Tempat Wisata

Pulau Tunda, destinasi wisata bahari dengan keindahan alam yang masih belum terjamah di Serang

Pulau Tunda di Serang merupakan destinasi wisata yang menawarkan ekosistem perairan yang masih terjaga dan keindahan alam yang masih alami.

Biaya tur: Mulai dari Rp 350.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kp. Pulo Tunda Ds. Vargasara, Kec. Tirtayasa, Kab.Serang, Banten; Map: Periksa lokasinya

Pulau Tunda merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang eksotik di Provinsi Banten. Pulau ini masih menjaga ekosistem perairannya sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kealamian dan kealamiannya membuat semua orang betah dan nyaman berlama-lama di sini.

Jika beruntung, Anda mungkin melihat lumba-lumba berenang dan melompat-lompat di air di sana-sini. Terdapat beberapa ekosistem karang yang memberikan keindahan tersendiri pada panorama bawah laut. Namun bukan hanya itu saja, masih banyak keunikan yang ditawarkan pulau ini sebagai berikut.

Promo hotel di Serang

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Tunda

Daya Tarik Pulau TundaFoto: Instagram/Tommy ‘Immotz’ Arnold

Warga negara yang taat hukum

Pulau Tunda Serang merupakan sebuah pulau kecil di Laut Jawa dengan luas sekitar 300 hektar. Secara administratif, di pulau ini terdapat sebuah desa bernama Desa Wargasara. Nama desa diartikan sebagai desa yang mempunyai warga yang taat hukum. Nama tersebut diberikan oleh mendiang kepala desa H. Mohammad Toha.

Desa ini terbagi menjadi dua dusun yakni Kampung Barat dan Kampung Timur. Mata pencaharian penduduknya mayoritas adalah sebagai nelayan dan bercocok tanam palawija, serta ada pula masyarakat yang bermatapencaharian sebagai tengkulak. Pada tahun 2007 pulau ini berpenduduk 3.000 jiwa.

Pantai dan laut yang belum tereksplorasi secara detail

Pulau ini nyatanya sangat cocok untuk dikaji lebih mendalam sebagai objek wisata. Namun masih sedikit investor yang melakukan investasi atau kegiatan usaha di pulau ini, sehingga pemerintah daerah perlu menggali potensi pulau ini lebih dalam dan ke bagian pulau yang belum tereksplorasi.

Tur Pulau Sangiang 2D1N dari Anyer

Cocok dikunjungi untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk ibu kota

Perlu diketahui, hingga tahun 2018, pasokan listrik ke desa ini beroperasi mulai pukul 18.00 hingga 20.00. Namun sinyalnya kini masih sulit diterima sehingga cocok bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk kota. Keheningan akan menenangkan Anda, ditemani pemandangan alam yang mempesona dan udara sejuk.

pantai utara

Pulau Tunda memiliki pantai di bagian utara pulau, menghadap agak ke barat. Ini sangat cocok sebagai tempat berburu saat matahari terbenam. Sepanjang pantainya ditutupi pasir putih. Pohon bakau juga tumbuh disekitarnya. Perjalanan menuju tempat ini hanya memakan waktu 10 menit saja.

Hamparan hutan bakau dan rumput liar

Selain hutan bakau, Anda juga bisa menemukan kawasan berumput subur di Pantai Utara. Usahakan untuk menjaga kebersihan dan menghindari kerusakan ekosistem sekitar seperti tanaman dan fasilitas. Sebab sebagian besar pengunjung meninggalkan sampah yang mengganggu ekosistem.

Taman Air Pulau Kelapa Carita Anyer

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pulau TundaFoto: Instagram/Tommy ‘Immotz’ Arnold

Ingin berlibur ke Pulau Tunda? Sangat penting untuk mengetahui tempat wisata tersebut sebelum mengunjunginya. Pulau ini terletak di Desa Wargasara, Kecamatan. Tirtayasa, Kab. Serang, Banten. Untuk menuju lokasi, Anda bisa melalui tol Kebon Jeruk-Merak lalu keluar di pintu tol Serang Timur. Lanjutkan perjalanan menuju dermaga kecil bernama Karang Hantu.

Setelahnya Anda bisa berlayar menuju pulau dengan perahu kayu milik nelayan setempat. Selama perjalanan Anda akan disuguhi panorama laut biru dan gulungan ombak. Waktu perjalanan melalui laut kurang lebih 2 jam karena kecepatan kapal tidak secepat itu.

Alternatif lain selain menyewa perahu adalah dengan menggunakan KMP Tunda yang menawarkan pilihan transportasi bagi warga sekitar. Jadwal keberangkatan pukul 13.00 dari Pelabuhan Karangantu dan dari Pulau Uakni pukul 07.00. Anda dapat memilih salah satunya sesuai dengan jadwal dan waktu liburan Anda.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Pulau TundaFoto: Instagram/Info Serang

1. Piknik

Sesampainya di Pulau Tunda Serang, Anda bisa membentangkan tikar atau matras di atas pasir pantai untuk piknik. Dengan cara ini Anda bisa menikmati keindahan pantai dan pulau sambil bersantai dan beristirahat. Kegiatan ini pasti bisa menghilangkan rasa penat dan semangat Anda akan kembali.

2. Menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit di Pulau Tunda

Siapa yang tidak suka matahari terbenam dan matahari terbit? Hampir semua orang menyukai fenomena alam yang indah ini. Di pulau ini Anda bisa menyaksikan langit jingga berubah warna. Hal ini pula yang memberikan keindahan panorama pulau ini yang tidak ditawarkan pulau lain. Jangan lupa abadikan momen spesial ini dengan jepretan kamera.

3. Memancing

Bagi pengunjung yang gemar memancing, Pantai Tunda menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di sini Anda dapat menekuni hobi Anda. Dalam hal ini, pastikan Anda menyiapkan semua perlengkapan memancing dari rumah sebelum berangkat. Sesampainya di sana, Anda bisa mulai mencari tempat terbaik untuk memancing.

4. Menjelajahi pantai dan pulau-pulau

Seperti diketahui, Pulau Tunda di Serang memiliki keindahan yang belum tereksplorasi secara mendalam. Berjalan-jalan di sepanjang pulau memungkinkan Anda menikmati panorama pantai dari sudut yang berbeda. Anda juga bisa berbincang dengan penduduk setempat dan bertukar cerita tentang pulau ini.

5. Penanaman bakau

Selain melihat pohon bakau, Anda juga berkesempatan untuk menanamnya. Sebab, pengelola wisata menawarkan wisata edukasi penanaman mangrove kepada pengunjung. Anda akan mempelajari bagaimana pohon mangrove tumbuh, apa saja manfaatnya dan bagaimana cara menanamnya yang baik dan benar.

6. Snorkeling dan menyelam

Untuk melihat panorama bawah laut Pulau Tunda, Anda bisa melakukan snorkeling dan menyelam. Ada beberapa spot diving menarik di sini yang bisa Anda jelajahi. Tak perlu khawatir karena tersedia kursus menyelam yang akan memandu Anda ke spot terbaik. Ikan kecil berwarna-warni juga senang dengan kehadiran Anda.

7. Menginap di homestay

Homestay menjadi salah satu alternatif pilihan yang bisa Anda gunakan untuk berkemah selain berkemah. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap sehingga membuat Anda bisa bermalam dengan nyaman dan aman. Namun sebagian besar akomodasi masih belum memiliki AC karena listrik tidak tersedia 24 jam sehari. Anda harus memperhitungkan hal ini.

Jika Anda mengutamakan kenyamanan, rumah liburan pribadi dapat digunakan. Lokasinya tepat di tepi laut dan jauh dari pemukiman warga. Properti ini dilengkapi dengan diesel pribadi, tiga kamar tidur, AC, dapur, dan kipas angin. Anda dapat memilih antara keduanya tergantung keinginan dan kebutuhan Anda.

8. Makan kuliner

Saat berlibur ke Pulau Tunda, jangan lewatkan kuliner lokalnya. Anda bisa mencobanya di restoran terdekat yang menyajikan berbagai hidangan lezat yang akan menggugah selera Anda. Minuman segarnya juga bisa menyegarkan tenggorokan. Kenikmatannya tentu akan membuat Anda tak ingin segera meninggalkan pulau ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas Pulau TundaFoto: Instagram/Tommy ‘Immotz’ Arnold

Pulau Tunda telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk menjamin keselamatan dan kebutuhan pengunjung terpenuhi. Anda dapat memarkir kendaraan pribadi Anda di tempat parkir. Fasilitas lainnya antara lain balai pertemuan, kejar-kejaran hutan, toilet umum, musala, area selfie, spot foto, kios cinderamata, area Wi-Fi dan masih banyak lagi.

Pulau Tunda mempunyai daya tarik tersendiri, baik dari segi pulaunya sendiri, pantainya, penduduknya, hingga kulinernya. Sebelum berkunjung, Anda perlu memikirkan pilihan transportasi dan akomodasi jika Anda berencana untuk bermalam. Dengan begitu, aktivitas liburan akan menyenangkan dan lancar.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button