Tempat Wisata

Pulau Tsunami: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Aceh terkenal dengan pesona alamnya yang indah dan mempesona. Provinsi ini memiliki banyak tempat wisata alam seperti pantai, gunung dan juga ribuan pulau kecil dan eksotik. Salah satunya Pulau Tsunami yang kini menarik perhatian wisatawan untuk mengagumi keindahannya.

Pulau Tsunami mempunyai potensi wisata yang cukup besar sehingga mampu menarik wisatawan dalam dan luar negeri. Di pulau ini wisatawan bisa menikmati pasir putih yang sangat bersih dan alam yang sangat alami. Selain itu, terdapat spot snorkeling di beberapa lokasi di pulau ini dengan keindahan alam bawah laut yang mempesona.

Pulau tsunami

Secara administratif, Pulau Tsunami terletak di Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi pulau ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 80 kilometer atau sekitar dua jam dari ibu kota Banda Aceh. Letak pulau ini juga sangat dekat dengan Pulau Klueng yang sudah terkenal di kalangan wisatawan.

Terciptanya pulau ini sebenarnya cukup unik, ada pasca bencana tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004. Dulunya pulau ini merupakan bagian dari daratan Gampong Ujong Seudeun. Tanah ini menjorok ke laut, bentuknya seperti tanjung, dan dihuni oleh warga Gampong Ujong Seuduen.

Ketika tsunami meluluhlantahkan Aceh, bencana tersebut membelah negara Gampong Ujong Seudeun dan menciptakan pulau baru. Penduduk yang tinggal di daratan terpisah akhirnya direlokasi ke wilayah yang lebih aman sehingga pulau ini tidak lagi berpenghuni. Bahkan, bencana tsunami juga membawa berkah bagi dunia pariwisata Aceh. Pulau Tsunami memiliki keindahan yang layak dijadikan destinasi wisata baru.

Keajaiban pulau tsunami

Terletak hanya sekitar 2,5 kilometer dari pantai di Kabupaten Jaya, pulau ini dapat dicapai dengan menyewa perahu dari nelayan setempat. Perahu hanya dapat menampung maksimal 4 orang karena laut di sekitar pulau dangkal. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan kapal kandas jika kapal kelebihan muatan.

Sesampainya di Pulau Tsunami, wisatawan disambut dengan pantai di salah satu sisi pulau. Pantainya sangat bersih dengan pasir putih di sepanjang pantainya. Wisatawan bisa bermain pasir sepuasnya sambil menikmati indahnya pemandangan pulau yang ditumbuhi pepohonan hijau. Selain itu, wisatawan juga bisa bermain atau berenang di airnya karena air lautnya cukup tenang.

Pulau tsunami

Air lautnya juga bersih dan cukup dangkal sehingga tidak membahayakan wisatawan. Jernihnya air laut dengan warnanya yang kebiruan membuat wisatawan ingin menceburkan diri ke dalam air laut dan berenang di dalamnya. Pantainya juga dipenuhi bebatuan karang indah yang menambah keindahan Pulau Tsunami.

Di sekitar Pulau Tsunami juga terdapat spot snorkeling yang menawarkan keindahan alam bawah laut yang sungguh indah. Ada bebatuan karang yang indah dan ikan-ikan lucu yang bersembunyi di balik terumbu karang. Keanekaragaman biota laut di pulau ini patut untuk dilestarikan.

Wisatawan juga bisa memancing di pulau ini, namun pengunjung harus membawa peralatan memancing karena tidak ada persewaan peralatan memancing di pulau ini. Jenis ikan lautnya bermacam-macam antara lain kerapu, tuna, kakap dan masih banyak lagi. Wisatawan hanya perlu menyiapkan umpan dan joran untuk memancing. Hasil tangkapannya bisa langsung dimasak dan dipanggang atau dibawa pulang.

Usai menikmati keindahan Pulau Tsunami, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan mengunjungi Pulau Klueng yang tak kalah indahnya. Di beberapa sisi Pulau Klueng dihiasi dengan tebing-tebing karang yang terlihat indah, bahkan terdapat gua kelelawar yang tercipta secara alami dan sangat mengesankan. Wisatawan bisa memasuki gua saat air laut sedang surut. Pulau ini hanya berjarak sekitar satu kilometer dari Pulau Tsunami.

Fasilitas Pulau Tsunami

Fasilitas di Pulau Tsunami masih minim, belum ada fasilitas umum seperti toilet umum, persewaan alat snorkeling, persewaan alat pancing, warung atau cafe. Namun terdapat jasa penyewaan perahu yang bisa digunakan wisatawan untuk menuju pulau dari pantai di Kabupaten Jaya.

Wisatawan dapat memarkir kendaraannya di sekitar lokasi pantai Distrik Jaya atau di objek wisata Puncak Gunung Geurute. Disarankan bagi wisatawan untuk membawa perbekalan sendiri seperti makanan dan minuman karena masih belum ada warung yang menjual makanan di sekitar Pulau Tsunami.

Baca juga: Pantai Lhok Geulumpang, pantai mempesona dengan pasir putih berkilau

Wisatawan yang ingin beribadah dapat menggunakan masjid dan musala yang banyak terdapat di Kabupaten Jaya. Terdapat juga beberapa penginapan dan hotel yang bisa digunakan wisatawan untuk bermalam.

Mengingat fasilitas yang masih sangat minim, sebenarnya ada harapan bahwa pengelolaan yang lebih profesional dan intervensi pemerintah akan semakin meningkatkan potensi wisata di pulau tsunami tersebut. Pesona alam yang ditawarkan pulau ini mampu menarik wisatawan dari berbagai kalangan maupun wisatawan dari luar negeri.

Sungguh mengesankan menikmati keindahan alam Pulau Tsunami. Panorama alam dan keunikan keberadaan pulau memberikan daya tarik tersendiri bagi pulau ini. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau ini.

Nikmati keindahan pulau itu

Pulau Tsunami menawarkan keindahan alam yang mempesona. Pantai dengan pasir putih bersih dan sekeliling pulau yang dipenuhi pepohonan hijau membuat pulau ini terlihat sangat alami dan masih terawat. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata alam.

Selama berada di pulau anda bisa bermain pasir pantai, berjemur atau berenang di air laut yang sangat jernih dengan ombak yang tenang. Selain itu, Anda juga bisa bersantai di pinggir pantai dan menikmati keindahan pulau. Berwisata ke Pulau Tsunami menawarkan perasaan yang benar-benar berbeda, seolah pulau itu milik Anda.

Snorkeling dan memancing

Terdapat beberapa spot snorkeling dengan keindahan alam bawah laut di beberapa lokasi. Anda bisa snorkeling, namun tetap perlu didampingi oleh orang yang berpengalaman. Keindahan bawah laut yang ditawarkan pulau ini tak kalah dengan spot snorkeling yang terkenal di dunia. Terdapat berbagai jenis terumbu karang dan ikan-ikan lucu di pulau ini.

Anda juga bisa memancing di pulau eksotis ini. Tentunya Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu segala perlengkapan memancing sebelum menuju ke Pulau Tsunami. Usai memancing, Anda bisa langsung menikmati ikan dengan cara dibakar di pinggir pantai sambil menikmati luasnya laut yang mempesona.

Foto berkemah dan berburu

Wisatawan juga diperbolehkan bermalam di Pulau Tsunami dengan mendirikan tenda di sekitar pantai. Namun wisatawan juga harus membawa tenda sendiri karena belum ada persewaan tenda di pulau ini. Wisatawan perlu berhati-hati saat berada di pantai untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Tentu saja suasana yang sangat istimewa muncul ketika Anda menikmati indahnya malam di pantai yang begitu indah. Anda juga bisa berburu foto di pulau ini, ada beberapa objek indah yang bisa Anda jadikan latar belakang foto. Berpose di depan kamera dengan latar belakang keindahan pulau pasti akan menjadi foto yang berkesan.

Biaya masuk Pulau Tsunami

Belum diketahui harga pasti untuk masuk ke Pulau Tsunami, namun wisatawan harus membayar biaya sewa perahu sebesar Rp 1000. 300.000 hingga Rp 350.000 untuk antar jemput saja. Sebaliknya, jika ingin menjelajahi pulau ini, wisatawan harus mengeluarkan biaya sekitar 100 rupee. 600.000.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik yang Wajib Dilihat

Tips berwisata ke Pulau Tsunami

  • Siapkan segala perbekalan makanan dan minuman sebelum berangkat ke pulau.
  • Jangan datang pada hari Kamis dan Jumat karena ada pembatasan perjalanan laut.
  • Selalu berhati-hati saat snorkeling, meskipun air laut sedang tenang.
  • Jangan merusak ekosistem di pulau dan bawah laut.
  • Jagalah kebersihan Pulau Tsunami dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Galeri foto Pulau Tsunami

Potret pulau tsunami kecil
Berlayar di perairan Pulau Tsunami
berkemah
Pelangi di Pulau Tsunami
Matahari terbenam di Pulau Tsunami

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button