi keindahan pulau ini.

Bagi sebagian orang, pulau seperti ini menjadi tujuan utama untuk berlibur, cocok untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari yang menguras waktu dan tenaga. Selain bisa mendekatkan diri kepada Tuhan dengan mengagumi ciptaan-Nya, Anda juga bisa bersantai selama satu atau dua hari.

Jam buka dan biaya masuk Pulau Tokong Belayar

Pulau ini bukanlah objek wisata resmi. Sebab, tidak ada jam buka, apalagi biaya masuk yang dibebankan kepada pengunjung. Namun, Anda tetap harus memperhatikan saat-saat indahnya. Karena tidak mungkin datang sore atau dini hari. Selain mengganggu kenyamanan Anda, Anda tidak akan menemukan sarana transportasi apa pun untuk membantu Anda sampai ke pulau tersebut.

Demikian ulasan singkat mengenai keindahan dan pesona Pulau Tokong Belayar. Saya harap Anda terinspirasi.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button